Kotaku
Home Lainnya Etika Bertemu Klien untuk Bentuk Kesan Baik

Etika Bertemu Klien untuk Bentuk Kesan Baik

sebastian herrmann NbtIDoFKGO8 unsplash

KOTAKU.ID – Bekerja di bidang apa pun harus mengetahui etika bertemu klien untuk bentuk kesan pertama yang baik. Ini berlaku untuk semua pekerjaan tidak hanya dalam partner bisnis saja namun juga harus diperhatikan oleh seseorang yang bekerja sebagai sales, property dan juga freelance. Seperti apa Etika Bertemu Klien tersebut?

1. Datang Tepat Waktu

Hal pertama dan utama yang harus diperhatikan adalah cara anda dalam manajemen waktu. Bagaimanakah anda menghargai klien yang sudah meluangkan waktu bertemu dengan anda.

Jangan sekali-kali anda datang terlambat ketika bertemu dengan klien. Hal ini bisa memberikan kesan yang kurang baik sehingga berimbas buruk pada pekerjaan anda.

Usahakan Anda datang tepat waktu sebelum klien datang. Namun jika ada hal buruk terjadi seperti kendala, alangkah lebih baik jika anda memberi kabar klien sehingga mereka bisa tahu terlebih dahulu.

Kemampuan manajemen waktu yang anda tampilkan, akan memperlihatkan seberapa baik anda dalam mengatur waktu yang anda. Klien sangat mempertimbangkan ini, jika hanya janjian untuk bertemu saja anda tidak bisa memanajemen waktu bagaimana dengan pekerjaan lainnya?

2. Perhatikan Penampilan

Selanjutnya, apa yang anda kenakan akan mempengaruhi kesan pertama dari client. Anda boleh saja menggunakan pakaian atau aksesoris branded namun pastikan karena kenyamanan dan kualitasnya. Selain itu jika ingin menggunakan barang branded jangan lihat dari mereknya saja namun apakah barang itu membuat anda nyaman atau tidak.

Misalkan saja, ketika pemilihan tas pastikan anda menggunakan tas dengan ukuran yang pas. Hal yang harus diperhatikan anda menyiapkan penampilan sesuai dengan tempat dan klien anda serta pastikan anda menjaga kebersihan dari barang-barang yang dibawa.

3. Pastikan Semua Perlengkapan Sudah Dibawa

Etika bertemu klien yang selanjutnya adalah benar-benar mempersiapkan pertemuan. Pastikan Anda sudah membawa semua dokumen yang dibutuhkan atau pun materi presentasi.

Perhatikan pula, jangan sampai anda dokumen yang tertinggal, kotor atau pun rusak. Ketika hal ini terjadi maka klien akan menganggap bahwa anda tidak profesional dan tidak menyiapkan meeting dengan matang.

4. Sesuaikan Gaya Bicara

Etika Bertemu Klien yang selanjutnya ini sering dilupakan oleh orang-orang saat bertemu client. Agar meeting berjalan dengan baik dan produktif, setiap orang harus menampung semua ide dari pihak lainnya untuk didiskusikan. Nah dalam hal ini tentunya membutuhkan komunikasi yang baik dan melibatkan gaya bicara yang sesuai.

Perhatikan ketika anda sedang bertemu dengan klien yang sepantaran, yang lebih tua maupun yang lebih muda. Selain gaya bicara perhatikan pula anda jangan sampai memotong pembicaraan orang lain. Kendalikan semangat anda dengan baik.

5. Hindari Beberapa Hal Berikut

Terakhir, ada beberapa hal yang bisa menimbulkan kesan buruk. Nah berikut beberapa hal yang harus anda hilangkan ketika bertemu dengan client seperti:

  • Terus-terusan bermain handphone ketika klinet berbicara.
  • Sibuk mencari barang dalam tas.
  • Makan atau minum dengan suara mengecap yang mengganggu orang lain.
  • Meletakan barang atau tas di meja.
  • Mendiskusikan di luar topik dan mengganggu waktu meeting.
  • Tidak memperhatikan gesture non verbal.

Nah itulah beberapa etika bertemu klien yang harus diperhatikan. Client adalah investasi yang penting dalam bisnis anda. Pastikan Anda sudah menjaga mereka dengan baik sehingga bisnis anda bisa berkembang lebih pesat.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad