Kotaku
Home Pendidikan Dukung Tumbuh Kembang dengan 8 Ide Kegiatan Kreatif Anak TK

Dukung Tumbuh Kembang dengan 8 Ide Kegiatan Kreatif Anak TK

Sebagai guru Taman Kanak-kanak (TK) pastinya dituntut untuk selalu kreatif dalam melakukan proses pembelajaran, berikut ini adalah inspirasi kegiatan kreatif anak TK yang dapat diterapkan.

Setiap kegiatan yang dilakukan anak-anak khususnya jenjang TK harus dipilih dengan baik, karena sangat berpengaruh dengan perkembangan anak. Oleh karena itu sebagai guru dituntut untuk menceritakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sekaligus edukatif. Terdapat banyak kegiatan kreatif untuk anak TK yang dapat diterapkan di dalam kelas maupun luar kelas.

Tentu saja, kegiatan kreatif tersebut dilakukan dengan berbagai tujuan seperti mengembangkan kemauan motorik anak, atau melatih daya ingat dan kemampuan berpikir. Untuk memahami kegiatan apa saja yang dapat dilakukan dalam mengajar anak TK, simak ulasan dari kotaku.id berikut ini.

Contoh Kegiatan Kreatif Anak TK

Dalam mengajar anak TK, guru harus melakukan kegiatan yang menyenangkan sehingga dibutuhkan kegiatan kreatif untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Pada masa taman kanak-kanak, adalah masa ketika pertumbuhan anak perlu diperhatikan. Oleh karena itu membangun kegiatan yang edukatif dan dapat mendukung pengembangan keterampilan anak-anak perlu diperhatikan oleh guru.

Jika Anda mencari ide contoh kegiatan kreatif anak TK yang dapat dijadikan inspirasi mengajar ini beberapa kegiatan tersebut.

Membuat Seni dari Bahan Daur Ulang

Memanfaatkan bahan-bahan daur ulang seperti botol bekas, kertas bekas atau kantong pplasti bekas menjadi karya seni yang unik, dapat menjadi kegiatan kreatif anak TK yang menarik. Anak-anak akan dapat belajar tentang cara dan manfaat melakukan daur ulang. Selain itu, mereka juga akan belajar mengembangkan keterampilan kreatif nya.

Untuk melakukan kegiatan ini , guru dapat mendampingi anak-anak dalam melakukan proses daur ulang. Kemudian anak-anak juga dapat mencari bahan-bahan daur ulang di sekitar kelas, sehingga mereka juga dapat mengenal lingkungan sekitar.

Berkebun Mini

Jika di sekolah menyediakan taman kecil atau lahan kecil, guru dapat memanfaatkan sebagai kebun kecil sebagai bagian dari kegiatan kreatif anak-anak. Membuat kebun mini di halaman sekolah dapat mengajarkan anak tentang pertanian, alam dan tumbuh-tumbuhan.

Anak-anak akan belajar bagaimana proses pertumbuhan. Selain itu dengan berkebun siswa akan belajar tanggung jawab. Guru dapat memberikan jadwal setiap siswa untuk menyiram tanaman, sehingga mereka akan belajar tentang tanggung jawab dan kewajiban. Selain itu, pada sebuah penelitian menyatakan bahwa menanam dan berkebun dapat membuat anak-anak lebih suka memakan sayur.

Bermain Peran

Guru dapat mengadakan sesi bermain peran, dimana anak-anak  akan terlibat aktif. Guru dapat memberikan tema misal tokoh pahlawan . kemudian siswa akan berpakaian seperti tokoh yang disukai. Atau guru dapat memberi tema pekerjaan. Anak-anak akan berpakaian sesuai pekerjaan yang ingin dilakukan seperti koki, polisi atau guru.

Kemudian siswa akan mem-peragakan tokoh atau pekerjaan sesuai dengan apa yang mereka kenakan. Atau guru dapat menyiapkan dialog yang melatih siswa untuk berdialog bersama. Kegiatan kreatif ini akan membuat anak untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi. Dengan kegiatan ini akan melatih kemampuan sosial dan emosional anak-anak yang lebih baik.

Memainkan Alat Musik

Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan bermain alat musik kan melatih perkembangan otak yang jauh optimal sehingga hal ini dapat menjadi kegiatan kreatif yang dapat dilakukan oleh anak TK. Tidak perlu harus mahir, tetapi anaknya dapat mengetahui cara membuat anak dan nama alat musik.

Dengan kegiatan ini anak akan mendapatkan pengalaman baru dan mengembangkan tingkat kreatifitasnya. Guru dapat memainkan alat musik mudah dan mengajar anak-anak untuk mencoba atau sambil bernyanyi bersama.

Membuat Kerajinan Tangan

Masa kanak-kanak adalah dimana anak-nakal saat aktif, tentu saja mereka akan bersemangat saat melakukan kegiatan menyenangkan. Salah satu kegiatan kreatif anak TK adalah dengan membuat kerajinan tangan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misal origami, menganyam, membuat bentuk dari tanah liat, dan lain sebagainya.

Membuat kerajinan tangan akan melatih motorik anak sekaligus menyalurkan daya imajinasi dan membuat anak lebih kreatif. Hal yang perlu diperhatikan dalam bukan hasil kerajinan yang bagus , tetapi bagaimana anak-anak dapat mengungkapkan imanjinasinya ke dalam bentuk kerajinan dan proses saat mereka melakukan kegiatan.

Membuat Makanan dan Minuman Bersama

Kegiatan selanjutnya adalah membuat makanan atau minuman sederhana. Kegiatan memasak bersama akan membuat anak-anak lebih mandiri dan melatih berbagai keterampilan. Anak-anak dapat belajar bagaimana melakukan sesuatu dengan teratur. Kegiatan ini dapat dilakukan bersama dengan orang tua masing-masing.

Dengan kegiatan ini anak-anak juga akan mengenal bergaya bahan-bahan makanan dan minuman. Beberapa resep yang dapat dicoba seperti jus mangga, es campur, nasi goreng, sandwich, dan lain sebagainya.

Percobaan Sains Sederhana

Kemudian kegiatan kreatif anak TK selanjutnya adalah dengan melakukan percobaan sains sederhana. Hal ini akan membuat kemampuan logika anak berkembang. Guru dapat membuat percobaan sains sederhana yang dapat dilakukan bersama-sama.

Percobaan-percobaan sederhana yang dapat dilakukan seperti membuat gelembung, menanam biji kecambah, mencampur warna. Kegiatan kreatif tersebut akan melatih pemikiran kritis anak-anak.

Demikian adalah contoh kegiatan kreatif anak TK yang dapat dilakukan selama di sekolah yang dapat diterapkan oleh guru.

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad