Kotaku
Home Pendidikan Dibuka! Simak Ketentuan Memilih Prodi, Syarat dan Cara Daftar UTBK SNBT 2024

Dibuka! Simak Ketentuan Memilih Prodi, Syarat dan Cara Daftar UTBK SNBT 2024

Bagaimana ketentuan memilih prodi pada pendaftaran UTBK SNBT 2024? Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dibuka mulai hari ini Kamis, 21 Maret 2024.

Sesuai jadwal yang telah dibagikan pendaftaran UTBK SNBT akan dibuka hingga 5 April 2024 pada pukul 15.00 WIB. Oleh karena itu, siswa yang akan mendaftarkan dirinya harus memahami alur pendapatan serta ketentuan yang yang ada supaya dapat lolos.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah ketentuan pemilihan prodi pada perguruan tinggi yang diminati. Untuk mengetahui syarat, cara daftar dan ketentuannya pendaftaran UTBK berikut kotaku.id sajikan ulasannya.

Ketentuan Memilih Prodi UTBK SNBT 2024

Supaya adik-adik lolos dalam seleksi SNBT, dalam memilih jurusan atau prodi harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Berikut ini adalah ketentuan memilih prodi:

  • Peserta diberikan kebebasan untuk memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN
  • Setiap peserta diizinkan untuk memilih hingga empat program studi, terdiri dari dua pilihan Program Akademik (Sarjana) dan dua pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan).
  • Penting untuk memeriksa persyaratan program studi yang diminati dengan mengunjungi tautan yang disediakan setelah memilih PTN.

Contoh pemilihan prodi pada pendaftaran UTBK SNBT:

  • Satu Pilihan Program Studi: Peserta bebas memilih program apa pun. Misal memilih 1 Diploma Tiga; atau 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan; atau 1 Sarjana.
  • Dua Pilihan Program Studi: Peserta bebas memilih program apa pun. Misal memilih 2 Diploma Tiga; atau 2 Diploma Empat/Sarjana Terapan; atau 2 Sarjana; atau kombinasi 1 Diploma Tiga dan 1 Sarjana; atau 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan dan 1 Sarjana.
  • Tiga Pilihan Program Studi: Peserta dapat memilih 2 program akademik dan 1 program vokasi; atau 1 program akademik dan 2 program vokasi.
  • Empat Pilihan Program Studi: Memilih 2 program akademik dan 2 program vokasi, dengan syarat minimal salah satunya adalah program Diploma Tiga. Pilihan lainnya misal 2 program Sarjana, 1 program Diploma Tiga, dan 1 program Diploma Empat/Sarjana Terapan. Atau, dapat 2 program Sarjana dan 2 program Diploma Tiga.

Syarat Pendaftaran UTBK SNBT

Sebelum mendaftarkan diri pada seleksi SNBT, siswa harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, Berikut ini.

  1. Harus memiliki akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).
  2. Warga negara Indonesia (WNI) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Calon lulusan 2023 dari SMA/MA/SMK/sederajat dengan Surat Keterangan Siswa SMA/SMK Kelas XII atau peserta didik Paket C 2023, dengan batasan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2024.
  4. Surat Keterangan Siswa Kelas XII harus dilengkapi dengan foto berwarna terbaru, stempel atau cap sekolah, dan tanda tangan Kepala Sekolah.
  5. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2022 dan 2023 atau peserta didik Paket C 2022-2023 dengan ijazah, dengan batasan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2024.
  6. Lulusan SMA/sederajat dari luar negeri yang memiliki ijazah yang telah disetarakan.
  7. Tidak lolos jalur SNBP 2024 atau SNMPTN 2022-2023.
  8. Memiliki kondisi kesehatan yang memadai untuk kelancaran proses studi.
  9. Peserta program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  10. Peserta tunanetra wajib menyertakan Surat Pernyataan Tunanetra.
  11. Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2024.
  12. Biaya pendaftaran SNBT adalah Rp200 ribu.

Langkah dan Cara Pendaftaran UTBK SNBT

Daftar di Laman Resmi

Pertama pelamar harus mengisi Biodata pada laman SNPMB. Caranya dengan membuka laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Kemudian pelamar harus mendaftarkan diri pada laman resmi tersebut. Lalu lengkapi biodata seperti nama, NIK, dan data orang tua atau wali. Pastikan semua data telah dimasukkan sesuai data pelamar. Jika telah dipastikan benar klik “Simpan dan Lanjutkan”. Konfirmasi pengisian biodata dengan klik “Centang Pernyataan” lalu simpan biodata.

Memilih Program Jurusan

Langkah kedua adalah memilih program jurusan sesuai dengan ketentuan, maksimal dapat memilih empat prodi, dua S1 dan dua D3/D4. Lalu centang pernyataan kesanggupan membayar biaya kuliah. Jika sudah yakin klik “Simpan”, lalu “Selanjutnya”. Selanjutnya kamu dapat memilih prodi yang diinginkan, pastikan sesuai ketentuan.

Unggah Portofolio

Portofolio digunakan sebagai dokumen pendukung, jika sudah mengunggah portofolio pada jalur SNBP, maka data yang sudah ada dapat digunakan lagi. Namun, jika belum mendaftarkan diri maka lakukan unggah portofolio.

Konfirmasi Akhir

Sebelum mengakhiri pendaftaran pastikan terlebih dahulu semua data termasuk Pusat UTBK telah terisi dengan benar. Konfirmasi akhir dengan klik “Ya, simpan permanen!”.

Pembayaran

Setelah pendaftaran pada laman SNBP telah selesai, pelamar dapat membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,00. Bagi peserta non KIP Kuliah unduh slip bayar, peserta KIP Kuliah ambil Kartu Peserta.

Unduh Kartu Peserta

Jika pembayaran telah dilakukan maka kamu dapat mengunduh kartu tanda peserta dari laman registrasi. Cetak kartu tanda peserta, ini diperlukan saat UTBK dan daftar ulang jika lolos.

Jadwal Seleksi UTBK

Peserta pendaftaran UTBK SNBT 2024, jangan sampai ketinggalan informasi terbaru. Sehingga pastikan kamu mengikuti proses seleksi sesuai dengan jadwal. Berikut ini adalah jadwal seleksi UTBK.

  • Pendaftaran untuk UTBK SNBT akan dibuka mulai tanggal 21 Maret hingga 5 April 2024.
  • Pelaksanaan UTBK pada gelombang pertama akan dilakukan pada tanggal 30 April 2024 serta tanggal 2 hingga 7 Mei 2024.
  • Pelaksanaan UTBK pada gelombang kedua akan dilakukan pada tanggal 14 hingga 20 Mei 2024.
  • Pengumuman hasil SNBT akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2024.
  • Masa untuk mengunduh sertifikat UTBK akan berlangsung mulai tanggal 17 Juni hingga 31 Juli 2024.

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad