Dalam Pembelajaran Terdapat 3 Kawasan Tujuan Pembelajaran, Yaitu Kawasan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor

Kotaku.ID – Dalam artikel berikut ini akan membahas tentang dalam pembelajaran terdapat 3 kawasan tujuan pembelajaran, yaitu kawasan kognitif, afektif dan psikomotor. Berikan pendapat anda, kawasan tujuan manakah yang paling penting diajarkan oleh pendidik di sekolah? berikan alasan anda.
Untuk bisa menjawab soal satu ini, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu setiap kawasan tersebut mulai dari kognitif, afektif hingga psikomotor. Pertanyaan ini juga membutuhkan penjelasan tentang pembelajaran dan kawasan tujuan pendidikan.
Mengenal Istilah-Istilah Terkait
Sebelum membahas tentang Kawasan Tujuan Pembelajaran, marilah kita mengenal istilah-istilah yang terkait didalamnya:
- Pembelajaran : proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam satuan belajar (sekolah).
- Tujuan pembelajaran : pencapaian tiga aspek yang dimiliki oleh peserta didik (siswa) yakni pengetahuan, keterampilan dan juga sikap yang harus dibangun dalam kegiatan pembelajaran.
- Kognitif : kondisi anak dapat beradaptasi di lingkungannya, dengan mempelajari objek atau kejadian yang ada di sekitarnya.
- Afektif : berkaitan dengan sikap, perilaku, minat, emosi dan juga nilai yang berbeda setiap individu dan berkaitan dengan kognitif yang dimilikinya.
- Psikomotor : ranah yang berkaitan dengan perilaku fisik seseorang.
Soal Dan Jawaban
Berikut ini adalah soal dan jawaban dari pertanyaan terkait:
Soal
Dalam pembelajaran terdapat 3 kawasan tujuan pembelajaran, yaitu kawasan kognitif, afektif dan psikomotor. Berikan pendapat Anda, kawasan tujuan manakah yang paling penting diajarkan oleh pendidik di sekolah? Berikan alasan Anda
Jawaban
Setiap kawasan tujuan pembelajaran memiliki peran dan kepentingannya masing-masing dalam pengembangan peserta didik sehingga tidak ada satu kawasan yang dianggap lebih penting daripada yang lain. Oleh karenanya, pendidik (guru) harus memberikan perhatian khusus sehingga ketiga keawasan tujuan pembelajaran ini bisa seimbang karena ketiganya sama pentingnya.
Mengenal Setiap Kawasan Pembelajaran
Tadi sudah disinggung tentang tiga kawasan pembelajaran. Seperti apa setiap kawasan tersebut dan apa pentingnya untuk peserta didik? Berikut ini ulasannya:
1. Kawasan Kognitif

Pertama, merupakan kawasan yang berkaitan dengan aspek pemahaman, pengetahuan dan kemampuan untuk berpikir. Pendidikan di sekolah memiliki tujuan untuk memberikan peserta didik pengetahuan dan keterampilan intelektual sehingga bisa memahami dunia, memiliki keterampilan berpikir kritis dan bisa memecahkan masalah dengan solutif.
Pembelajaran di kawasan kognitif mengajarkan teori, fakta, konsep dan prinsip-prinsip yang menjadi dasar pemahaman dalam berbagai mata pelajaran yang diajarkan.
Contohnya saja seperti pembelajaran IPA, Bahasa Indonesia dan lainnya
2. Kawasan Tujuan Pembelajaran Afektif

Kawasan Tujuan Pembelajaran afektif sendiri berkaitan dengan aspek perasaan, sikap dan nilai-nilai. Pendidikan tidak hanya mengajarkan pada peserta didik tentang teori namun juga tentang siapa kita dan bagaimana caranya berinteraksi dengan orang lain serta bagaimana seharusnya mengatur emosi.
Pembelajaran di kawasan ini berupaya membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan dalam bekerjasama, kepemimpinan, empati dengan sesama serta etika dan nilai-nilai moral.
Contohnya adalah etika dan karakter yang ditanam di dalam sekolahan, seperti disiplin, saling senyum dan sapa dan juga pembelajaran yang dampingi oleh guru bimbingan konseling.
3. Kawasan Psikomotor

Terakhir adalah Kawasan Tujuan Pembelajaran psikomotor yang berkaitan dengan aspek keterampilan fisik dan praktek. Didalamnya mencakup kemampuan motorik halus seperti menulis dan menggambar serta motorik kasar seperti berolahraga dan juga bermain alat musik.
Pembelajaran pada kawasan ini membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan fisik, koordinasi dan keterampilan praktis yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari di berbagai profesi.
Contohnya saja seperti pembelajaran olahraga, pelajaran seni budaya dan seni lukis serta lainnya.
Sebuah pendidikan yang seimbang akan mengintegrasikan ketiga Kawasan Tujuan Pembelajaran ini, karena perkembangan peserta didik memerlukan ketiganya bukan hanya satu area saja.
Penutup
Tiga kawasan tujuan pembelajaran ini harus memiliki keseimbangan, bagaimana jika penekanan hanya dilakukan dalam satu area saja? Contohnya pendidikan yang menekan pada kawasan kognitif saja akan menghasilkan peserta didik yang cerdas secara intelektual namun kurang memiliki keterampilan sosial dan keterampilan praktis yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
Oleh karenanya, pendidikan di sekolah harus bisa mengintegrasikan ketika kawasan ini sehingga peserta didik bisa tumbuh dan berkembang secara holistic menyeluruh menjadi individu yang memiliki pengetahuan luas, memiliki empati dan mampu bertindak secara efektif dalam berbagai situasi.
Itulah pembahasan mengenai dalam pembelajaran terdapat 3 kawasan tujuan pembelajaran, yaitu kawasan kognitif, afektif dan psikomotor yang bisa dijadikan bahan referensi untuk anda.