Kotaku
Home Pendidikan Daftar Jurusan Kuliah yang Sepi Peminat yang Patut Diperhitungkan

Daftar Jurusan Kuliah yang Sepi Peminat yang Patut Diperhitungkan

the kozminski university 4579119 1280

Memilih jurusan kuliah adalah hal yang memerlukan pertimbangan dan pemikiran yang matang. Sempatkah terlintas dibenakmu untuk mengambil jurusan kuliah yang sepi peminat?.

Dari berbagai macam, program studi dan jurusan di perguruan tinggi terdapat beberapa jurusan yang sepi peminat. Bukan berarti jusnaini tidak ada pendaftaran nya sama sekali, tetapi jika dibanding dengan jurusan lain memiliki jumah pendaftar yang lebih sedikit.

Meskipun lebih sedikit pendaftarnya, beberapa jurusna berikut ini termasuk memiliki prospek karir yang baik.

Jurusan Kuliah yang Sepi Peminat

Berdasarkan berbagai sumber, berikut ini adalah daftar jurusan kuliah yang sepi peminat yang memiliki potensi dan prospek kerja biasa.

1. Jurusan Perpustakaan

Jurusan kuliah yang sepi peminat pertama adalah jurusan ilmu perpustakaan. Pada jurusan ini kamu akan belajar pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola, melestarikan dan menyusun informasi yang ada pada sebuah perpustakaan. Tidak Hanya tentang buku-buku tetapi jurusan ini juga mempelajari tentang arsip, data da informasi.

Jika kamu berpikir bahwa prospek kerja jurusan perpustakaan hanya menjadi penjaga perpustakaan, itu adalah pemikiran yang salah. Kaea peluang kerja jurusan ini juga cukup luas. Selain pustakawan, prospek kerja jurusan ini adalah menjadi administrasi arsip, bekerja di percetakan buku, sekretaris, indexer, document controller, arsiparis. Kurator data dan lain sebaiknya.

2. Jurusan oseanografi

Jurusan selanjutnya adalah Oseanografi yang merupakan cabang ilmu kelautan. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai fenomena laut. beberapa materi yang akan dipelajari antara lain adalah navigasi laut, komputasi oseanografi, fenomena fisika, kimia dna geol dalam ekosistem laut. beberapa posisi dapat diisi dengan lulusan jurusan ini misalnya sebagai marine environmental scientist, spesialis konservasi alam, peneliti, marine seismic navigator. Metocean engineer dan pekerjaan lainnya.

3. Kehutanan

Jurusan Kesehatan berfokus pada ilmu dan teknologi terkait pengelolaan serta konservasi sumber daya hutan. Dalam jurusan ini kamu akan belajar tentang hasil hutan, pengelolaan dan pemanfaatan. Meskipun menjadi salah satu jurusan yang sepi peminat, prospek dari lulusan jurusan ini cukup banyak. Prospek kerja lulusan jurusan kehutanan adalah sebagai ahli kehutanan, ilmuwan. Ahli biologi satwa liar, penjaga hutan, bekerja pada perusahaan konsultan lingkungan, kehutanan swasta, dinas taman nasional, dinas kehutanan, wirausaha hingga berkesempatan mengikuti CPNS.

4. Jurusan Arkeologi

Lewat jurusan ini kamu akan mempelajari tentang jejak jejak manusia pada masa lalu hingga sekarang. Kamu akan melakukan pengkajian masa lampau, peninggalan, dan kepurbakalaan. Jurusan ini cocok nih, untuk kamu yang suka dengan pelajaran sejarah. Sedangkan prospek kerja yang akan didapat antara lain adalah sebagai arkeologi, jurnalis arkeologi, ahli antropologi, mengisi posisi di pusat penelitian arkeologi nasional, menjadi peneliti, staff museum, pemandu wisata sejarah dan lain baginya.

5. Jurusan Astronomi

Jurusan astronomi merupakan ilmu adalah ilmu yang mempelajari alam semesta, dengan menggunakan pengetahuan matematika, fisika, dan pengamatan. Jika kamu suka belajar tentang benda-benda langit, maka jurusan ini akan cocok untukmu. Jurusan ini dibagi menjadi 3 keahlian yaitu tata surya, fisika bintang dan kosmologi. Meski menjadi jurusan kuliah yang sepi peminat prospek lulusan jurusan ini cukup luas. Lulusan astronomi memiliki prospek kerja untuk mengisi posisi di beberapa lembaga seperti LAPAN, BMKG, obsevatorium, NASA, dan bekerja sebagai peneliti, astronom, hingga dosen.

6. Jurusan Antropologi Sosial

Apakah kamu suka mempelajari perilaku manusia? Jika iya, jurusan ini akan cocok untukmu. Karena Antroplogi Sosial adalah ilmu yang akan mempelajari tentang perilaku dan hubungan antar manusia. Kamu akan mempelajari aspek-aspek budaya manusia, seperti nilai, norma, sistem sosial agama, struktur keluarga dan lain sebagainya. Jurusan ini memiliki peluang kerja yang luas karena dan dapa bekerja di beberapa perusahaan seperti Perbankan, Peneliti, Konsultan, Jurnalis, Perusahaan Telekomunikasi, Pertambangan, ASN, staff penelitian, staff museum, dan lain sebagainya.

7. Teknik Geodesi

Jurusan teknik Geodesi adalah bidang yang akan mempelajari cara melakukan pengukuran serta mempresentasikan ukuran dan bentuk bumi. Kamu akan dapat menggambar rupa bumi dan melakukan pemetaan. Meskipun menjadi jurusan kuliah yang sepi peminat dan kurang populer tetapi, jurusan ini mempelajari ilmu yang penting untuk penelitian atau beberapa lembaga seperti BMKG. Prospek kerja dari lulusan ini antara lain adalah menjadi peneliti, ahli peta geografi, teknik lingkungan, ahli tambang dan geologi, yang dapat bekerja di beberapa kembang pemerintahan seperti LAPAN, Bappeda, Badan Pertahanan Nasional dan lainnya.

8. Jurusan Manajemen Transportasi

Jurusan Manajemen Transportasi adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan, pengoperasian, perancangan serta pemeliharaan sistem transportasi. Yang akan kamu pelajari adalah tentang perhitungan biaya operasional kendaraan, analisa kebijakan tarif, analis rute transportasi, serta bahan bakar dan fasilitas transportasi. Prospek kerja jurusan ini adalah kamu dapat bekerja di berbagai perusahaan transportasi baik lembaga pemerintah, industri transportasi perusahaan logistik, konsultan, dan lain sebagainya.

9. Jurusan Fisioterapi

Jurusan ini adalah cabang dari bidang kesehatan, yang akan mempelajari hal-hal berkaitan dengan fungsi gerak, serta bagaimana fungsi dan cara menjaga serta melakukan pemulihan pada fungsi gerak. Prospek kerja lulusan jurusan Fisioterapi adalah dapat bekerja di sektor kesehatan dan olahraga seperti di Rumah Sakit baik swasta atau Umum, bekerja menjadi therapis pada pelayanan kesehatan dan klinik, wirausaha membuka jasa fisioterapi dan lainnya.

Demikian adalah daftar jurusan kuliah yang sepi peminat, meski kurang populer tetapi memiliki prospek kerja yang dapat dipertimbangkan bagi calon mahasiswa yang ingin memilih jurusan kuliah.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad