Kotaku
Beranda Pendidikan Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

Brown and Beige Simple English Reading and Writing Types of Discourse Presentation

Kotaku.ID – Kegiatan diskusi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk bertukar pikiran demi menyelesaikan permasalahan yang ada. Baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar tentunya anda pernah mendengar kata “diskusi” misalnya saja ketika tugas di kelas dan guru meminta siswanya membentuk kelompok untuk bertukar pikiran demi memperoleh solusi. Namun sebenarnya apa itu diskusi, seperti apa contoh teks diskusi beserta strukturnya?

Saat melakukan diskusi dalam kelompok, para anggota kelompok akan menyampaikan gagasan atau pendapatnya kepada anggota lain. Pada diskusi yang bersifat formal, pendapatan atau gagasan tersebut akan dituliskan terlebih dahulu pada narasi teks diskusi. Nah seperti apa contoh teks diskusi beserta strukturnya? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Mengenal Pengertian Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya
Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya 18

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang contoh teks diskusi beserta strukturnya. Alangkah lebih baiknya jika anda mengenai pengertian dari teks diskusi itu sendiri. Teks diskusi merupakan narasi gagasan yang dikemukakan dalam menyampaikan suatu permasalahan. Umumnya, pendapatan akan ditulis dengan bahasa yang formal, tegas dan lugas. Teks diskusi disampaikan dalam beberapa sesi diskusi formal seperti rapat dan semacamnya.

Tujuan Dari Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

Bayangkan ketika anda sedang berdiskusi di suatu kelompok kelas, tentunya akan ada perbedaan pendapat pada masing-masing anggota kelompok. Ada orang-orang yang setuju dengan suatu gagasan namun ada pula yang tidak setuju dengan gagasan tersebut.

Disinilah letak dari tujuan contoh teks diskusi beserta strukturnya tersebut. Hadirnya teks diskusi membuat para anggota kelompok bisa menguji pokok permasalahan menggunakan argumen yang sudah disusun. Kemudian, para anggota kelompok juga bisa meyakinkan orang lain lewat penyampaian argumennya sendiri.

Struktur Teks Diskusi

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya
Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya 19

Sebelum menyusun contoh teks diskusi beserta strukturnya, anda harus mengetahui struktur dari teks diskusi itu sendiri. Teks diskusi memiliki tiga struktur utama, yakni:

1. Pendahuluan

Struktur yang pertama dalam contoh teks diskusi beserta strukturnya adalah pendahuluan. Pada bagian ini anda bisa memaparkan fenomena permasalahan yang akan diangkat sebagai bahan diskusi. Contohnya saja pengurangan sampah plastik di kawasan sekolah, maka anda bisa menyampaikan gambaran umum terkait permasalahan tersebut.

2. Isi

Selanjutnya adalah bagian dari isi teks diskusi, yang berisikan rangkaian argumen. Anda bisa menyampaikan latar belakang dari topik yang akan diangkat, seberapa pentingnya topik tersebut dan bagaimana cara mencari solusinya. 

Isi atau ringkasan argumen ini berisikan rangkaian pernyataan logis dari berbagai pihak, setiap argumen yang ada akan mendukung topik yang diangkat atau bisa juga sebaliknya.

3. Kesimpulan Dan Saran

Terakhir, adalah bagian kesimpulan yang merupakan berisikan rekapitulasi hasil, rekomendasi dan saran dari permasalahan utama. Kesimpulan teks diskusi sebaiknya berisikan jalan tengah dari permasalahan yang ada (solusi terbaik).

Bagian ini menjadi bagian akhir dari diskusi yang menyimpulkan keseluruhan argumen setiap orang yang terlibat dalam proses diskusi. Ada beberapa poin penting yang dicantumkan dalam contoh teks diskusi beserta strukturnya, diantaranya:

  1. Simpulan argumen baik dari sisi pro dan kontra.
  2. Memperlihatkan evaluasi argumen yang paling efektif.
  3. Memuat rekomendasi atau jalan tengah yang tidak memihak pada persoalan.

Sebagai contoh permasalahan plastik dan rekomendasi jalan tengahnya adalah menyediakan tempat sampah khusus untuk mempermudah pengelolaan limbah, pembatasan penggunaan plastik sebagai kantong makanan dan juga penerapan penggunaan ulang plastik.

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

  • Menggunakan istilah-istilah umum terkait dengan topik diskusi.
  • Menggunakan kata hubung yang menunjukkan suatu perlawanan, seperti sedangkan, tetapi, namun, bukan … melainkan, tidak … tetapi, dan akan tetapi.
  • Menggunakan kalimat yang mendukung atau menolak argumen, seperti:
  • Saya sependapat dengan ….
  • Pendapat Saudara kurang relevan karena…, sehingga saya tidak setuju.
  • Menggunakan kalimat pernyataan.
  • Terdapat kohesi leksikal dan kohesi gramatikal.
  • Menggunakan modalitas.

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya
Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya 20

Langsung saja berikut ini beberapa contoh teks diskusi beserta strukturnya yang bisa dijadikan referensi belajar atau membuat teks diskusi:

Kebiasaan Minum Teh, Baik atau Tidak Baik?

Isu

Kebiasaan minum teh telah dilakukan dan ada sejak dulu. Bahkan, hingga menjadi bagian wajib dari sebuah tradisi.

Biasanya, teh akan disajikan ketika ada tamu, menjadi bagian dari sarapan pagi, dan sebagai minuman untuk bersantai pada malam hari. Teh telah dikenal sejak 5000 tahun lalu dan dinyatakan khasiatnya, bahwa dengan meminum teh dapat menaikkan kekebalan tubuh.

Argumen Pendukung

Teh merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Aroma dan cita rasanya yang khas lah, yang menjadikan minuman ini sangat disukai oleh semua lapisan masyarakat. Meskipun banyak manfaat dari meminum teh, tapi kebiasaan mengkonsumsi teh secara berlebihan juga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan.

Beberapa kandungan aktif pada teh yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain polyphenols (10-25%) yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah berkembangnya sel kanker, vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang berperan membantu memperkuat daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan jantung. Kemudian ada pula kandungan ß-karoten (13-20%), caffein (45-50 mg%), dan fluor (0,1-4, dua mg/L) yang berfungsi membantu pencegahan timbulnya karies pada gigi, juga dapat memperkuat gigi.

Argumen Menentang

Di balik manfaat-manfaat tersebut, kebiasaan minum teh yang rancu juga memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan. Kafein yang terdapat dalam teh jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat mengakibatkan proses penyerapan makanan menjadi terhambat. Selain itu, kafein juga memiliki sifat ketergantungan, sehingga tubuh akan merasa tidak fit jika tidak mengkonsumsinya.

Pada seorang ibu yang tengah menyusui, kafein dapat menghipnotis kelenjar ASI, yang kemudian merusak kelancaran dan ketersediaan ASI. Zat kafein yang tersalur ke dalam tubuh bayi pun dapat mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Kandungan mineral pada teh juga dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

Kesimpulan

Adapun rekomendasi cara mengkonsumsi teh yang sehat, adalah dengan maksimal konsumsi sebanyak lima cangkir berukuran 200 ml setiap hari. Sebab, jumlah tersebut masih termasuk dalam batas normal kadar kafein yang bisa dikonsumsi, yaitu setara 750 mg/ hari.

Usahakan juga untuk menyeduh teh menggunakan air yang tidak terlalu panas dan tidak dibubuhi terlalu banyak gula, agar tidak merusak zat-zat yang dikandung teh dan menghilangkan manfaatnya. Terakhir, hindarilah minum teh ketika perut kosong, karena bisa menaikkan produksi asam lambung, sehingga berpengaruh pada pencernaan dan memicu kambuhnya penyakit maag bagi pengidap penyakit tersebut.

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya Perlukah Mengawasi Anak Saat Jelajahi Internet?

Pendahuluan

Internet telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan, baik hal positif maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi, internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.

Isi (Rangkaian Argumen)

Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet. Tidak dapat dimungkiri bahwa internet memberikan pengaruh kepada pelajar. Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menerima, memanfaatkan, dan menghadapinya.

Namun, tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan internet. Beberapa berita, baik televisi maupun koran, melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada siapapun memungkinkan terjadinya hal tersebut.

Kesimpulan

Semua pihak, baik orang tua, guru, pemerintah maupun siswa, diharapkan mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet bersama-sama. Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang tua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar anak dapat terus terpantau dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.

Daur Ulang Sampah untuk Gaya Hidup Hijau

Isu

Pemerintah pusat dan daerah sejak beberapa tahun lalu mencoba agar masyarakat lebih mudah menerapkan gaya hidup hijau (green living style). Mereka telah memfasilitasi tong sampah dengan warna yang berbeda, agar masyarakat mengetahui tempat sampah yang tepat untuk membuang sampah. Tak hanya itu, tong sampah berwarna tersebut juga diberi gambar yang menunjukkan benda mana yang boleh dibuang pada masing-masing tong sampah.

Argumen Pendukung

Langkah tersebut dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan daur ulang limbah rumah tangga, dan membantu melindungi lingkungan. Pada setiap kesempatan, berbagai komunitas daerah juga melakukan gerakan kebersihan di masing-masing wilayahnya di Indonesia. Gerakan-gerakan positif ini diharapkan bisa menginspirasi masyarakat untuk selalu peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

Argumen Menentang

Namun, tak sedikit pula orang-orang yang menganggap gagasan daur ulang itu hanya membuang-buang waktu. Mereka tidak mau direpotkan dengan aktivitas memilah sampah, dan Lebih mudah membuang semuanya ke satu tempat sampah. Dapat dikatakan, mereka tidak berpikir dengan apa yang akan terjadi 10, 20, atau 30 tahun kemudian, saat tempat tinggal mereka sudah penuh dengan sampah.

Padahal, benda yang didaur ulang merupakan bonus bagi Lingkungan. Kita juga jadi belajar untuk menggunakan sumber daya dengan lebih efisien, sehingga dapat digunakan hingga bertahun-tahun lagi.

Kesimpulan

Daur ulang merupakan aktivitas yang tidak sulit dilakukan, jika kita memikirkan manfaatnya secara serius. Hampir semua benda yang kita gunakan di rumah dapat didaur ulang, mulai dari plastik hingga gelas. Dengan demikian, kita dapat mulai menerapkan gaya hidup hijau hanya dengan melakukan daur ulang sampah.

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya Anak Harus Olahraga

Pendahuluan

Anak-anak di hampir seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, kini semakin gemuk dan semakin diperburuk dengan gaya hidup yang tidak sehat. Lalu, bagaimana kita dapat mengatasinya? Cara terbaik adalah dengan bermain olahraga bagi anak-anak semua usia. Beraktivitas melalui permainan olahraga akan menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.

Isi (Rangkaian Argumen)

Pertumbuhan fisik memerlukan banyak latihan gerak setiap hari dan cara terbaik melakukannya adalah dengan berolahraga. Para ilmuwan sudah menunjukkan bahwa anak yang berolahraga memiliki sedikit masalah kesehatan dibanding anak-anak yang hanya duduk di rumah dan banyak menonton televisi atau bermain video game.

Ada banyak jenis permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak, mulai dari yang tradisional, seperti galasin dan lompat tali, hingga yang umum seperti sepak bola, futsal, bulu tangkis, voli, senam, dan bola basket. Syukurlah  kita tinggal di Indonesia sehingga dapat memainkan semua jenis olahraga tersebut sepanjang tahun. Jadi, tidak masalah jenis olahraga mana yang kamu sukai atau di mana kamu tinggal sebab selalu ada jenis olahraga bagi siapa saja. Tidak ada alasan untuk mengeluh karena merasa bosan.

Selain itu, bermain olahraga dalam tim sangat baik bagi anak-anak sebab dapat memperbanyak pertemanan. Mereka juga belajar bagaimana bekerja sama dalam satu tim dan saling membantu. Anak-anak yang tidak berolahraga tentu saja tidak memiliki kesempatan untuk bersenang-senang dan memiliki banyak teman. Ini menyedihkan.

Kesimpulan

Sangat jelas bahwa semua anak sebaiknya harus bermain olahraga. Olahraga membantu mereka memiliki teman baru, menjaga kebugaran dan kesehatan, serta belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain. Selain bermanfaat, bermain olahraga juga sangat menyenangkan karena dapat mengusir rasa bosan dan suntuk di rumah.

Contoh Teks Diskusi Beserta StrukturnyaDampak Transportasi bagi Kehidupan Sehari-hari

Pendahuluan

Di zaman modern ini, transportasi telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Transportasi memiliki peran yang sangat penting karena telah membantu manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Kini, banyak orang juga sudah dapat memanfaatkan transportasi umum yang semakin berkembang dan mudah diakses. Tidak dapat dipungkiri, transportasi memberikan kemudahan bagi manusia dalam menjalankan rutinitas mereka sehari-hari. Namun, kemudahan tersebut juga memiliki dampak positif dan negatif.

Isi (Rangkaian Argumen)

Transportasi memberikan banyak pengaruh positif, termasuk kemudahan bagi manusia untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Orang yang bekerja di lokasi yang jauh dari rumah, biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perjalanan. Beberapa dari mereka bahkan harus menyewa tempat tinggal sementara. Dengan adanya transportasi ini, masyarakat tidak perlu lagi direpotkan dengan hal-hal seperti itu.

Transportasi juga dapat meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat. Dalam hal ini, transportasi dapat membawa atau mengirim barang dari lokasi yang dekat maupun jauh. Selain itu, ada banyak anak sekolah yang sekarang bisa menggunakan transportasi umum untuk pergi ke sekolah dengan biaya yang lebih murah.

Di samping manfaat positif yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi transportasi saat ini, ada juga dampak negatif yang dimilikinya. Salah satunya kemacetan di jalan. Hal ini bisa disebabkan oleh perilaku pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas, seperti supir angkutan yang berhenti sembarangan untuk menunggu penumpang.

Dampak negatif lain dari adanya transportasi adalah kecelakaan. Banyak pengguna jalan yang tidak mengikuti aturan, seperti menerobos lampu merah dan palang pintu kereta api. Selain itu, ada juga anak-anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor. Hal ini dapat membahayakan keselamatan mereka karena kurangnya pengalaman dan kematangan mental.

Kesimpulan

Agar terhindar dari pengaruh negatif dari adanya transportasi, diharapkan semua pihak seperti orang tua, pengguna jalan, maupun pengendara bisa bekerja sama intuk mencegahnya. Anak-anak yang belum cukup umur seharusnya tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor, sedangkan para orang tua harus meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak mereka agar tidak mengendarai kendaraan tersebut. Selain itu, pemerintah diharapkan dapat menegakkan aturan lalu lintas dengan tegas untuk meminimalkan dampak negatif dari transportasi.

Itulah penjelasan tentang contoh teks diskusi beserta strukturnya yang sangat lengkap dan jelas dipahami. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi anda untuk mengerjakan berbagai soal sekolah.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan