Kotaku
Home Pendidikan Contoh Kalimat Asking Giving Service

Contoh Kalimat Asking Giving Service

Kotaku.id – Pembahasan mengenai asking dan giving service akan kita temukan di pelajaran SMP dan SMA, nah berikut sedikit penjelasan mengenai kalimat asking giving service.

Pengertian Asking dan Giving Service

Maksud dari asking giving service adalah suatu aktivitas yang melibatkan aksi permintaan maupun pemberian jasa antara pihak yang memohon/meminta dan/atau pihak yang memberikan jasa maupun sebaliknya.

Kita dapat menemukan berbagai penerapan dari aktivitas asking giving service di dunia nyata dan salah satu contoh mudahnya yakni misalkan ada salah seorang teman kita yang hendak meminjam uang dari kita.

Bila kita sebagai temannya merasa tergerak maka kemungkinan besar kita akan memberikan pinjaman uang kita kepada teman kita tadi.

Akan tetapi, tidak selamanya aktivitas asking giving service akan mendapatkan respon yang positif (mulus).

Kadangkala bila si pemberi jasa merasa keberatan atau enggan untuk memberikan jasa/bantuannya, maka bisa saja ia tak akan segan-segan untuk menolak permintaan dari si peminta/pemohon jasa entah itu secara halus ataupun kasar (ini kebalikan dari respon yang positif).

 

kalimat asking giving service

Sama halnya seperti bahasa Indonesia, untuk membuat kalimat asking giving service di dalam bahasa Inggris terbilang tidak terlalu sulit.

Biasanya si peminta/pemohon (service requestor) akan menggunakan kata-kata yang mengandung nuansa permohonan seperti please, would you like, can you, dan lain sebagainya.

Sementara itu si pemberi (service giver) akan merespon permohonan dari si peminta/pemohon seperti pada umumnya dengan beberapa kemungkinan jawaban antara “iya”, “tidak”, “tunggu dulu”, dan lain sebagainya.

Ada beberapa kata kerja yang umum digunakan di dalam aktivitas asking giving service di antaranya

  • to help,
  • to assist,
  • to lend (someone) a hand, dan
  • to give (someone) a leg

Untuk lebih jelasnya berikut di bawah ini telah disajikan beberapa contoh kalimat yang memiliki korelasi dengan aktivitas asking giving service dalam bahasa Inggris.

Contoh Kalimat Asking Giving Service

A. Mr. Miran: “It looks like you’re being in heavy trouble right now. If you want, I can lend you a hand.”

Mr. Bimo: “Wow, it’s such a big help! I dunno how to thank you.

 

Bpk. Miran: “Terlihat sepertinya Anda tengah berada dalam masalah yang berat untuk saat ini. Jika Anda ingin, saya bisa membantu (meminjamkan tangan saya untuk) Anda.”

Bpk. Bimo: “Wah, itu (semacam) bantuan yang besar! Saya tidak tahu bagaimana (caranya) untuk berterima kasih (kepada Anda).”

 

B. Guest: “Excuse me, Sir. Could you help me open this bottle cap? I have tried many times, but I still failed.”

Staff: “Yes, I could. Whenever you need help, please don’t hesitate to ask me.”

 

Tamu: “Permisi, staff. Dapatkah Anda membantu saya untuk membuka tutup botol ini? Saya sudah mencoba banyak kali, namun saya masih tetap gagal.”

Staff: “Ya, saya bisa. Kapan pun Anda memerlukan bantuan, mohon jangan sungkan untuk memintanya dari saya.”

 

C. Mr. Squash: “Can anybody help me please!”

Mrs. Puff: “What can I do for you?”

Mr. Squash: “Would you please help me bring my stuff? They’re so heavy indeed!”

Mrs. Puff: “Yes, no problem at all!”

           

Bpk. Squash: “Siapapun tolong bantu saya!”

Ibu Puff: “Apakah yang bisa saya lakukan untuk Anda?”

Bpk. Squash: “Apakah Anda berkenan untuk membantu saya membawa barang-barang saya? (Barang-barang saya) itu sungguh berat!”

Ibu Puff: “Ya, (itu) bukan masalah sama sekali!”

Akhir Kata

Sekian dahulu untuk materi mengenai asking giving service. Apabila ada salah dalam hal penulisan dan lain sebagainya mohon untuk masukan dan koreksinya. Sampai berjumpa kembali di lain waktu.

Terima kasih!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad