Kotaku
Home Pendidikan Contoh Jawaban LK 1.4 Masalah Terpilih

Contoh Jawaban LK 1.4 Masalah Terpilih

Research Proposal Business Presentation in Yellow White Simple Corporate Light Style 2

KOTAKU.ID – Berikut ini merupakan ulasan contoh jawaban LK 1.4 masalah terpilih. Tugas ini harus diselesaikan oleh setiap peserta yang mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru atau PPG dalam jabatan 2023.

Contoh jawaban LK 1.4 masalah terpilih merupakan langkah terakhir dalam mata pelajaran pendalaman materi PPG Daljab 2023. Runtuttan-nya adalah pertama menyelesaikan tugas LK 1.1 Identifikasi Masalah kemudian LK 1.2 eksplorasi Penyebab Masalah barulah ke LK 1.3 tentang penentuan penyebab masalah PPG dan terakhir adalah LK 1.4 Masalah Terpilih yang akan diselesaikan.

Mengerjakan tugas contoh jawaban LK 1.4 masalah terpilih merupakan kelanjutan pendalaman materi PPG Daljab 2023 sebelumnya yang mengulas tentang Penentu Penyebab masalah.

Tips Mengerjakan Jawaban LK 1.4 Masalah Terpilih

Berbeda dengan lembar kerja sebelumnya, pada LK 1.4 hanya terdapat dua kolom yang harus diisi. Pengisian yakni masalah yang akan diselesaikan dan akar penyebab masalah tersebut.

LK 1.1 sampai 1.4 saling berkesinambungan atau tidak terpisahkan. Setelah mengerjakan tagihan tugas pada LK 1.3 maka anda bisa menjadikan LK 1.3 sebagai referensi mengerjakan tugas 1.4.

Untuk mengerjakan LK 1.4 masalah terpilih, maka anda harus menyelesaikan LK 1.3 terlebih dahulu karena pengisiannya membutuhkan pedoman tersebut.

Peserta PPG Daljab cukup menyalin dan menempel poin masalah yang telah diidentifikasi berkaitan dengan keseharian tugas guru atau ke kolom masalah yang akan diselesaikan. Selanjutnya, untuk mengisikan akar penyebab masalah, mahasiswa PPG Daljab bisa menyalin dan menempel masalah atau jawaban dari kolom ketiga LK 1.3 sebelumnya.

Jumlah masalah terpilih yang akan diselesaikan minimal adalah empat masalah. Setelah itu, mahasiswa PPG Daljab 2023 akan beranjak ke tahap 2 yaitu desain pembelajaran inovatif.

Langkah Pendalaman Materi Contoh Jawaban LK 1.4 Masalah Terpilih

Berikut adalah cara mengisi dan contoh jawaban LK 1.4 masalah terpilih yang harus diselesaikan PPG Daljab Beserta dengan link artikelnya yang bisa diunduh pada bagian akhir artikel. Langsung saja kita ke contoh-contoh jawabannya:

1. Kurangnya Minat Baca Siswa Dalam Pembelajaran

NoMasalahPenyebab Masalah
1Permasalahan yang akan diangkat adalah kurangnya minat baca peserta didik dalam pembelajaran “mengidentifikasi unsur pembangunan teks cerita pendek”1. Guru tidak melakukan diagnostik di awal pembelajaran untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan siswa sehingga teks bacaan tidak sesuai minat siswa. 

2. Guru tidak menerapkan pembelajaran inovatif sehingga pembelajaran yang diterapkan monoton. 

3. Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat. 

4. Guru hanya fokus pemerintah untuk menuntaskan beban tugas mengajar. 

2. Peserta Didik Kurang Mampu Dalam Praktik Bicara Pidato Persuasif

NoMasalahPenyebab Masalah
1Siswa kurang mampu dalam praktik berbicara pada materi teks pidato persuasif.1. Guru tidak melakukan diagnostik di awal pembelajaran untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan siswa sehingga pilihan tema teks pidato tidak sesuai dengan dunia siswa. 

2. Guru tidak memotivasi siswa untuk lebih percaya diri dalam hal berbicara. 

3. Guru tidak menerapkan pembelajaran inovatif sehingga pembelajaran yang diterapkan monoton. 

4. Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat. 

5. Guru hanya fokus pemerintah untuk menuntaskan beban tugas mengajar. 

3. Peserta Didik Kurang mampu Menulis Materi Teks Pidato Persuasif

NoMasalahPenyebab Masalah
1Siswa kurang mampu dalam praktik menulis pada materi teks pidato persuasif.1. Guru tidak melakukan diagnostik di awal pembelajaran untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan siswa sehingga pilihan tema teks pidato tidak sesuai dengan dunia siswa. 

2. Guru tidak menerapkan pembelajaran inovatif sehingga pembelajaran yang diterapkan monoton. 

3. Metode dan strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat. 

4. Guru hanya fokus memerintah untuk menuntaskanbeban tugas mengajar.

4. Pemahaman Yang Rendah dalam Pembelajaran

NoMasalahPenyebab Masalah
1Beberapa peserta didik masih memiliki pemahaman yang rendah dalam pembelajaran1. Pembelajaran di kelas cenderung didominasi oleh guru dan berjalan satu arah. 

2. Pembelajaran yang dilakukan guru monoton dan kurang memanfaatkan pembelajaran. 

3. semangat belajar siswa rendah dan cenderung berkurang jika guru yang mengajar tidak sesuai yang diinginkan.

5. Guru Belum Memaksimalkan Model Pembelajaran Inovatif

NoMasalahPenyebab Masalah
1Guru belum dapat maksimal dalam pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik1. Guru kurang mendapatkan pelatihan mengenai pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik. 

2. Guru tidak mau melakukan inovasi dan upgrade diri 

3. Siswa kurang terbuka kepada guru.

6. Kurangnya Pemberian Motivasi Kepada Peserta Didik Yang Belum Baik Dalam Memahami Pembelajaran

NoMasalahPenyebab Masalah
1Kurangnya Pemberian motivasi kepada peserta didik yang belum baik dalam memahami pembelajaran1. Guru kurang membuat kompetisi, serta memberikan penghargaan/reward kepada siswa. 

2. Guru kurang memperhatikan siswa

Kesimpulan

Itulah contoh jawaban LK 1.4 masalah terpilih yang bisa dijadikan referensi. Intinya pada lembar kerja satu ini anda diminta untuk mencari permasalahan yang ada di lingkungan sekolah tempat anda mengajar kemudian mencari apa akar penyebab dari permasalahan tersebut.

Ini mengajarkan kita, bahwa ketika ada masalah maka hal pertama yang harus kita cari adalah penyebab dari masalah tersebut bukan langsung mencari solusinya. Dengan mencari akar penyebab masalah maka kita akan bisa memikirkan solusi terbaik sesuai dengan penyebabnya.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad