Kotaku
Home Lainnya Ciri-ciri 8 Planet di Tata Surya, Merkurius, Bumi Hingga Neptunus

Ciri-ciri 8 Planet di Tata Surya, Merkurius, Bumi Hingga Neptunus

solar system 7398026 1280

Ciri-ciri planet di tata surya – setiap planet dalam tata surya memiliki keunikan masing-masing. Tata surya merupakan rumah untuk sejumlah benda langit yang menakjubkan. Tahukah kamu mengapa hanya bumi yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup?.

Bumi dapat ditempati karena memiliki karakteristik dan keistimewaan tersendiri dibanding dengan planet lainnya. Untuk mengetahui perbedaan dan ciri-ciri planet di tata surya, ayo simak ulasan dalam artikel ini.

Ciri-ciri Planet di Tata Surya

Sebelum mengenal ciri-ciri planet di tata surya, sudahkah kamu mengetahui pengertian dari planet itu sendiri? Terdapat 8 planet di tata surya yang dikenal dan telah menjadi objek penelitian sejak dulu. Planet berasal dari bahasa Yunani planet, yang artinya adalah pengembara. Planet adalah benda langit yang memiliki orbit disebut dengan bintang, serta peredarannya tergantung dengan jarak bintang tersebut.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia planet adalah benda langit yang tidak dapat mengeluarkan cahaya atau panas sendiri dan bergerak mengelilingi matahari dalam suatu rotasi atau revolusi tertentu, dan menciptakan keseimbangan kondisi alam. Kedelapan planet dalam tata surya adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Masing-masing planet memiliki keistimewaan dan ciri-ciri tersendiri. Berikut ini adalah ciri-ciri planet di tata surya berdasarkan urutannya.

Merkurius

Berdasarkan urutannya Merkurius adalah planet paling dekat dengan Matahari dan merupakan planet terkecil dalam tata surya, dan memiliki diameter sekitar 4.879 km. Nama planet ini diambil dari dewa kerajaan Romawi.

Ciri-ciri Merkurius yang paling menonjol adalah suhunya yang mencapai 400 derajat Celcius pada saat siang hari, sedangkan pada malam hari suhunya turun drastis hingga mencapai – 180 derajat Celcius. Suhu yang ekstrim inilah mengapa Merkurius tidak dapat ditempati oleh makhluk hidup.

Merkurius memiliki keunikan yaitu mempunyai hari yang sangat panjang sekitar 176 hari bumi, namun planet ini membutuhkan hanya 88 hari untuk mengorbit Matahari. Merkurius mempunyai jarak rata-rata sekitar 57,9 juta km ke Matahari.

Venus

Venus memiliki atmosfer yang sangat tebal dan panas sehingga disebut sebagai planet terpanas. Sebutan lain dari planet ini adalah bintang kejora atau bintang sore, hal tersebut dikarenakan Venus dapat terlihat di langit ketika senja atau sebelum Matahari terbit.

Suhu Venus mencapai 470 derajat Celcius, yang menjadikan tidak dapat ditinggali manusia. Diameter planet ini sekitar 12. 104 km serta berada di jarak rata-rata 108,2 juta km dari Matahari.

Venus memiliki waktu rotasi 243 hari dan revolusinya adalah 224,7 hari. Ciri khas dari Venus adalah bahwa planet ini berputar searah dengan jarum jam, Matahari di Venus terbit dari arah barat, kebalikan dari Bumi.

Bumi

Planet tempat kita tinggal adalah Bumi, mengapa hanya planet ini yang dapat ditempati? Hal tersebut karena suhu planet ini relatif tetap dan stabil. Sehingga memungkinkan adanya aliran air, dan mendukung kelangsungan hidup organisme. Kemudian organisme akan menghasilkan oksigen dan makhluk hidup dapat hidup di dalamnya.

Atmosfer bumi memiliki ketebalan kira-kira 700 km, dengan memiliki diameter sekitar 12.756,3 km dan berjarak rata-rata ke Matahari sekitar 149,6 juta km. Rotasi bumi membutuhkan waktu 23 jam 57 menit, sedangkan revolusinya 365,242 hari. Ciri laind air planet ini adalah memiliki satelit alami yaitu bulan.

Mars

Ciri-ciri planet di tata surya selanjutnya adalah keunikan Mars. Planet ini disebut dengan planet merah karena warnanya yang merah. Planet Mars mempunyai diameter sekitar 6.794 km dengan jarak ke Matahari 227,9 juta km. Rotasi Mars sekitar 9 jam 56 menit, dan revolusi 11 tahun 10 bulan 3 hari.

Jupiter

Jupiter dikenal sebagai planet terbesar di tata surya, yang didominasi adanya atmosfer gas yang tebal. Ciri khas planet ini mempunyai cincin yang terdiri dari partikel-partikel kecil. Planet ini memiliki diameter yang besar yakni 11 kali diameter Bumi dan memiliki berat sekitar dua kali jumlah dari berat seluruh planet di tata surya.

Jupiter memiliki suhu rata-rata 50 derajat Celcius, dan mampu memantulkan 70 persen cahaya Matahari. Diameter planet ini 139.822 km, dengan jarak 778,3 juta km dari Matahari. Rotasi membutuhkan waktu 10 jam 40 menit dan revolusinya selama 29,42 tahun.

Saturnus

Saturnus memiliki cincin yang indah terdiri dari partikel es dan batuan, dengan cincin yang tipis sehingga terlihat indah dan memukau. Saturnus berdiameter kira-kira 120.536 km dengan jarak ke Matahari 1433,5 juta km. Rotasinya membutuhkan waktu 10 jam 40 menit, dengan revolusi 29,42 tahun. Saturnus memiliki sekitar 18 satelit alami dan mencolok dengan keindahannya.

Uranus

Planet Uranus adalah planet gas raksasa dengan atmosfer yang mengandung hidrogen, helium serta metana. Diameter planet ini sekitar 50.724 km, dengan rotasi 17 jam 14 menit dan revolusi 84 tahun. Karena letaknya yang sangat jauh dari Matahari, permukaan Uranus sangat dingin.

Neptunus

Planet terjauh dari Matahari ini mempunyai atmosfer yang hampir mirip dengan Uranus. Diameter planet ini sekitar 50.500 km dengan jarak ke Matahari 4.500 juta km. Rotasi membutuhkan waktu 16 jam 7 menit, dengan revolusi selama 164,8 tahun,

Demikian adalah ciri-ciri planet di tata surya yang mempunyai keunikannya masing-masing.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad