Kotaku
Home Blogging 5 Cara Optimasi Gambar Artikel Agar SEO

5 Cara Optimasi Gambar Artikel Agar SEO

WhatsApp Image 2022 08 12 at 20.53.27

Cara optimasi gambar SEO – Penggunaan gambar pada sebuah artikel blog tentu sangat penting untuk diterapkan karena gambar atau foto itu menjadi salah satu pelengkap dari isi topik artikel. Selain itu gambar juga sangat efektif untuk mendukung atau mengoptimalkan mesin penelusuran google untuk mengindex/menemukan artikel loh!

Tapi tahukah anda bahwa untuk mengoptimalkan SEO melalui gambar itu tidak sekedar menambahkan gambar doang loh sob! Oleh sebab itu kotaku.id merekomendasikan cara optimasi gambar artikel.

5. Cara Optimasi Gambar SEO

1. Format File Gambar yang Tepat

Format file gambar yang tepat digunakan adalah file berbentuk JPG (JPEG) karena ini adalah jenis gambar yang terbaik dan standar digunakan pada internet.

2. Nama File Gambar Mengandung Kata Kunci

Setiap nama file gambar atau foto pada umumnya menggunakan karakter khusus yang sulit untuk dikenali misalnya: “7322345_3626141.jpg” atau “DCS123456.jpg”. Untuk itu, agar search engine Google dapat menemukan artikelnya penting sekali agar menggantinya terlebih dahulu dengan karakter yang mengandung kata kunci khusus yang berkaitan dengan judul artikel.

3. Kompres Gambar/Resolusi File

Sebelum menambahkan gambar pada suatu artikel penting sekali agar gambarnya di kompres terlebih dahulu alias mengurasi resolusi foto akan tetapi kualitasnya tetap stabil.

Kenapa gambar harus dikompres? Karena file yang berukuran besar dapat mempengaruhi loading suatu website sedangkan bot google lebih cepat mengindex dan menampilkan artikel di hasil pencaharian yang memiliki artikel yang cukup ringan untuk direkomendasikan.

Beberapa tools kompres yang direkomendasikan adalah TinyPG, Kraten, OptiPNG dan ImageOptim.

4. Pakai Alt Tag & Tittle Tag Gambar

Di bagian ini ada 2 versi yang digunakan oleh para blogger sukses dan kedua versi ini pun sebenarnya sama saja untuk mengoptimalkan gambar.

  • Versi pertama:
    kolom Alt Tag diisi dengan judul artikel begitupun juga di kolom Tittle Tag akan tetapi di kolom ini untuk kalimatnya dihubungkan dengan garis penghubung. Seperti ini contohnya:

  • Versi kedua:Kolom Alt Tag diisi dengan judul artikel dan untuk kolom Tittle Tag diisi beberapa kata kunci yang berkaitan dengan judul artikelnya. Seperti ini contohnya:

Intinya adalah kedua kolom tersebut diisi deskripsi yang mengandung kata kunci (SEO).

5. Gunakan Caption yang Relevan

Sama seperti cara ke-4, caption dengan sebaris teks ini membantu mesin pencaharian untuk mengenali apa isi gambar yang terpampang berdasarkan kata kunci teks yang disematkan.

Kesimpulan

Dengan menerapkan cara di atas maka situs anda akan lebih mudah untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencaharian Google. Demikian artikel mengenai 5 cara optimasi gambar SEO. Semoga bermanfaat.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad