Kotaku
Home Bisnis Brand Awareness Adalah: Pengertian, Tujuan, Cara Meningkatkan

Brand Awareness Adalah: Pengertian, Tujuan, Cara Meningkatkan

Brand awareness adalah salah satu faktor penting dalam strategi pemasaran. Pada Dunia bisnis yang semakin kompetitif sekarang ini, memiliki brand awareness atau kesadaran merek yang kuat, akan menjadi kunci sukses dalam pengembangan usaha.

Misalnya saja saat Anda ditanya tentang merek mie instan, produk apa yang pertama terlintas di benak Anda? Kebanyakan orang pasti akan menjawab produk seperti indomie atau mie sedap. Nah, seperti itulah suatu brand awareness dalam sebuah bisnis.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang brand awareness simak ulasan berikut ini.

Pengertian Brand Awareness

Dalam dunia pemasaran brand awareness adalah kemampuan konsumen untuk dapat langsung mengenali atau mengingat suatu merek hanya dengan melihat suatu objeknya seperti warna, logi, gambar dan ciri lainnya. Kesadaran merek merupakan istilah yang menggambarkan sejauh mana konsumen dapat mengidentifikasi dna mengenal merek suatu produk atau perusahaan.

Sehingga semakin tinggi brand awareness yang dimiliki suatu produk, akan semakin mudah produk tersebut dikenal dan dibeli oleh konsumen. Brand sendiri merupakan istilah yang menggambarkan produk dapat berupa nama, tanda, desain, istilah atau gabungan dari hal tersebut yang bertujuan untuk membedakan dengan produk-produk lainnya.

Penggunaan merek atau brand adalah upaya pengusaha sehingga produknya dapat dibedakan dari pesaingnya yang memiliki jenis produk sama. Adanya kesadaran merek ini akan membuat banyak orang menyebutkan produk tertentu, karena telah melekat di istananya. Semakin banyak mengenal dan mengingat produk  tersebut maka semakin dipercaya dan diminati juga produk yang dikeluarkan.

Tujuan Adanya brand awareness

Tujuan membangun sebuah brand awareness yang kuat dapat mendorong kesuksesan sebuah usaha. Seliana itu, berikut ini adalah tujuan lainnya.

Memperluas jangkauan pasar

Adanya kesadaran merek akan memperluas jangkauan pasar yang dapat dicapai oleh suatu produk. Sehingga ketika orang telah mengenal merek Anda, maka ketiak dihadapkan pada beberapa pilihan terhadap produk sejenis, konsumen akan memilih menggunakan produk yang dikenal ata dicintainya. Oleh karena itu, produk dengan kesadaran merek yang tinggi akan lebih luas jangkauan pasarnya.

Tingkatkan kepercayaan pelanggan

Saat kosumen telah mengenal suatu merek, maka mereka akan mengingat dna lebih memilih merek tersebut dibanding dengan produk yang tidak dikenalnya. Dengan adanya brand awareness yang kuat maka pelanggan akan lebih percaya dengan produk yang akan dilakukan selanjutnya. Kepercayaan konsumen merupakan faktor penting bagi jangka panjang perusahaan.

Tingkatkan daya saing

Setiap produk pasti memiliki pesaingnya, misalnya produk sabun atau shampo pasti ada banyak sekali merek yang ada dengan keunggulan nya masing-masing. Sehingga dalam memuat merek bukanlah sekedar membuat nama atau logo tetapi harus dp perhatian unsur-unsur yang dapat berhubungan dengan konsumen. Hal ini merupakan salah satu brand awareness yang perlu dipikirkan oleh pengusaha atau pemilik usaha.

Membangun kesetian konsumen

Pelanggan atau konsumen yang memiliki kesadaran merek pada produk yang dikeluarkan akan cenderung menarik pelanggan dari merek tersebut, mereka akan lebih memilih produk atau layanan yang telah dikenalnya.

Meningkatkan daya saing

Daya saing antar mereka sangat penting bagi perusahaan. Oleh karena iu berbagai merek berlomba-lomba merupakan strategi yang dapat meningkatkan brand awareness. Misal mereka akan membuat slogan, tagline hingga logo yang banyak digemari dan mudah diingat oleh masyarakat.

Cara Meningkatkan brand awareness

Lalu bagaimana cara meningkatkan brand awareness sebuah produk? Dalam, meningkatkan kesadaran akan merak bisnis maka Anda dapat mempelajari cara-cara berikut ini.

Memahami target pasar

Anda harus mengetahui target pasar dengan baik, bagaimana kebutuhan dan preferensi konsumen. Dengan memahami audiens ini maka Anda dapat merancang strategi peningkatan kesadaran merek yang lebih baik.

Konsistensi

Mematikan bahwa produk harus konsistensi adapun jika ada perusahaan merupakan perubahan dalam rangka memperkuat dan menambah kualitas produk. Konsistensi dalam merek atau brand akan membuat brand tersebut dikenal terus olah konsumen.

Manfaatkan Media sosial

Gunakan platform media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen dan membuat konten menarik. Publikasi konten secara teratur, menanggapi komentar dengan cepat dan memanfaatkan fitur dalam media sosial seperti live streaming dengan baik merupakan salah satu cara dalam meningkatkan kesadaran merek.

Dukung Kegiatan Sosial

Melakukan kegiatan amal atau dengan mendukung kampanye suatu kegiatan sosa akan membantu mereka memberikan kesan positif pada masyarakat sehingga dapat dikenal dan konsumen tertarik untuk memakai produk yang dikeluarkan.

Desain Menarik

Packaging menjadi salah satu alasan kenapa konsumen membeli atau menggunakan produk tersebut, dengan desain yang menarik anak akan meningkatkan daya jual dari suatu brand. Sehingga dalam membuat kemasan baik harus memperhatikan gambar, warna, logo, hingga desain nya perlu perhatian khusus.

Kolaborasi

Menjalin relasi dengan cara kolaborasi dengan merek lain yang tidak sejenis dapat menjadi cara bagus untuk meningkatkan brand awareness. Selain dengan  produk lain, Anda juga dapat menjalin kolaborasi dengan influencer. Strategi ini juga termasuk dalam strategi pemasaran yang patut dicoba.

Freemium

Istilah freemium merupakan strategi promosi yang memberikan kesempatan untuk konsumen dapat mencoba produk atau layanan s secara gratis. Ketiak konsumen telah mencoba dan mengetahui kelebihan produk tersebut, mereka kemudian akan membeli produk tersebut.

Demikian Adalah informasi terkait brand awareness beserta tujuan dan cara meningkatkan nya.

 

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad