Kotaku
Home Pendidikan 5 Negara dengan Biaya Pendidikan Terjangkau, Ada Indonesia?

5 Negara dengan Biaya Pendidikan Terjangkau, Ada Indonesia?

Biaya Pendidikan Terjangkau1

Kotaku.id –  5 Negara dengan Biaya Pendidikan Terjangkau, Ada Indonesia? Mengedepankan pencapaian gelar pendidikan tinggi telah menjadi tolak ukur yang lebih kokoh dalam membangun karier yang sukses. Inilah alasan mengapa, meskipun telah memasuki dunia kerja, banyak individu yang masih memelihara semangat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Salah satu langkah yang sangat diinginkan adalah memperoleh Biaya Pendidikan gratis atau beasiswa.

 

Negara dengan Biaya Pendidikan Terjangkau, Ada Indonesia?
Biaya Pendidikan

 

Setelah memperoleh penghasilan yang stabil, banyak orang mendorong diri mereka untuk meneruskan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka tidak puas hanya dengan gelar sarjana (S1), melainkan bercita-cita untuk meraih gelar master atau bahkan doktor. Meskipun demikian, ada juga yang tidak ingin menanggung biaya pendidikan tersebut sendiri. Oleh karena itu, mereka mencari berbagai peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Pada saat ini, terdapat beragam kesempatan beasiswa yang ditawarkan oleh berbagai institusi pendidikan, pemerintah, universitas, dan bahkan perusahaan. Jenis beasiswa yang tersedia pun beraneka ragam, mulai dari beasiswa sebagian hingga beasiswa penuh untuk tingkat pendidikan S1 (sarjana), S2 (magister), bahkan S3 (doktor).

Meskipun begitu, banyak negara juga menyediakan pendidikan dengan biaya yang terjangkau, bahkan tanpa perlu mendapatkan beasiswa. Hal yang menarik adalah, biaya yang terjangkau tersebut seringkali disertai dengan kualitas yang sangat tinggi. Strategi pendidikan semacam ini patut dipertimbangkan, terutama bagi mereka yang bercita-cita untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Negara dengan Biaya Pendidikan Terjangkau, Ada Indonesia?

Jika Anda tengah merayakan impian untuk meraih gelar S2 dari sebuah perguruan tinggi di luar negeri, maka ada beberapa aspek penting yang patut diperhatikan, terutama dalam hal menentukan negara tujuan studi Anda. Berikut adalah beberapa negara yang bisa menjadi pertimbangan Anda:

1.     Berlin, Jerman

Jerman telah lama menjadi destinasi favorit bagi para pencari ilmu di seluruh dunia. Berlin, sebagai ibukota Jerman, adalah salah satu kota yang sangat ramah terhadap mahasiswa internasional. Banyak perguruan tinggi di Jerman memiliki reputasi yang sangat baik dalam hal sikap toleransi dan multikulturalisme, seperti Universitas Humboldt dan Universitas Teknik Berlin. Menariknya, Berlin juga menawarkan pendidikan tinggi secara gratis, baik bagi mahasiswa lokal maupun mereka yang datang dari luar negeri.

2.     Wina, Austria

Austria telah meraih peringkat pertama sebagai salah satu negara terbaik untuk pekerja asing, dan ini juga berlaku untuk mahasiswa internasional. Salah satu universitas terbaik di Austria adalah Universitas Vienna di Wina. Institusi ini telah berdiri sejak tahun 1815 dengan nama Imperial Royal Polytechnic Institute.

Kampus ini menawarkan fasilitas yang luar biasa dengan delapan fakultas yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Fakultas Perencanaan dan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Teknik Industri dan Mekanik, Fakultas Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Matematika dan Geoinformasi, Fakultas Fisika, Fakultas Teknik Kimia, dan Fakultas Sistem Informasi.

Seperti Berlin, biaya kuliah di Wina juga gratis bagi mahasiswa asal Eropa. Bagi mahasiswa internasional di luar Eropa, biaya kuliah yang dikenakan juga sangat terjangkau, yaitu sekitar 500 dolar AS per tahun. Kedua destinasi ini menawarkan peluang pendidikan yang sangat menarik dan ramah terhadap mahasiswa asing, sehingga memudahkan Anda untuk mewujudkan impian meraih gelar S2 di luar negeri.

3.     Spanyol

Di negara yang dikenal dengan julukan “matador” ini, biaya pendidikan sangatlah terjangkau. Untuk mengejar gelar di Spanyol, Anda hanya perlu menganggarkan sekitar Rp 15 jutaan per tahun. Jangan khawatir, biaya hidup di Spanyol juga cukup bersahabat, dengan perkiraan sekitar Rp 7 juta per bulan. Jika dihitung secara keseluruhan, total biaya yang harus dikeluarkan tidak akan melampaui angka Rp 84 juta per tahun.

 

Strategi Merencanakan Perjalanan Pendidikan Internasional
biaya pendidikan

 

4.     Prancis

Meskipun Prancis sering dikaitkan dengan biaya hidup yang tinggi, realitasnya berbicara sebaliknya. Jika Anda bercita-cita untuk mengejar pendidikan tinggi di negeri ini, Anda hanya perlu mengalokasikan sekitar 300 hingga 500 Euro (setara dengan Rp 5 hingga 8 jutaan) per bulan untuk biaya hidup. Biaya kuliah pun sangat terjangkau, dengan perkiraan sekitar Rp 5 jutaan per tahun.

5.     Taiwan

Jika Anda mempertimbangkan wilayah Asia sebagai tujuan kuliah Anda, Taiwan mungkin menjadi pilihan yang paling bijak. Untuk mendapatkan akses ke salah satu universitas terbaik di Taiwan, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar USD 3.800 (sekitar Rp 52 jutaan). Taiwan juga memberikan peluang besar bagi mahasiswa berprestasi untuk mendapatkan beasiswa, yang berarti Anda bisa mengejarmPendidikan di sana dengan biaya yang jauh lebih terjangkau atau bahkan tanpa biaya sama sekali.

Beberapa perguruan tinggi terkemuka di Taiwan, seperti Chaoyang University of Technology, China Medical University, Chung Shan Medical University, National Changhua University of Education, atau National Chin-Yi University of Technology, menawarkan beragam program studi yang menarik.

Strategi Merencanakan Perjalanan Pendidikan Internasional

Berikut adalah beberapa trik dan strategi yang bisa membantu Anda merencanakan perjalanan pendidikan internasional tanpa harus mengeluarkan biaya dari dompet Anda sendiri:

1.     Beasiswa dan Hibah Studi

Jangan lewatkan peluang untuk mencari berbagai jenis beasiswa dan hibah studi yang tersedia baik dari pemerintah, universitas, maupun organisasi swasta. Banyak negara dan institusi menawarkan bantuan finansial kepada mahasiswa berprestasi..

2.     Penelitian Kampus

Luangkan waktu untuk memahami lingkungan kampus dan fasilitas yang ada. Beberapa universitas menawarkan akses ke sumber daya seperti perpustakaan yang kaya, pusat penelitian, dan fasilitas olahraga yang bisa menghemat biaya tambahan.

3.     Bekerja di Bidang yang Relevan

Jika Anda memiliki bakat atau keahlian khusus, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan yang relevan dengan bidang studi Anda. Ini dapat memberikan pengalaman praktis sekaligus memperoleh penghasilan tambahan.

Jika Anda memiliki niat untuk mengejar studi di luar negeri, persiapkan diri Anda dengan baik. Selain aspek finansial, penting juga untuk memahami dengan cermat seluk-beluk negara tujuan Anda dan mengetahui trik dan strategi untuk mendanai pendidikan Anda tanpa harus terlalu membebani kantong Anda sendiri.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad