Berikut Ini Adalah Bentuk Praktik Pengajaran, Kecuali? Inilah Jawabannya!
Kotaku.id - Pada Post Modul 2 ada pertanyaan menarik seputar Praktik Pengajaran yang berbunyi, “Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali?” Dalam pertanyaan tersebut ada beberapa jawaban pilihan ganda yang bisa Anda pilih. Antara lain berikut ini.
A. Guru menyampaikan cara membuat puisi.
B. Guru mengamati minat murid terhadap puisi.
C. Murid mempelajari ragam puisi yang disampaikan guru.
D. Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan.
Jawaban Soal Berikut Ini Adalah Bentuk Praktik Pengajaran, Kecuali?
Apakah jawaban dari pertanyaan “Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali? Dari soal pilihan ganda di atas, Anda harus memperhatikan tanda “kecuali”. Hal ini berarti Anda harus memilih salah satu jawaban yang tidak termasuk dalam bentuk praktik pengajaran.
Dan jawaban yang paling tepat adalah B. Guru mengamati minat murid terhadap puisi. Karena dalam opsi ini, guru hanya sebatas mengamati minat yang dimiliki siswa. Padahal, arti bentuk praktik pengajaran di sini bukan hanya sebatas pengamatan guru atau pendidik saja.
Namun, siswa atau peserta didik juga harus melakukan sesuatu sesuai perintah pendidik atau guru. Dalam hal ini, seharusnya peserta didik atau siswa membuat puisi baru sesuai dengan arahan guru atau pendidik.
Bentuk Praktik Pengajaran di Dalam Kelas dan Contohnya
Lalu, apa saja bentuk praktik pengajaran yang dapat dilakukan oleh para guru atau pendidik di dalam kelas? Secara garis besar ada 3 bentuk praktik pengajaran di dalam kelas yang dapat dilakukan oleh para pengajar atau pendidik. Berikut ini penjelasan dan contohnya.
1. Mengadakan Kemandirian di Dalam Kelas
Ada beberapa macam bentuk praktik pengajaran yang bisa dilakukan pendidik di dalam kelas. Salah satunya adalah dengan menekankan aspek kemandirian belajar para siwa atau peserta didik. Dalam hal ini, para guru atau tenaga pendidik harus berhati-hati dalam menentukan seperti apa aspek kemandirian belajar yang sesuai bagi masing-masing siswa.
Para pendidik dapat melakukan beberapa contoh, dan salah satu contohnya adalah dengan meminta siswa untuk mencari informasi yang memang relevan. Dan contoh lain yang bisa dicoba adalah dengan memberikan fasilitas yang memang memadai sambil membangun rutinitas yang memang positif.
2. Membangun Komitmen Pada Tujuan
Bentuk praktik pengajaran yang berikutnya adalah adalah seorang guru harus mencoba untuk membangun komitmen pada tujuan pengajaran tersebut. Para pendidik dapat dengan mudah membangun komitmen ini dengan melakukan beberapa hal. Salah satunya dimulai dengan menanamkan rasa motivasi belajar dalam diri siswa.
Seperti contohnya dengan melibatkan, peserta didik atau siswa secara langsung dalam proses pengajaran tak kurang dari seorang audiens. Contoh lainnya juga bisa dilakukan dengan memberikan tantangan berupa tugas khusus yang harus diselesaikan siswa sesuai tenggang waktu yang telah ditentukan.
3. Menumbuhkan Kebiasaan dalam Refleksi
Selanjutnya, bentuk praktik pengajaran di dalam kelas oleh pendidik juga dapat dicoba dengan menekankan serta menumbuhkan adanya kebiasaan untuk melakukan refleksi. Guru atau para pendidik dapat mencoba untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk menyampaikan permohonan yang bervariasi terkait dengan materi.
Selain itu, para guru juga dapat melibatkan siswa dalam proses asesmen yang dilakukan rutin setiap semester. Tidak lupa juga untuk memberikan toleransi kepada para siswa yang memang keliru dalam memberikan jawaban atas soal.
Setelah mengetahui berbagai bentuk pengajaran di dalam kelas, maka selanjutnya adalah mengetahui tujuan pembelajaran praktik bagi siswa.
Tujuan Praktik Pembelajaran bagi Siswa
Selain bagi pendidik, bentuk praktik pengajaran juga bermanfaat bagi siswa. Namun, sebelum mengetahui tujuan praktik pembelajaran bagi siswa, akan lebih baik jika kita mengetahui secara detail apa yang dimaksud dengan praktik pembelajaran siswa atau peserta didik.
1. Apa itu Praktik Pembelajaran?
Pembelajaran praktik adalah suatu proses untuk
meningkatkan keterampilan siswa atau peserta didik dengan menggunakan berbagai metode yang sesuai dengan keterampilan yang diberikan dan peralatan yang digunakan. Atau dengan kata lain pembelajaran praktik merupakan suatu proses pendidikan yang berfungsi membimbing siswa atau peserta didik secara sistematis dan terarah untuk dapat melakukan suatu ketrampilan.
Praktik menjadi salah satu upaya untuk memberi kesempatan kepada peserta mendapatkan pengalaman langsung. Dengan menggunakan ide dasar belajar berdasarkan pengalaman mendorong peserta pelatihan untuk memberikan refleksi atau melihat kembali pengalaman-pengalaman yang mereka pernah alami.
Dan efektif tidaknya pembelajaran praktik ini tergantung pada bagaimana siswa atau peserta didik melakukan refleksi dengan mengaitkan antara pengetahuan dan pengalaman serta praktik, sehingga dapat memperbaiki pembelajaran lebih lanjut. Serta dapat meningkatkan kemampuan melakukan dan
pengetahuan menentukan pencapaian kompetensi profesional.
2. Tujuan Praktik Pembelajaran Siswa
Selain bentuk praktik pengajaran, dengan adanya praktik pembelajaran, diharapkan peserta didik mampu melihat, mengamati, memahami, membandingkan dan memecahkan suatu masalah saat kegiatan praktik dilaksanakan. Adapun tujuan praktik pembelajaran bagi siswa adalah sebagai berikut.
- Dapat menambah wawasan tentang informasi serta melatih pola pikir peserta didik untuk dapat menggali permasalahan. Yang selanjutnya akan dilakukan analisa dan dicari penyelesaiannya secara integral komprehensif.
- Dapat meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap kondisi nyata di lapangan.
- Mampu memberikan solusi terhadap masalah yang ada saat praktik.
- Dapat memperluas wawasan umum para siswa atau peserta didik tentang orientasi pengembangan teknologi di masa yang akan datang. Sehingga diharapkan dapat menyadari realitas yang ada antara teori yang diberikan di dalam kelas dengan tugas yang dihadapi di lapangan.
3. Fasilitas Praktik Pembelajaran
Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang fasilitas praktik pembelajaran yang terkait dengan bentuk praktik pengajaran adalah sebagai berikut.
- Fasilitas praktik yang tersedia harus sesuai dengan kegiatan pengajaran,
- Jika diperlukan, fasilitas praktik dapat dimodifikasi sendiri,
- Bagi pihak lain, memungkinkan untuk pengadaan fasilitas dengan kontruksi yang baru sesuai dengan kebutuhan di dalam programnya.
Demikian tadi jawaban dari pertanyaan mengenai berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali? Lengkap dengan penjelasan, contoh serta manfaatnya. Dapatkan lebih banyak berita dan informasi terkini seputar dunia pendidikan dan bisnis hanya di Kotaku.id.