Kotaku
Home Cpns dan PPPK Bagaimana Nasib Honorer Yang Tidak Lulus PPPK? Cek disini!

Bagaimana Nasib Honorer Yang Tidak Lulus PPPK? Cek disini!

Honorer Yang Tidak Lulus PPPK

Table of content:

[Hide] [Show]

Kotaku.id Bagaimana Nasib Honorer Yang Tidak Lulus PPPK? Cek disini! Kabar gembira menghampiri seluruh tenaga honorer dengan berita terbaru dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Mereka telah mengambil langkah progresif dengan mengimplementasikan kebijakan transisi yang berpengaruh besar, yakni mengubah status tenaga honorer menjadi tenaga Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

 

Bagaimana Nasib Honorer Yang Tidak Lulus PPPK?
Honorer

 

Namun, pertanyaan yang menghantui adalah, bagaimana nasib yang kurang mujur, yakni bagi yang tidak berhasil memenuhi kriteria untuk menjadi PPPK? Tentunya, ada persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa memenuhi ambisi mereka untuk bertransformasi menjadi PPPK. Salah satu persyaratan utama adalah melalui proses seleksi yang ketat. Hal ini membawa kita kepada dilema selanjutnya, yakni nasib bagi yang tidak berhasil melewati seleksi PPPK.

Bagi mereka yang ingin menjadi PPPK, tentu mereka harus menyesuaikan diri dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan sesuai dengan kebutuhan porsi jabatan di berbagai instansi pemerintahan. Oleh karena itu, untuk mengambil langkah ini diberikan kesempatan untuk mengikuti serangkaian ujian seleksi yang ketat dan kompetitif. Dengan begitu, mereka dapat memberikan yang terbaik dalam usaha mereka untuk mencapai impian menjadi bagian dari tenaga PPPK.

Bagaimana Nasib Honorer Yang Tidak Lulus PPPK?

Bagaimana kabar para honorer yang tidak lolos dalam seleksi PPPK? Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) telah memberikan penjelasan bahwa nasib selanjutnya bagi mereka adalah akan diatur oleh Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah masing-masing. Dalam situasi ini, ada kemungkinan terbesar bahwa jika instansi terkait masih membutuhkan untuk dipekerjakan atau dipertahankan.

Pegawai honorer yang tidak berhasil lolos seleksi PPPK dan tetap bekerja di instansi mereka akan menerima upah yang setimpal dengan Upah Minimum Regional (UMR) di daerah mereka. Keputusan ini diambil sebagai tindak lanjut dari rencana penghapusan tenaga honorer pada tahun 2023. Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara menjelaskan bahwa setelah dilakukan evaluasi, pemerintah pusat menyadari bahwa rekrutmen secara terus-menerus telah mengganggu kebutuhan formasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Rekrutmen yang dilakukan secara berkelanjutan telah menciptakan kebutuhan yang tidak terbatas hanya karena dianggap diperlukan. Namun, dalam kenyataannya, banyak kekacauan terjadi dalam struktur ASN ketika tenaga honorer mengundurkan diri pada saat akan diangkat sebagai ASN, dengan alasan gaji yang tidak sesuai dengan harapan mereka.

Kebijakan penghapusan tenaga honorer ini akan mulai berlaku pada tanggal 28 November 2023. Oleh karena itu, sejak tahun ini, setiap instansi diberi kesempatan untuk segera merencanakan penempatan tenaga honorer di berbagai jabatan.

Meskipun kebijakan ini ada nantinya, jangan merasa putus asa. Masih ada berbagai upaya yang dapat Anda lakukan secara mandiri. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuka usaha seperti warung makan, mendirikan toko online, atau bahkan melamar pekerjaan di sektor swasta. Penting untuk mulai mempersiapkan diri dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh masyarakat agar Anda dapat menjalankan bisnis pribadi dengan sukses.

Demikianlah informasi terkait dengan nasib para honorer yang tidak lolos dalam seleksi PPPK. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, dan kami harap Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk masa depan Anda yang lebih cerah. Jangan pernah berhenti belajar dan berkembang, karena dengan usaha dan keterampilan yang Anda miliki, Anda tetap memiliki peluang besar untuk meraih kesuksesan dalam berbagai bidang. Terima kasih telah membaca, dan semoga sukses selalu mengiringi langkah Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad