Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Apa Yang Dimaksud Platform Dalam Kurikulum Merdeka

Apa Yang Dimaksud Platform Dalam Kurikulum Merdeka

Apa Yang Dimaksud Platform Dalam Kurikulum Merdeka

apa yang dimaksud platform dalam kurikulum merdeka – Dalam era pendidikan yang terus berkembang, konsep Kurikulum Merdeka kini menjadi perbincangan hangat di kalangan para pendidik, siswa, dan masyarakat pada umumnya. Salah satu elemen penting dari Kurikulum Merdeka adalah penggunaan platform digital yang mendukung proses pembelajaran. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan “platform” dalam konteks Kurikulum Merdeka?

Pengertian Platform dalam Kurikulum Merdeka

Platform dalam Kurikulum Merdeka merujuk pada infrastruktur digital yang menyediakan berbagai layanan dan sumber daya pendidikan dalam rangka mendukung pembelajaran yang lebih interaktif, inklusif, dan mandiri. Dalam konteks ini, platform berperan sebagai sarana untuk memfasilitasi proses belajar-mengajar secara efektif antara guru dan siswa.

Fungsi Utama Platform Merdeka Belajar

  1. Memfasilitasi Pembelajaran Berbasis Teknologi: Salah satu fungsi utama platform Merdeka Belajar adalah menyediakan ruang digital di mana guru dapat membagikan materi pembelajaran, tugas, dan ujian secara online. Siswa juga dapat mengakses materi tersebut dari mana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan belajar mereka.
  2. Mendorong Keterlibatan Siswa: Platform Merdeka Belajar dirancang untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Melalui fitur-fitur interaktif seperti forum diskusi, kuis online, dan proyek kolaboratif, siswa dapat terlibat lebih dalam dalam pembelajaran dan berbagi pemahaman dengan teman-teman mereka.
  3. Memberikan Informasi dan Analisis: Platform ini juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan guru untuk melacak kemajuan belajar siswa secara individual dan secara keseluruhan. Dengan demikian, guru dapat memberikan umpan balik yang lebih personal dan mendukung perkembangan akademik siswa secara lebih efektif.

Fitur Platform Merdeka Belajar

Platform Merdeka Belajar menyediakan beragam fitur yang mendukung proses pembelajaran, antara lain:

  1. Materi Pembelajaran Interaktif: Guru dapat mengunggah materi pembelajaran dalam berbagai format seperti teks, gambar, audio, dan video untuk disesuaikan dengan gaya belajar siswa.
  2. Forum Diskusi: Fitur ini memungkinkan siswa untuk berdiskusi tentang topik pembelajaran, bertukar pendapat, dan saling membantu dalam memahami konsep-konsep yang sulit.
  3. Kuis dan Ujian Online: Guru dapat membuat kuis dan ujian online untuk mengukur pemahaman siswa secara formatif maupun sumatif.
  4. Ruang Tugas: Guru dapat memberikan tugas kepada siswa dan menerima pengumpulan tugas secara online, memudahkan proses penilaian dan umpan balik.
  5. Laporan Kemajuan: Fitur ini memungkinkan guru untuk melacak kemajuan belajar siswa dan memberikan umpan balik yang relevan dan bermanfaat.

Cara Masuk ke Platform Merdeka Belajar

Untuk mengakses Platform Merdeka Belajar, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi Situs Resmi: Buka browser web Anda dan kunjungi situs resmi Platform Merdeka Belajar yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Daftar atau Masuk: Jika Anda adalah guru atau siswa, Anda perlu mendaftar atau masuk menggunakan akun yang telah Anda miliki sebelumnya. Jika belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya dengan mengikuti petunjuk pendaftaran yang tersedia.
  3. Eksplorasi Fitur: Setelah berhasil masuk, Anda dapat mulai menjelajahi berbagai fitur dan layanan yang tersedia di platform tersebut sesuai dengan peran Anda sebagai guru atau siswa.

Nama Platform Merdeka Belajar yang Disediakan oleh Kemendikbud

Platform resmi yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan konsep Kurikulum Merdeka adalah “Merdeka Belajar”. Platform ini menjadi sarana utama bagi guru dan siswa untuk mengakses berbagai sumber daya pendidikan dan mendukung proses belajar-mengajar yang lebih inovatif dan terhubung dengan teknologi.

Dengan adanya platform seperti Merdeka Belajar, diharapkan proses pembelajaran dapat menjadi lebih fleksibel, beragam, dan inklusif bagi semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad