Kotaku
Beranda Pendidikan Apa itu SIAKAD? Berikut ini Tujuan dan 6 Manfaatnya!

Apa itu SIAKAD? Berikut ini Tujuan dan 6 Manfaatnya!

pexels photo 5211478

Kotaku.id – Apa itu SIAKAD, dan apa manfaat serta tujuannya? Bagi Anda yang belum tahu, SIAKAD merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Akademik. Sistem ini menjadi aplikasi wajib bagi perguruan tinggi saat ini. Dan sistem inilah yang digunakan perguruan tinggi atau akademik untuk merancang dan mengelola data data akademik. Dengan memanfaatkan teknologi komputer yang sudah ada.

Dan dengan menggunakan dua bentuk yang dimiliki teknologi komputer yakni software dan hardware inilah yang mendukung tercapainya pengelolaan informasi dan manajemen perguruan tinggi. Bahkan sering kali aplikasi ini membantu dalam hal pengambilan keputusan bagi top manajemen di perguruan tinggi. Sistem ini meliputi pengelolaan data secara menyeluruh dan diperuntukkan kepada seluruh mahasiswa, dosen maupun unsur unsur lainnya.

Apa itu SIAKAD Online?

SIAKAD Gambar screenshot SIAKAD

Sistem Informasi Akademik atau SIAKAD Online adalah suatu sistem informasi akademik yang berfungsi untuk memberikan kemudahan pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara Online. Kegiatan administrasi ini meliputi, proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan jadwal kuliah, dan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS).

Selain itu juga berfungsi untuk pengisian nilai, perwalian, pengelolaan data dosen dan mahasiswa secara Online. Bukan hanya itu saja, sistem ini juga berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus. Lalu, apa saja tujuan SIAKAD? Berikut ini penjelasannya.

1. Tujuan SIAKAD

SIAKAD tentunya memegang peranan penting dan memiliki tanggung jawab yang tinggi di dunia pendidikan. Salah satunya adalah membantu dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan agar fasilitas dan pelayanan informasi memadai, efektif dan lebih baik. Tujuan penggunaan sistem ini adalah untuk memudahkan penataan data dalam pengelolaan akademik serta mempercepat dan memudahkan penyampaian informasi.

Selain itu, sistem ini juga bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat pengelolaan informasi. Mulai dari registrasi mahasiswa baru, berbagai informasi penting, pengisian KRIS, jadwal kuliah hingga wisuda mahasiswa. Bukan hanya mahasiswa saja yang bisa memanfaatkan SIAKAD ini, para dosen dan seluruh civitas akademik juga bisa menggunakannya.

2. Fungsi dan Manfaatnya

Setelah mengetahui pengertian dan tujuannya, maka selanjutnya Anda juga perlu mengetahui berbagai manfaat SIAKAD. Untuk fungsi utamanya adalah sebagai pusat informasi yang bisa berfungsi untuk beberapa hal penting. Seperti sebagai sistem integrasi data, media komunitas pengguna, rekam kegiatan kampus, dan memudahkan proses pengelolaan data akademik dan non akademik.

SIAKAD ini tentunya sangat bermanfaat, bukan hanya untuk mahasiswa saja, namun bermanfaat juga untuk para dosen. Manfaatnya bagi mahasiswa adalah mahasiswa bisa lebih praktis mengisi KRIS, mudah juga setiap kali mahasiswa melakukan registrasi dan pembayaran. Adapun manfaat lainnya adalah mempermudah untuk mengetahui data IP per semester dan mudah melihat jadwal kuliah.

Dan secara garis besar, SIAKAD mempunyai 6 manfaat penting dalam proses administrasi di perguruan tinggi, antara lain berikut ini.

  1. Memudahkan proses input data.
  2. Integrasi data.
  3. Sebagai pusat informasi.
  4. Rekam jejak.
  5. Mengontrol update kampus.
  6. Memudahkan dalam pelaporan ke PDPT DIKTI.

3. Permasalahan Umumnya

SIAKAD Gambar screenshot Gambar screenshot

Meskipun canggih, namun bukan berarti SIAKAD ini tidak mempunyai masalah. Berikut ini adalah beberapa permasalahan umum yang kerap Anda temui di sistem ini.

  • Keterbatasan pengolahan data di perguruan tinggi, yang sangat mempengaruhi pengolahan data setiap kali terjadi arus mahasiswa masuk mendaftarkan diri.
  • Banyak pula yang merasa kesulitan ketika mengadakan proses seleksi dan mengharuskan memberikan pengumuman ke calon mahasiswa tersebut.
  • Permasalahan umum lainnya adalah ketika saat pengolahan data, seperti ketika mahasiswa menginput mata kuliah dan kelas atau jadwal dosen.
  • Masalah lainnya juga biasa terjadi ketika menginput biaya semester mahasiswa, transkrip nilai, absensi dosen dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan adanya berbagai masalah tersebut, tentunya dibutuhkan admin atau user yang memiliki penguasaan teknologi informasi yang baik. Pada dasarnya sistem informasi akademik tidak sekedar sistem yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan akademik saja. Yang sebatas pelayanan pendidikan yang bersifat komputerisasi saja. Namun, juga untuk memaksimalkan kualitas pelayanan, meningkatkan kerja dan meningkatkan kualitas daya saing.

Demikian tadi pengertian, fungsi dan manfaat serta permasalahan umum SIAKAD. Dengan adanya sistem ini, proses administrasi di perguruan tinggi akan lebih mudah, lebih baik dan juga lebih berkualitas.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan