Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru 9 Rekomendasi Kegiatan Ramadhan Kreatif di Sekolah

9 Rekomendasi Kegiatan Ramadhan Kreatif di Sekolah

Apa saja kegiatan Ramadhan kreatif yang dapat diterapkan di sekolah? Bulan Ramadhan menjadi momen penting bagi umat Muslim karena membuka pintu keberkahan. Di sekolah sendiri, Ramadhan dapat menjadi kesempatan yang baik untuk memperkuat keimanan serta mempromosikan nilai kebaikan.

Selain itu adanya kegiatan di bulan Ramadhan yang penuh dengan contoh kebaikan, akan menumbuhkan empati dan ikatan sosial siswa. Oleh karena itu, guru dapat merencanakan kegiatan Ramadhan yang penuh dengan edukasi dan mengajar siswa untuk tetap semangat menjalankan ibadah.

Terdapat berbagai contoh kegiatan Ramadhan yang kreatif dari kotaku.id dan menjadi inspirasi untuk diterapkan di sekolah baik pada jenjang Sekolah Dasar, SMP hingga SMA/SMK.

Ide Kegiatan Ramadhan Kreatif

Di sekolah guru dapat mengajarkan pentingnya ibadah dan keimanan yang kuat apalagi di bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan retail. Berikut ini adalah contoh kegiatan Ramadhan kreatif yang dapat dilakukan di sekolah.

1.Tadarus Bersama

Tadarus adalah kegiatan membaca atau mengkhatamkan Al Quran yang akan mendapatkan berkali-kali ,lipat pahala saat Ramadhan. Selama bulan Ramadhan guru dan siswa dapat melakukan kegiatan tadarus bersama. Kegiatan Ramadhan kreatif ini dapat dilakukan setiap hari Jumat atau beberapa menit sebelum melakukan pembelajaran. Dengan melakukan tadarus bersama, siswa akan lebih termotivasi dan merasa tidak berat daripada melakukan sendiri.

2. Pesantren Kilat

Kita mengenal istilah pesantren kilat biasanya dilakukan di pondok pesantren. Kegiatan ini dapat dilakukan di sekolah saat bulan Ramadhan untuk memperkuat keimanan. Kegiatan ini akan dapat menghidupkan nilai-nilai keagamaan serta nuansa Ramadhan. Guru dapat merencanakan kegiatan selama beberapa hari 3 atau 5 hari, yang disusun dengan berbagai acara dan jadwal seperti di pondok pesantren.

3. Kegiatan Amal

Selain mengajarkan siswa untuk berempati, dengan adanya kegiatan amal siswa akan belajar tanggung jawab sosial di masyarakat. Kegiatan dapat dilakukan dengan mengumpulkan bantuan berupa uang, makanan, buku atau pakaian. Kemudian siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok, dan ikut serta dalam penyaluran bantuan pada orang yang membutuhkan.dengan kegiatan ini siswa akan terjun langsung dan melakukan hal positif bersama.

4. Lomba Nuansa Ramadhan

Mengadakan perlombaan dapat menjadi kegiatan Ramadhan kreatif yang penuh makna. Karena dengan adanya lomba siswa dapat termotivasi untuk melakukan hal-hal baik, lomba dapat dilakukan dengan nuansa Ramadhan seperti lomba adzan, lomba tartil, lomba kaligrafi, lomba hafalan surat pendek, lomba menulis cerpen atau poster Ramadhan dan lain sebagainya. Pihak sekolah dapat menyusun acara sedemikian rupa sehingga siswa tertarik dan bersemangat mengikuti perlombaan.

5. Berbagai Takjil

Kegiatan ini mungkin sudah tidak asing, karena banyak dilakukan tidak hanya disekolah melainkan dapat dilakukan di perusahaan atau tempat kerja. Berbagai takjil gratis ini siswa akan dilibatkan dalam proses pembuatan hingga penyaluran takjil. Sehingga siswa akan mendapatkan pengalaman selama Ramadhan. Siswa Juga akan belajar arti dan indahnya berbagi dengan sesama. Siswa dapat dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuat takjil kemudian membagikan takjil di sekitar lingkungan sekolah.

7. I’tikaf

Melakukan I’tikaf merupakan kegiatan beribadah atau beragama  di dalam masjid dengan tujuan mendekatkan diri pada Allah SWT. I’tikaf dapat menjadi kegiatan Ramadhan kreatif yang dilakukan di sekolah secara bersama-sama. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan antara lain adalah berdzikir, bertasbih atau mengerjakan kegiatan ibadah lainnya. Guru dapat mendampingi siswa, supaya memastikan siswa tidak ada yang mengalami kesulitan.

8. Berbuka bersama

Buka bersama di sekolah dapat menumbuhkan kebersamaan di ,lingkungan sekolah. Kegiatan sederhana seperti buka puasa dapat menjadi kegiatan Ramadhan kreatif yang dibarengi dengan berbagai kegiatan lain. Misal setelah buka puasa bersama, dilanjutkan dengan kegiatan sholat bersama dan sholat tarawih bersama.

9. Bazar Ramadhan

Bazaar ramadhan menjadi kegiatan yang dapat dilakukan di sekolah. Siswa dapat diikutsertakan dalam kegiatan bazaar. Misal per kelas akan diberi tempat untuk berjualan. Siswa dapat menjual hal-hal yang bernuansa Ramadhan seperti makanan dan minuman atau benda seperti pernak pernik Ramadhan. Kegiatan bazar dapat dilakukan disekitar lingkungan sekolah.

Manfaat Kegiatan Ramadhan di Sekolah

Berbagai kegiatan Ramadhan yang telah disebutkan diatas dilakukan karena mempunyai manfaat dalam perkembangan siswa. Berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan kegiatan bernuansa Ramadhan.

  • Menguatkan nilai keagamaan, melalui kegiatan Ramadhan siswa dapat memperkuat pemahaman dan praktek terhadap nilai-nilai keagamaan.
  • Pembuktian karakter, bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk mengembangkan karakter siswa menjadi lebih baik. siswa dapat belajar pentingnya kebersamaan, bersabar dan belajar empati.
  • Meningkatkan kesadaran sosial, dengan kegiatan Ramadhan seperti mengadakan bakti sosial akan meningkatkan kesadaran sosial siswa. Misalnya siswa akan bekerja bagaimana suatu tidak akan berdampak pada lingkungan sekitar. Seperti menarik batu ada masyarakat setempat.
  • Mendorong kebersamaan dan solidaritas, kegiatan seperti buka bersama atau kegiatan lain yang dilakukan bersama selama Ramadhan, dapat menumbuhkan kebersamaan antar siswa. Hal tersebut akan membantu siswa untuk meningkatkan sikap solidaritas yang kuat antar sesama siswa.

Demikian adalah macam-macam contoh kegiatan Ramadhan kreatif yang dapat diterapkan di sekolah. Kegiatan Ramadhan tersebut seperti tadarus bersama, pesantren kilat, buka bersama, lomba bernuansa ramadhan, hingga melakukan bazar Ramadhan.

 

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad