Kotaku
Beranda Pendidikan Pembelajaran 9 Ice Breaking Seru Buat Suasana Kelas Lebih Menyenangkan

9 Ice Breaking Seru Buat Suasana Kelas Lebih Menyenangkan

image 170

Bagaimana cara agar pembelajaran dapat menyenangkan dan siswa tidak bosan? Salah sayang dapat dilakukan guru adalah memberikan ice breaking seru.

Penerapan ice breaking seru dapat membuat kelas menjadi menyenangkan dan mengembalikan fokus siswa. Selain itu kegiatan ini juga dapat menghilangkan rasa bosan dan mengantuk.

Siswa yang biasanya merasa tegang saat pembalasan akan lebih nyaman melakukan proses pembelajaran. Terdapat beberapa contoh ice breaking seru yang dapat Bapak.Ibu guru lakukan dalam pembelajaran.

Contoh Ice Breaking Seru

Sebelum mengenal berbagai jenis ice breaking seru yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, sudah tahukah Anda apa itu ice breaking?.

Ice breaking merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencairkan suasana, sehingga lebih nyaman dan santai.

Ice breaking adalah kegiatan yang efektif untuk memulai suasana yang akrab dan menyenangkan di antara siswa. Untuk siswa SD, SMP, dan SMA, berikut adalah 9 contoh ice breaking yang seru dan menarik:

1. Tepuk Siang, Pagi, Malam

Ice breaking seru dapat dilakukan tanpa alat dan persiapan yang banyak, salah satunya adalah dengan permainan tepuk tangan.

Permainan ini dilakukan cukup dengan membuat sebuah cerita atau narasi yang didalamnya ada kata pagi, siang dan malam.

Namun, setiap kata tersebut disebutkan ada instruksi yang harus dijalankan siswa. Seperti jika kata pagi disebutkan maka siswa harus bertepuk tangan sebanyak 1x, jika kata siang disebutkan maka siswa harus bertepuk tangan sebanyak 2x, dan jika malam sebutkan maka harus bertepuk tangan 3x.

Guru dapat melihat siapa siswa yang tidak fokus jika salah untuk bertepuk tangan. Jika siswa salah maka akan mendapatkan hukuman seperti bernyanyi atau menjawab pertanyaan.

2. Permainan Sambung Kata

Salah satu ice breaking lainnya yang dilakukan tanpa alat dan persiapan yang sulit adalah permainan sambung kata.

Caranya sangat mudah guru akan menyebabkan sebuah kata, lalu satu persatu siswa akan meneruskan kata tersebut dengan kata yang berkaitan.

Momen ini akan dapat memberikan suasana kelas yang menyenangkan dan seru, sehingga siswa lebih nyaman dan lebih dekat dengan teman sebaya.

3. Kata Kelling

Kata keliling dapat dilakukan diluar kelas, guru akan membentuk siswa menjadi beberapa kelompok. Kemudian memberikan satu kata yang berkaitan dengan topik tertentu.

Kemudian siswa akan berkeliling ruangan dan menemukan kata yang berkaitan dengan kata yang dipegang. Setiap kata akan melengkapi kata lainnya,

4. Gelombang Cerita

Cara melakukan ice breakings seru ini adalah guru memberikan perintah untuk siswa berdiri melingkar atau duduk melingkar. Kemudian guru akan membuka dengan cerita terdiri dari dua atau 3 kalimat.

Kemudian siswa harus meneruskan cerita tersebut menjadi cerita yang berkaitan terdiri dari beberapa kalimat 3 atau 4 kalimat. Setiap siswa akan mendapat giliran meneruskan cerita secara kreatif. Ice breaking ini sangat mudah dan dapat mendorong daya kreativitas siswa.

5. Tower Panjang

Permainan ini adalah ice breaking seru yang dapat menumbuhkan semangat siswa di dalam kelas. Caranya adalah guru memberikan instruksi untuk siswa membentuk kelompok terdiri dari 5 hingga 6 orang.

Kemudian siswa harus berlomba untuk membuat tower dari berbagai benda disekitarnya, siapa yang paling panjang memperbanyak tower adalah pemenang. Siswa dapat memanfaatkan berbagai benda seperti penggaris, kotak pensil bahan sapu atau buku.

6. Tebak Gambar

Permainan ini dapat dilakukan dengan membentuk kelompok antar siswa untuk mengembangkan keterampilan kerjasama. Caranya adalah sebagai berikut:

Pertama guru akan menunjukkan sebuah gambar kepada peserta pertama. Tugas peserta pertama kemudian adalah menggambarkan gambar tersebut dalam waktu singkat.

Hal yang menarik adalah peserta pertama harus melakukan kegiatan menggambar di belakang punggung peserta yang berada di depannya. Proses ini akan dilanjutkan hingga mencapai peserta terakhir yang memiliki tugas untuk menebak gambar yang dimaksud.

7. Mengeja Kata Terbalik

Permainan ice breaking seru selanjutnya adalah mengeja akta dengan cara terbalik, ice breaking ini adalah salah satu games sederhana yang mudah dimainkan.

Guru akan memberikan kata tertentu kepada siswa, kemudian meminta mereka untuk mengucapkannya secara terbalik.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk memastikan bahwa semua peserta tetap memberikan perhatian penuh pada kegiatan tersebut.

8.Rumus Benar Salah

Permainan ini dapat dilakukan pada jenjang SMP, atau SMA yang dapat melatih konsentrasi siswa. Permainan ini memiliki aturan yang berfokus pada rumus Benar-Salah.

Guru akan menjelaskan rumus tentang benar salah. Misal ketika guru mengatakan ‘Buka-Tutup’, maka siswa harus menjawab dengan ‘Buka-Buka’. Hal ini disebabkan oleh aturan permainan yang menggunakan rumus ‘Benar-Salah’.

Pemandu dapat mengganti rumus sesuai keinginannya, sehingga konsentrasi karyawan akan diuji dalam permainan ini.

9. Tepuk Perkalian

Permainan ini dapat dilakukan dalam setiap jenjang sekolah, caranya mudah hanya denganĀ  berhitung angka. Namun, setiap kelipatan angka terpilih harus diganti dengan tepuk tangan. Misal saat guru menerapkan setiap kelipatan 3 harus bertepuk tangan 2 kali.

Maka saat siswa berhitung 1, 2, tepuk tangan, 4, 5, tepuk tangan, dan seterusya.

Demikian adalah beberapa contoh ice breaking seru yang dapat diterapkan untuk pendidikan dan pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan