Kotaku
Home Pendidikan 8 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri dan Efektif

8 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri dan Efektif

Bagaimana tips belajar bahasa Inggris agar lancar dan efektif dilakukan sendiri? Bahasa inggris menjadi bahasa internasional yang dipakai diseluruh belahan dunia. Sehingga mempelajari nya adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan diri.

Lancar berbahasa Inggris akan ,memberi banyak manfaat apalagi bagi pelamar kerja, karena biasanya salah atau syarat dari perusahaan besar adalah menguasai bahasa Inggris baik tulis maupun lisan. Menariknya, banyak orang yang merasa bahwa untuk dapat menggunakan bahasa Inggris dengan lancar adalah hal yang sulit.

Oleh karena itu, kotaku.id menyajikan tips belajar Bahasa Inggris yang dapat dilakukan secara mandiri berikut.

Tips Belajar Bahasa Inggris

Pada pelajaran bahasa Inggris biasanya kamu akan belajar tentang tata bahasa atau grammar yang benar. Namun kadang hanya belajar grammar saja tidak menjamin dapat berbahasa Inggris dengan lancar. Oleh karena itu coba bera tips jitu untuk belajar lancar bahasa inggris ini.

Menentukan Tujuan

Supaya memiliki motivasi yang kuat dalam belajar bahasa Inggris, maka kamu harus menentukan tujuan yang ingin dicapai. Misal ingin lancar berbahasa Inggris karena mengejar beasiswa, atau supaya dapat menjadi penerjemah. Tentukan tujuan yang realistik agar kamu dapat lebih konsisten dan semangat dalam belajar. Tujuan sangat penting dalam belajar, karena dengan hal tersebut akan menjadi dorongan kuat untuk selalu konsisten hingga tercapainya tujuan tersebut.

Belajar Banyak Kosakata

Kosakata memang sangat penting dalam bahasa Inggris, karena tanpa mengetahui arti dari sebuah kata kita akan kesulitan untuk memahami perbincangan atau tulisan yang ada. Dengan menguasai kosakata yang banyak akan memudahkan dalam memahami kalimat dalam bahasa Inggris. Nah, cara untuk dapat memperbanyak kosakata kamu dapat melakukan dengan beberapa cara.

Misal dengan mencatat kosakata baru yang kamu temukan lalu menempelkan-nya pada meja belajar. Atau kamu dapat menginstal kamus bahasa Inggris online sehingga dapat dibaca setiap saat. Kamu juga dapat mencari kosakata yang dekat denganmu, misal kamu menemukan benda atau ungkapan yang kamu tidak tahu bahasa Inggris nya dapat dicari di kamus kemudian mencatat nya dalam buku catatan.

Lagu adalah sarana paling mudah untuk belajar Bahasa Inggris, karena dengan musik akan lebih cepat di transfer dna diingat oleh otak. Kamu dapat memilih lagu favorit yang menggunakan bahasa Inggris, kemudian dengarkan beberapa kali sambil membaca liriknya. Kemudian matikan lirik dan hanya dengar saja lagunya. Kalau, pelan-pelan kamu dapat memutar lagu dan menuliskan lirik pada sebuah kertas. Setelah semua tertulis, kamu dapat mengecek dengan menampilkan liriknya dan mencocokkan apakah ada kesalahan dalam penulisan yang kamu buat.

Membaca Buku atau Artikel

Buku dan artikel yang menggunakan bahasa Inggris dapat dijadikan latihan untuk belajar yang efektif. Untuk pemula kamu dapat membaca buku anak-anak yang lebih sederhana kosakatanya. Lalu coba pahami apa isi yang arti dari buku tersebut. Setelah itu kudapat beranjak ke buku bahasa Inggris lain seperti novel atau artikel-artikel. Lalu coba pahami, jika ada kosakata kata yang tidak diketahui maka cari kata tersebut di kamus, dan tulis kosakata tadi di buku catatan agar dapat dibaca kembali. Pahami atau buku hingga selesai dan coba buat ringkasan dalam bahasa Inggris.

Nonton Film tanpa Subtitle

Film dapat menjadi latihan belajar bahasa Inggris dengan mudah dan dapat dilakukan secara mandiri. Cara ini mungkin sudah tidak asing lagi, karena memang banyak digunakan untuk dapat berbagai Inggris dengan lancar. Coba Nontonlah film favorit berbahasa Inggris dan pahami setiap percakapan yang ada. Jika menemukan kata tang suit kamu dapat membuka subtitle lalu menuliskan kembali kata-kata yang dianggap sulit. Lakukan cara ini untuk beberapa kali dalam seminggu, maka kemampuan bahasa inggri yang kamu miliki akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Latihan Bicara

Penguasaan bahasa Inggris yang baik tidak hanya dari konteks mendengarkan dan menulis saja, tetapi juga bagaimana kamu dapat berbicara dengan lancar. Banyak orang yang merasa tidak percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Padahal latihan iacra sangatlah penting untuk dapat menguasai Bahasa Inggris dengan baik. kamu dapat berlatih bicara bahasa Inggris di depan cermin atau berlatih bersama dengan teman. Berlatih bicara bahasa Inggris juga dilakukan dengan mengikuti forum atau grup belajar bahasa Inggris sehingga kamu akan merasa percaya diri bicara dengan orang lain.

Terapkan Bahasa Inggris di Ponsel/Laptop

Cara sederhana supaya terbiasa dengan kalimat dina kata bahasa Inggris adalah membuat setting ponsel atau gadget lainnya menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu kamu akan lebih terasa membaca dan menemukan kata bahasa Inggris. Jika ada kata yang tidak dimengerti dapat dicari artinya dalam kamus.

Konsisten

Kunci utama agar semua tips dapat efektif adalah dengan belajar dan melakukan secara konsisten. Jangan hanya beberapa minggu atau bulan saja. Karena pasti tidak akan berhasil, tetapi kan niat dan motivasi yang kuat. Supaya, konsistensi terjaga. Konsisten dalam belajar dapat dilakukan dengan membuat jadwal belajar bahasa Inggris, supaya dapat lebih disiplin dalam belajar.

Demikian lah tips belajar bahasa Inggris yang efektif dilakukan sendiri. 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad