Kotaku
Home Pendidikan 8 Tips Agar Presentasimu Memukau Dihadapan Audiens

8 Tips Agar Presentasimu Memukau Dihadapan Audiens

sumber : freepik.com

8 Tips Agar Presentasimu Memukau Dihadapan Audiens – Memaparkan suatu hal baik berupa ide, gagasan, materi bukanlah suatu perkara yang mudah. Cara presentasi mempengaruhi bagaimana pemahaman audiens terkait informasi yang diinginkan.

Bayangkan kamu sebagai orang yang melakukan presentasi di hadapan banyak audiens. Namun, kamu bersikap gugup saat menerangkan suatu materi karena alasan belum terbiasa. Dari sini, tentu saja terjadi komunikasi yang kurang baik dari pembawa materi yaitu pihak presentator. Sayang banget kalau sudah meluangkan waktu untuk hadir tapi terjadi miss komunikasi.

Rasa gugup, grogi, malu menjadi hal yang wajar dikala kamu jarang ataupun tidak pernah melakukannya. Ketika bekerja di sebuah perusahaan atau perkantoran juga tidak menutup kemungkinan akan dihadapkan dengan namanya presentasi. Maka dari itu, kamu harus menampilkan persentasi kepada audiens dengan baik, salah satunya tidak gugup.

Kira-kira, gimana caranya agar persentasimu efektif? Disini, kami akan memandumu melalui tips sebagai berikut:

Percaya diri

Rasa pede akan membangun gairah semangat dalam menyampaikan suatu informasi. Perlu diingat, aura positif dibutuhkan saat presentasi. Tanpa perasaan yang ceria, presentasi akan terkesan membosankan dan tidak menarik dimata audiens.

Berlatih untuk bersikap tenang, bahkan sebelum presentasi dilakukan. Caranya yaitu pembawa presentasi harus menikmati presentasi yang akan dibawakan. Percaya diri merupakan langkah awal presentasi dalam membuat audiens terpana.

Buat dirimu rileks

Kata rileks disini jangan samakan dengan rileks saat istirahat. Sikap rileks saat presentasi berguna untuk tidak membuat suasanamu panas di ruang presentasi. Selain itu, rileks membantu mengingat poin-poin materi yang ingin dibawakan. Intinya, rileks memengaruhimu untuk menyampaikan presentasi menjadi lebih baik.

Kadangkala, presentator merasa gugup di awal presentasi. Maka dari itu, cobalah tarik nafas panjang beberapa kali untuk mengurangi rasa gugup dan biasakan diri.

baca juga : 18 Rumus Excel yang sering dipakai, admin wajib tahu!

Latihan di depan cermin

Teknik latihan di depan cermin dapat kamu terapkan, salah satunya sebagai latihan presentasi. Lalu, apakah efektif latihan di depan cermin untuk menghilangkan rasa gugup? Mengapa tidak, dari latihan di depan cermin kamu akan melihat bagaimana dirimu saat berbicara.

Dari latihan ini, ada beberapa banyak hal akan kamu sadari dan dapat ditingkatkan. Latihan ini cocok dilakukan lantaran tidak ada teman yang dapat membantu.

Pergunakan bahasa tubuh

Penting bagi kamu untuk mempelajari bahasa tubuh, apalagi sebagai seorang presentator. Bahasa tubuh merupakan gerakan yang digunakan melalui gerakan anggota tubuh sebagai sara komunikasi. Oleh karena itu, bahasa tubuh termasuk bahasa nonverbal.

Bagi kamu seorang presentator yang ingin mempelajari bahasa tubuh, cobalah untuk mengamati dan mempelajari dari presentasi orang lain. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan latihan di depan cermin untuk mempraktekkan hasil belajarmu. Biasanya bahasa tubuh terlihat dari ekspresi wajah, gerakan tangan, gerakan mata saat presentasi.

Menggunakan jeda secara efektif

Menggunakan jeda tidak hanya dilakukan saat membaca puisi saja, jeda juga digunakan saat melakukan presentasi. Jeda bukan semata diam, namun dilakukan untuk memberikan penyaluran informasi yang lebih baik kepada audiens.

Di dalam materi presentasi, ada presentator harus menekankan hal yang bersifat penting. Disini, penggunaan jeda efektif karena dapat meng – highlight kata atau kalimat penting. Penggunaan jeda dapat mencapkan suatu informasi dengan tajam kepada audiens.

Libatkan audiens

Melibatkan audiens tentunya sangat penting dilakukan agar presentasimu terlihat memukau. Semakin banyak audiens yang terlibat, maka penyaluran informasi akan penjadi semakin asik. Lalu gima caranya melibatkan audiens saat presentasi.

Tentunya, kamu harus paham betul terkait materi yang dibawakan. Jangan sampai audiens lebih mengetahui materi dibandingkan presentator.

Kaamu bisa saja memberikan cara unik dalam melibatkan audiens entah dalam sebuah pertanyaan. Pertanyaan membuat audiens berpikir akan jabawan yang dimaksud presentator. Lalu kembangkan interaksi sehingga audiens menjadi semakin antusias mendengarkan materi.

Kembangkan poin slide presentasi

Slide penting dibawakan saat presentasi. Disamping sebagai penyaluran informasi lewat visual, nyatanya slide yang menarik meningkatkan antusias audiens dalam menyimak materi.

Saat presentasi, jangan terus menoton ke slide apalagi kamu hanya membaca apa yang tersaji pada silde presentasi. Langkah yang harus dilakukan yaitu mengembangkan poin-poin pada slide presentasi. Kamu dapat menceritakan suatu kejadian, pengalaman, fakta menarik dalam mengembangkan poin-poin pada slide.

Bangun ketertarikan pada audiens

Tentunya, audiens merupakan objek penyaluran informasi saat presentasi. Tujuan umum dilakukannya suatu presentasi yaitu agar suatu informasi diketahui oleh audiens.

Tidak berbeda juga dengan presentasi perkantoran. Memang terdapat agenda rapat seperti rencana kerja, inovasi, namun tujuan pastinya yaitu menyampaikan informasi tersebut kepada audiens.

Supaya tidak panjang lebar menjelaskan suatu perihal namun pada akhirnya miss informasi, lebih baik yakinkan audiens dengan membangun ketertarikan. Pahami, apakah audiens menyukai presentasi yang asik atau suasana yang lainnya.

Nah, itu beberapa tips dari kami supaya presentasi yang kamu bawakan berikutnya memukau di hadapan audiens.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad