Kotaku
Beranda Pendidikan 50 Soal Bahasa Indonesia Kelas X SMA dan MA Kurikulum Merdeka Dengan Kunci Jawabannya

50 Soal Bahasa Indonesia Kelas X SMA dan MA Kurikulum Merdeka Dengan Kunci Jawabannya

KOTAKU.ID – Apakah anda salah satu orang yang kesulitan menguasai materi pelajaran bahasa Indonesia? Jika iya, salah satu cara agar bisa menguasai bahasa Indonesia adalah senantiasa berlatih contoh-contoh soal yang ada. Berikut ini merupakan 50 Soal Bahasa Indonesia Kelas X SMA dan MA Kurikulum Merdeka Dengan Kunci Jawabannya yang bisa digunakan untuk belajar dirumah.

50 Soal Bahasa Indonesia Kelas X SMA dan MA Kurikulum Merdeka Dengan Kunci Jawabannya

1. Alunan nada yang membentuk harmonisasi lagu menggema di halaman kampus Universitas Padjadjaran Jalan. Dipati Ukur Bandung, Senin (27/8) siang. Lebih dari sepuluh ribu pasang tangan memainkan alat musik tradisional angklung dan memanjakan ribuan pasang telinga yang mendengarnya. Ribuan mahasiswa baru dan “civitas academica” Unpad memainkan alat musik tradisional angklung. Mereka begitu kompak. Permainan mereka begitu memukau para penonton.
Acara yang merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-50 Unpad itu membuat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik itu ikut terpukau.
Paragraf tersebut merupakan contoh laporan hasil observasi karena ….
A. tidak berdasarkan imajinasi atau khayalan penulisnya.
B. menggambarkan suatu kejadian yang sangat berkesan.
C. mengungkapkan pendapat penulisnya untuk suatu benda.
D. menceritakan suatu kegiatan yang terjadi di lingkungannya.
E. mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan
KUNCI JAWABAN: E

2. Upacara adat tradisional Grebeg yang diadakan setahun sekali, yakni pada Lebaran atau Lebaran hari kedua, berlangsung sekitar 40 menit, sejak pukul 09.50 WIB hingga pukul 10.30 WIB.
Berbagai uborampe (barang) dan udik-udik (sesaji), berupa jenis sayuran, buah-buahan dan makanan tradisional yang ditata dan disusun seperti bentuk gunung, dikirab oleh para prajurit abdi dalem Keraton Yogyakarta dengan rute dari dalam keraton (Pagelaran).
Paragraf tersebut menjelaskan hal-hal berikut, kecuali ….
A. macam-macam kegiatan
B. nama kegiatan
C. manfaat kegiatan
D. pelaku kegiatan
E. proses pelaksanaan kegiatan
KUNCI JAWABAN: C

3. Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, deretan siswi-siswi imut.
Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreografi menggunakan benderanya masing masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam “selimut” berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung
Dalam struktur teks laporan observasi paragraf tersebut tergolong ke bagian ….
A. tesis
B. abstrak
C. definisi umum
D. deskripsi manfaat
E. deskripsi per bagian
KUNCI JAWABAN: E

4. Setiap malam berpuluh ribu tikus menyerbu desa-desa di Kecamatan Pracimantoro. Segala macam tanaman, sampai kepada pohon petai cina yang sudah tua, habis digerogoti tikus. Binatang piaraan seperti ayam, kambing, dan sapi, tidak luput dari serangan tikus yang ganas itu. Apalagi
bahan makanan. Memang itu yang dicari. Habis tandas ditelan tikus. Bahkan, penduduk beberapa desa terpaksa diungsikan karena ketakutan. Sampai sekarang masih ada orang yang tidak mau pulang ke kampung halamannya.
Paragraf tersebut melaporkan ….
A. ketakutan penduduk desa
B. keganasan ribuan tikus
C. keadaan suatu perkampungan
D. kondisi tanaman di suatu tempat
E. kehidupan penduduk pedesaan
KUNCI JAWABAN: B

5. Cermati paragraf berikut!
(1)Tempat hidup, laut mempunyai kelebihan dibandingkan darat. (2) Kelebihan-kelebihan laut, antara lain, suhu jarang berubah-ubah. (3) Dukungan yang lebih banyak untuk melawan gravitasi bumi, air yang cukup tersedia. (3) Dengan air yang cukup tersebut, makhluk hidup di laut dapat menyerap air langsung masuk sistem tubuh. (4) Makhluk hidup di laut dapat memperoleh oksigen dan karbon.
Gagasan utama paragraf di atas dinyatakan dalam kalimat ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
KUNCI JAWABAN: A

6. Bencana tanah longsor, banjir bandang, dan limpahan air sungai yang kerap terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran sungai (DAS). Kawasan hulu hingga hilir perlu direhabilitasi pemerintah untuk mengatasi bencana hidrologi ini. Pertumbuhan penduduk yang bermukim di daerah aliran sungai telah melemahkan daya dukung lingkungan kawasan tersebut. Keberadaan manusia di kawasan hulu hingga hilir DAS mendorong konversi hutan menjadi areal perkebunan dan pemukiman. Berkurangnya areal vegetasi akan mengurangi daya serap air. Perubahan lahan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan berupa erosi dan longsor. Data Kementerian Pertanian dan Kementerian pekerjaan Umum menunjukkan bahwa dari 458 DAS di Indonesia 282 dalam kondisi kritis, 176 DAS juga berpotensi kritis.Kekritisan kawasan dilihat dari cakupan vegetasi dan tingkat erosi.
Teks tersebut dapat diklasifikasikan teks eksposisi karena….
A. mengandung sebuah rekomendasi kepada pemerintah
B. mengungkapkan bencana banjir yang kerap terjadi
C. berisi pendapat penulis diikuti argumentasi
D. menjelaskan permasalahan banjir dan sebab-sebabnya
E. menjelaskan sebuah permasalahan
KUNCI JAWABAN: C

7. Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memperhatikan potensi bencana. Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami sebagai dampak pembangunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.
Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. Hal ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai. Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.
Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.
Argumen mendukung pendapat yang disampaikan penulis bahwa masalah lingkungan merupakan masalah yang serius terdapat pada kalimat ….
A. Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memperhatikan potensi bencana.
B. Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.
C. Setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.
D. Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami sebagai dampak pembangunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.
E. Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi.
KUNCI JAWABAN: D

8. Anak yang terlalu sering menggunakan gawai akan menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Kemampuan dalam memahami perasaan orang lain juga berkurang karena seharusnya anak lebih banyak pembelajaran secara konkret.
Kutipan di atas pada struktur teks eksposisi merupakan bagian….
A. orientasi
B. tesis
C. argumentasi
D. abstrak
E. penegasan ulang
KUNCI JAWABAN: B

9. Kita cermati berbagai sisi dan . . . lain dari pengalaman baru itu. Di antaranya agar masyarakat dan pemerintah, termasuk pemimpin masyarakat, menangkap dan memahami perubahan dan pengaruh kehadiran . . . informasi. Pemerintah dan masyarakat tak bisa bersikap lain, kecuali menangkap perubahan serta pengaruh yang hadir serta berperannya aneka macam teknologi dan . . . baru itu.
Penulisan kata teknis yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf di atas
adalah . . . .
A. dimensi, tekhnologi, komunikasi
B. dimensi, tehnologi, komunikasi
C. dimension, teknologi, komunikasi
D. dimensi, teknologi, komunikasi
E. dimensi, teknologi, komunikation
KUNCI JAWABAN: D

10. Menurut beberapa penelitian, kesantunan juga melekat dengan kepribadian suatu bangsa ataupun kelompok masyarakat.
Kata yang bercetak miring pada kalimat di atas bermakna….
A. rujukan
B. sebab-akibat
C. persuasif
D. imperatif
E. kausalitas
KUNCI JAWABAN: A

11. Cermati teks berikut!
Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “Biopori itu bisa dijadikan sebagai
salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya.
“Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto.
Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi”.
Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak
bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat
sering banjir”.
Mendengar itu semua anak dan bu guru tertawa.
Kalimat yang menunjukkan krisis adalah….
A. Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas.
B. “Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya.
C. Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah
D. ”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, “
E. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
KUNCI JAWABAN: C

12. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Bu guru pun tersenyum
(2) Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya Bu
guru di depan kelas.
(3) Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek
(4) Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang
(5) Hukum kantong kresek Bu, kata anak itu.
(6) Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.
Susunlah anekdot berikut ini sesuai dengan strukturnya….
A. (1) – (2) – (3) – (4) – (5) – (6)
B. (1) – (2) – (4) – (5) – (3) – (6)
C. (2) – (4) – (5) – (3) – (6) – (1)
D. (2) – (4) – (5) – (6) – (3) – (1)
E. (3) – (2) – (1) – (4) – (5) – (6)
KUNCI JAWABAN: C

13. Karya sastra lama yang berbentuk prosa yang mengisahkan kehidupan seputar kerajaan disebut….
A. Dongeng
B. Cerita
C. Fabel
D. Fiksi
E. Hikayat
KUNCI JAWABAN: E

14. Bahasa yang digunakan dalam teks hikayat adalah….
A. Bahasa Banjarmasin
B. Bahasa Jawa
C. Bahasa Sulawesi
D. Bahasa Melayu
E. Bahasa Campuran
KUNCI JAWABAN: D

15. Alkisah, ini hikayat orang dahulu kala. Diceritakan orang yang empunya cerita ini kisah pelanduk jenaka pri bijaksana pandai ia berbuat dusta segala binatang di dalam hutan rimba belantara. Demikianlah bunyinya, sekali peristiwa ada seekor pelanduk, maka ia duduk kepada suatu rimba hampir dengan Gunung Indrakila namanya disebut orang dan padang itupun … luasnya. Maka, banyaklah pada tempat itu segala binatang margasatwa sekaliannya berhimpun di sana.
Judul yang sesuai untuk penggalan hikayat di atas adalah ….
A. Hikayat Pelanduk Jenaka
B. Hikayat Gunung Indrakila
C. Hikayat Si Pendusta
D. Hikayat Orang Dahulu Kata
E. Hikayat Seekor Binatang
KUNCI JAWABAN: A

16. Maka kata Indera Bangsawan, “Hamba ini tiada bernama dan tiada tahu akan bapak Hamba, karena diam dalam hutan rimba belantara. Adapun sebabnya hamba kemari ini karena hamba mendengar khabar anak raja sembilan orang hendak datang membunuh buraksa dan merebut tuan hamba dari padanya itu, itulah maka hamba datang kemari hendak melihat tamasya anak raja itu. Mengasihani hamba dan pada bicara akal hamba akan anak raja-raja yang sembilan itu tiadalah dapat membunuh buraksa itu. Jika lain daripada Indera Bangsawan tiada dapat membunuh akan buraksa itu.
Amanat yang tersirat dalam kutipan sastra klasik tersebut adalah….
A. Basmalah jika melihat kejahatan
B. Jangan menyombongkan diri
C. Tunjukkanlah jika memiliki suatu kemampuan
D. Hendaklah menolong orang yang dalam kesulitan
E. Bersyukurlah jika mendapat pertolongan
KUNCI JAWABAN: D

17. Perhatikan tujuan teks negosiasi berikut!
Menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan
Mencari pembahasan pro atau kontra dari suatu permasalahan
Memprioritaskan penyelesaian
Menemukan jalan baik dari dua pendapat
Memecahkan sebuah masalah melalui sebuah forum untuk menentukan kesepakatan bersama
Tujuan teks negosiasi yang tepat terdapat pada nomor ….
A. 1 dan 4
B. 1 dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 1, 2, dan 4
E. 1, 3 dan 5
KUNCI JAWABAN: B

18. Urutan struktur teks negosiasi yang tepat adalah ….
A. orientasi – pengajuan – penawaran – persetujuan
B. pengajuan – orientasi – pembahasan – simpulan
C. orientasi – penawaran – pengajuan – persetujuan
D. orientasi – pendahuluan – pembahasan – persetujuan
E. orientasi – pengajuan – persetujuan – simpulan
KUNCI JAWABAN: A

19. Salah satu ciri kebahasaan teks negosiasi adalah adanya kalimat bersyarat. Kalimat tersebut biasanya ditandai dengan konjungsi ….
A. karena
B. bahwa
C. jika
D. sehingga
E. dengan demikian
KUNCI JAWABAN: C

20. Perhatikan ilustrasi berikut!
Sudah satu jam Rinjani tidak keluar kamar. Ia sedang mengulang pelajaran yang telah diberikan oleh gurunya di sekolah melalui catatan yang telah ia tulis di buku. Rinjani mencoba untuk memahami bentuk-bentuk teks negosiasi. Tiba-tiba mata Rinjani tertuju pada buku catatannya. Ternyata, terdapat kalimat yang belum selesai, yakni contoh dari bentuk negosiasi lisan. Rinjani mencoba memahami makna negosiasi lisan agar ia menemukan jawaban dari contoh negosiasi lisan.
Contoh negosiasi lisan yang seharusnya ditulis oleh Rinjani adalah ….
A. pengajuan, permintaan, dan penawaran
B. cerpen dan dialog
C. dialog dan narasi
D. dialog dan drama
E. penawaran dan permintaan
KUNCI JAWABAN: D

21. Tujuan dilakukannya negosiasi adalah untuk mencapai….
A. Memberikan informasi
B. Kesenangan semata
C. Keuntungan tersendiri
D. Kepentingan orang lain
E. Kesepakatan bersama
KUNCI JAWABAN: E

22. 1.) orientasi 3.)penawaran 5.) pemenuhan 7.) permintaan
2.) persetujuan 4.) penutup 6.) pembelian
Susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah…
A. 1-7-3-5-2-6-4
B. 1-7-5-3-2-6-4
C. 1-7-5-3-2-4-6
D. 2-7-5-3-1-6-4
E. 1-7-5-3-2-6-4
KUNCI JAWABAN: E

23. Negosiasi memprioritaskan kepentingan ….
A. Bersama
B. Keluarga
C. Teman
D. Kelompok
E. Sahabat
KUNCI JAWABAN: A

24. Proses tawar-menawar antara dua pihak atau lebih, disebut ….
A. Debat
B. Tanya jawab
C. Ngobrol
D. Negosiasi
E. Diskusi
KUNCI JAWABAN: D

25, Dalam bernegosiasi harus dengan bahasa yang ….
A. tidak sopan
B.kasar
C.kejam
D.marah
E. santun
KUNCI JAWABAN: E

26. Perhatikan tata cara debat berikut
(1) Menyatakan argumen-argumen yang logis
(2) Menyatakan argumen dengan bahasa yang santun
(3) Mengumpulkan informasi berupa fakta yang mendukung argumen
(4) Menyatakan sanggahan dengan bahasa yang sopan
(5) Tidak menggunakan pernyataan negatif mengenai pribadi pihak lain
Urutan tata cara debat yang baik yaitu…
A. 3-2-1-4-5
B. 1-2-3-4-5
C. 3-2-4-1-5
D. 4-2-1-3-5
E. 3-1-4-2-5
KUNCI JAWABAN: A

27. Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain….
A. membela kita
B. memberikan yang terbaik
C. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
D. membuat audiens terpukau karena kita mampu menjatuhkan lawan debat
E. membuat lawan debat mengamuk.
KUNCI JAWABAN: C

28. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode….
A. langka
B. menjatuhkan lawan
C. mengkritik lawan
D. terpatahkan
E. logika
KUNCI JAWABAN: E

29. Salah satu manfaat membuat kerangka debat adalah….
A. memudahkan menjatuhkan lawan debat
B. menilai kerja lawan
C. membuat argumen-argumen yang tepat
D. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
E. memilih cara damai
KUNCI JAWABAN: D

30. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus….
A. rapi dan bijaksana
B. terstruktur dengan baik
C. terorganisir dan dipresentasikan
D. adanya tanya jawab dengan narasumber
E. dapat mengajukan gagasan atau sanggahan yang sesuai dengan topik
KUNCI JAWABAN: B

31. Perlu disadari bahwa adanya perbedaan pendapat lumrah dalam suatu debat. Kedua belah pihak harus menyadari tujuan mengikuti debat, yaitu….
A. mengikuti ajang bergengsi dari setiap sekolah.
B. mematikan lawan debat dengan sempurna.
C. menilai jalannya kegiatan debat.
D. menyimpulkan hasil debat.
E. menyampaikan pendapat masing-masing.
KUNCI JAWABAN: E

32. Dalam kegiatan debat sangat diperlukan seorang yang bisa bertindak atau menangani acara debat tersebut. Orang yang dimaksud adalah….
A. moderator
B. dewan juri
C. peserta
D. lawan debat
E. narasumber
KUNCI JAWABAN: A

33. Bacalah dengan saksama!
Ahmad Tohari lahir tanggal 13 Juni 1948 di Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah dari keluarga santri. Ayahnya seorang kyai dan ibunya seorang pedagang kain. Kehidupan keluarganya tidak kekurangan dari segi ekonomi. Ahmad Tohari menikah pada tahun 1970. Dari pernikahannya itu beliau dikaruniai lima orang anak. Ahmad Tohari sangat menyayangi keluarganya. Tahun 1981, ketika bekerja di Jakarta Ahmad Tohari mengundurkan diri dari jabatan redaktur harian Merdeka. Hal itu terjadi karena beliau ingin berkumpul dengan keluarganya di desa.
Keteladanan Ahmad Tohari yang terdapat dalam kutipan biografi tersebut adalah . . . .
A. Ia memiliki istri yang bekerja sebagai guru.
B. Ahmad Tohari sangat menyayangi keluarganya.
C. Ahmad Tohari mengundurkan diri dari jabatan redaktur.
D. Ahmad Tohari tidak senang tinggal di Jakarta.
E. Ahmad Tohari lahir dari keluarga santri.
KUNCI JAWABAN: B

34. Ahmad Tohari lahir tanggal 13 Juni 1948 di Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah dari keluarga santri. Ayahnya seorang kyai dan ibunya seorang pedagang kain. Kehidupan keluarganya tidak kekurangan dari segi ekonomi. Ahmad Tohari menikah pada tahun 1970. Dari pernikahannya itu beliau dikaruniai lima orang anak. Ahmad Tohari sangat menyayangi keluarganya. Tahun 1981, ketika bekerja di Jakarta Ahmad Tohari mengundurkan diri dari jabatan redaktur harian Merdeka. Hal itu terjadi karena beliau ingin berkumpul dengan keluarganya di desa.
Bukti yang menunjukkan bahwa Ahmad Tohari menyayangi keluarganya adalah ….
A. Beliau memiliki lima orang anak.
B. Beliau mengundurkan diri dari jabatan redaktur harian Merdeka.
C. Beliau bekerja di Jakarta pada tahun 1981.
D. Kehidupan keluarganya tidak kekurangan dari segi ekonomi.
E. Ayahnya seorang kyai dan ibunya seorang pedagang kain.
KUNCI JAWABAN: B

35. Cermati paragraf berikut ini!
Ramadhan, anak ketujuh dari sepuluh bersaudara dari pasangan Raden Edjeh
Kartahadimadja dan Sadiah. Sejak kecil sudah akrab dengan dunia sastra dan tulis menulis. Dia sudah mulai produktif menulis sejak masih SMA. Hingga akhir hayatnya, sastrawan angkatan 66 itu telah menulis lebih dari tiga puluh judul buku.
Berikut ini kata tanya yang tepat sesuai kutipan biografi tokoh di atas adalah . . . .
A. Apa, siapa
B. Apa, bagaimana
C. Siapa, kapan
D. Siapa, bagaimana
E. Kapan, siapa
KUNCI JAWABAN: D

36. Cermatilah paragraf berikut!
STA merupakan salah satu tokoh pembaharu Indonesia yang berpandangan liberal. Berkat pemikirannya yang cenderung pro-modernisasi sekaligus pro-Barat, STA sempat berpolemik dengan cendekiawan Indonesia lainnya. STA sangat gelisah dengan pemikiran cendekiawan Indonesia yang antimaterialisme, anti modernisasi, dan anti-Barat. Menurutnya, bangsa Indonesia haruslah mengejar ketertinggalannya dengan mencari materi, modernisasi pemikiran, dan belajar ilmu-ilmu Barat.
Nilai yang terkandung dalam kutipan riwayat tokoh Sutan Takdir Alisyahbana tersebut adalah . . . .
A. Nilai hedonik
B. Nilai artistik
C. Nilai kultural
D. Nilai etis
E. Nilai praktis
KUNCI JAWABAN: E

37. Cermatilah paragraf berikut!
STA merupakan salah satu tokoh pembaharu Indonesia yang berpandangan liberal. Berkat pemikirannya yang cenderung pro-modernisasi sekaligus pro-Barat, STA sempat berpolemik dengan cendekiawan Indonesia lainnya. STA sangat gelisah dengan pemikiran cendekiawan Indonesia yang antimaterialisme, anti modernisasi, dan anti-Barat. Menurutnya, bangsa Indonesia haruslah mengejar ketertinggalannya dengan mencari materi, modernisasi pemikiran, dan belajar ilmu-ilmu Barat.
Sikap yang dapat diteladani dari STA menurut kutipan riwayat tokoh pada teks tersebut adalah . . . .
A. sabar
B. bertanggung jawab
C. materialistis
D. berpikir maju
E. pekerja keras
KUNCI JAWABAN: D

38. Pada tahun 1961, sepulang dari Amerika Serikat, Rendra mendirikan grup teater di Yogyakarta. Akan tetapi, grup ini terhenti karena ia pergi lagi ke Amerika Serikat. Ketika kembali lagi ke Indonesia (1968), ia membentuk kembali grup teater yang bernama Bengkel Teater. Bengkel Teater ini sangat terkenal di Indonesia dan memberi suasana baru dalam kehidupan teater di tanah air. Sampai sekarang Bengkel Teater masih berdiri dan menjadi basis bagi kegiatan keseniannya.
Pernyataan yang sesuai dengan kutipan biografi tersebut adalah….
A. Pada tahun 1961, sepulang dari Amerika Serikat Rendra mendirikan grup teater di Yogyakarta yang terkenal di tanah air hingga sekarang.
B. Grup teater yang dibentuk Rendra sempat berkembang meskipun Rendra kembali ke Amerika Serikat.
C. Setiap kali pulang ke Indonesia, Rendra selalu mendirikan grup teater yang memberikan suasana baru dalam kehidupan teater Indonesia.
D. Sebelum berangkat ke Amerika Serikat, Rendra mendirikan bengkel teater pada tahun 1968.
E. Sampai sekarang Bengkel Teater bentukan Rendra masih berdiri dan menjadi basis bagi kegiatan keseniannya.
KUNCI JAWABAN: A

39. Cermati kutipan berikut ini!
Prof.DR.H. Abdul Malik Karim Amrullah, pemilik nama pena Hamka (lahir di Nagari Sungai Batang, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, 17 Februari 1908 –
meninggal di Jakarta, 24 Juli 1981 pada umur 73 tahun) adalah seorang ulama dan sastrawan Indonesia. Ia melewatkan waktunya sebagai wartawan, penulis, dan pengajar. Ia terjun dalam politik melalui Masyumi sampai partai tersebut dibubarkan, menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama, dan aktif dalam Muhammadiyah sampai akhir hayatnya. Universitas Al-Azhar dan Universitas Nasional Malaysia menganugerahkannya gelar doktor kehormatan, sementara Universitas Moestopo, Jakarta mengukuhkan Hamka sebagai guru besar. Namanya disematkan untuk Universitas Hamka milik Muhammadiyah dan masuk dalam daftar Pahlawan Nasional Indonesia.
Pengungkapan informasi yang sesuai dengan isi teks biografi di atas adalah sebagai berikut, kecuali….
A. Hamka adalah seorang ulama dan sastrawan besar Indonesia.
B. Nama Hamka disematkan sebagai nama universitas HAMKA milik Muhammadiyah.
C. Hamka lahir di Nagari Sungai Batang, Tanjung Raya, Kabupaten Agam,
Sumatera Barat, 17 Februari 1908
D. Hamka terjun dalam politik melalui Masyumi sampai partai tersebut dibubarkan, menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama.
E. Hamka merupakan penulis buku Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan juga buku Di Bawah Lindungan Kabah
KUNCI JAWABAN: E

40. Dokter Mohammad Hatta yang lebih dikenal dengan sebutan Bapak Koperasi Indonesia adalah seorang pemimpin yang berdisiplin tinggi, tegas, dan taat beragama. Pembawaannya sederhana walaupun ia keturunan berada dan apa yang dikatakannya selalu sesuai dengan perbuatannya. Bung Hatta lahir tanggal 12 Agustus 1902 di Bukittinggi. Pendidikan yang pernah ditempuhnya adalah ELS, MULO, Prins Hendrik School (Sekolah Dagang Belanda), dan Handels Hoge School (Sekolah Tinggi Perdagangan) di Negeri Belanda hingga tamat. Pada tahun 1932, Bung Hatta memimpin partai Pendidikan Nasional Indonesia, karena kegiatan politiknya, Bung Hatta ditangkap dan pada tahun 1935 beliau dibuang di Banda Neira dan terakhir di Sukabumi. Pada masa pendudukan Jepang tahun 1943 Bung Hatta memimpin kantor Pusat Tenaga Rakyat (Putera) bersama Bung Karno, Ki Hajar Dewantara, dan K.H. Mask Kunci jawaban syur.
Keteladanan tokoh, Bapak Moh Hatta tersebut adalah . . . .
A. Bapak Koperasi Indonesia yang kehidupannya sangat sederhana
B. Berdisiplin tinggi, tegas, taat beragama, dan pembawaannya sederhana
C. Karena kegiatan politiknya, beliau rela dibuang ke Banda Neira
D. Pendidikannya ditempuh di Negeri Belanda sejak SD hingga sekolah tinggi
E. Memimpin kantor Pusat Tenaga Rakyat (Putera) bersama para pejuang bangsa
KUNCI JAWABAN: B

41. Kebrilianan otak mutiara hitam dari timur Indonesia ini mulai bersinar ketika pada 2001 ia menjuarai lomba Olimpiade Kimia tingkat daerah. Karena prestasinya itu, ia mendapat beasiswa ke Jakarta dari Pemerintah Provinsi Papua. Namun mamanya melarang putera bungsunya berangkat ke Ibu Kota. Prestasi rupanya membutuhkan sedikit kenakalan dan kenekatan. Dibantu kakaknya, Franky, Oge berangkat diam-diam. Ia baru memberitahu niatnya kepada mama tercinta sesaat sebelum menaiki tangga pesawat. Mamanya menangis selama dua minggu menyadari anaknya pergi meninggalkan tanah Papua.
Konjungsi yang menandai hubungan pertentangan pada teks diatas adalah….
A. ketika
B. namun
C. sesaat
D. sebelum
E. dan
KUNCI JAWABAN: B

42. Bacalah Kutipan Puisi Berikut !
Judul: Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah dimasa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu miskin harta
…. (A. Hasyim)
Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang ….
A. Waktu sore hari
B. Kehidupan malam
C. Suasana senja
D. Masa tua
E. Perasaan manusia
KUNCI JAWABAN: C

43. Bacalah Kutipan Puisi Berikut !
Judul: Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah dimasa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu miskin harta
…. (A. Hasyim)
Maksud bait kedua puisi tersebut adalah ….
A. Seseorang yang lengah di pagi hari sehingga hidupnya sangat menderita di usia muda
B. Seseorang yang menderita hidupnya karena tidak memiliki ilmu dan harta
C. Seseorang yang miskin harta dan miskin ilmu pada masa muda karena ia lupa waktu
D. Seseorang yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidupnya menderita di hari tua
E. Seseorang yang melalaikan waktu di masa muda karena dia tidak memiliki ilmu dan harta
KUNCI JAWABAN: D

44. Bacalah Kutipan Puisi Berikut !
Judul: Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah dimasa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu miskin harta
…. (A. Hasyim)

Persamaan bunyi yang terdapat pada baris pertama puisi di atas adalah ….
A. hilang dan melayang
B. pagiku dan hilang
C. pagiku dan melayang
D. sudah dan melayang
E. pagiku dan tinggi
KUNCI JAWABAN: A

45. Bacalah Kutipan Puisi Berikut !
Judul: Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah dimasa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu miskin harta
…. (A. Hasyim)
Majas personifikasi dalam puisi di atas terdapat dalam baris ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 3 dan 4
E. 1 dan 3
KUNCI JAWABAN: C

46. Cermati ciri-ciri puisi berikut !
i. Bersajak a-a-a-a
ii. Isi semua tidak ada sampiran
iii. Berasal dari Melayu (Indonesia)
iv. Setiap bait terdiri dari 2 baris
Manakah yang termasuk ciri-ciri syair ….
A. i, ii
B. i, iii
C. ii, iv
D. iv, i
E. ii, iii
KUNCI JAWABAN: A

47. Halaman Tak Terbatas
Bunga yang indah
……
Akan sia-sia belaka
Di vas yang salah
Bungaku tak pernah layu
Merekah sepanjang waktu
malah selalu

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ….
A. kumbang hinggap di sana
B. memiliki duri menusuk
C. merebak aroma
D. tumbuh di halaman
E. berwarna-warna indah
KUNCI JAWABAN: C

48. Jeritan Malam

Merintih ke langit
Derita hidup mengepung
menjerit bangsaku sedang berjuang
merintih ke langit
tenaga mesin menembus kelam
berputar roda atas rel tertentu
terus menuju ke stasiun akhir
semangat wajah menembus kelam
berjuang bangsaku atas cinta tertentu
terus menuju negara merdeka!

Larik bermajas personifikasi yang sesuai untuk melengkapi puisi tersebut adalah ….
A. kami kedua menanti
B. menjerit peluit kereta malam
C. ratapan pekik melangit
D. bangkit berlari menumbuhkan kepala
E. entah mengapa
KUNCI JAWABAN: B

49. Bacalah puisi berikut untuk!

Alamku ini
Awan bergerak
seiring waktuku yang kerontang
angin berdiri menepi
sejenak beri kesejukan
kuda berlari terkikik
tinggal jejak kaki
di antara rerumputan misteri
alamku ini memang begini
dapat dipastikan perubahan yang terhenti
Makna kias kering kerontang pada bait puisi di atas adalah ….
A. penyesalan
B. kesunyian
C. keputusasaan
D. penderitaan
E. kekecewaan
KUNCI JAWABAN: C

50. Bacalah puisi berikut dengan seksama!

… Wahai sahabat
Untuk selamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
….

Tema puisi tersebut adalah ….
A. Kegelisahan
B. Persahabatan
C. Perdamaian
D. Kelelahan
E. Kepercayaan
KUNCI JAWABAN: B

Bagaimana 50 Soal Bahasa Indonesia Kelas X SMA dan MA Kurikulum Merdeka Dengan Kunci Jawabannya tadi? Jangan bosan untuk mencari contoh soal lainnya agar semakin mahir mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia.

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan