Kotaku
Home Pendidikan 5 Barang yang Tidak Diperkenankan Dibawa Ketika Melaksanakan UTBK, Serta Hal yang Wajib Diperhatikan Peserta UTBK

5 Barang yang Tidak Diperkenankan Dibawa Ketika Melaksanakan UTBK, Serta Hal yang Wajib Diperhatikan Peserta UTBK

4 42

KOTAKU.ID – Ujian Tes Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) akan segera diselenggarakan secara serentak se-Indonesia. Penerimaan mahasiswa dengan jalur ini diperuntukkan bagi seluruh lulusan SMA/sederajat pada tahun 2022, 2023, dan 2024 yang belum lolos di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Pendaftaran jalur SNBT telah ditutup pada 5 April lalu dan pelaksanaan tesnya akan dilaksanakan dua gelombang. Gelombang pertama akan dilaksanakan pada 30 April dan 2-7 Mei 2024, sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan pada 14-20 Mei 2024. Pengumuman kelulusan akan diumumkan pada 13 Juni 2024 dan masa unduh sertifikat dapat dimulai pada 17 Juni hingga 31 Juli 2024.

5 Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Oleh Peserta UTBK

UTBK SNBT nantinya akan diselenggarakan di 40 pusat lokasi dan sub lokasi yang telah dipilih dan ditentukan pada masing-masing kartu peserta UTBK ketika peserta mendaftar dan mencetak kartu peserta. Peserta tidak diperkenankan membawa barang yang dapat membantu siswa untuk berkomunikasi. Berikut ini 5 barang yang tidak boleh dibawa oleh peserta pada saat pelaksanaan UTBK SNBT 2024:

1. Daftar Logaritma

Bagi peserta UTBK yang akan melaksanakan UTBK Saintek tentu saja memerlukan daftar logaritma untuk materi matematika dan daftar tersebut tentu saja tidak diperkenankan untuk dibawa ketika UTBK berlangsung. Peserta dapat menghafalkan daftar tersebut jauh-jauh hari sebelum UTBK berlangsung.

2. Segala Jenis Kalkulator

Kalkulator tentu saja merupakan hal yang sangat dibutuhkan dan dapat membantu peserta ketika mengerjakan soal UTBK SNBT, namun benda ini tidak diperbolehkan untuk dibawa ke dalam ruang tes. Peserta dapat berlatih menghitung jauh-jauh hari sebelum UTBK berlangsung agar terbiasa menghitung tanpa bantuan kalkulator.

3. Kertas, Buku, atau Catatan lainnya

Peserta juga tidak diperkenankan untuk membawa kertas, buku, ataupun catatan lainnya kecuali kertas kosong yang akan digunakan peserta untuk menjawab soal-soal hitungan. Pada umumnya seluruh catatan akan dikumpulkan pada satu tempat bersama dengan tas peserta.

4. Alat Komunikasi

Peserta UTBK tidak diperkenankan membawa alat komunikasi dalam bentuk apapun dan juga tidak diperkenankan bekerja sama dengan siapapun dalam bentuk apapun.

5. Segala jenis alat elektronik yang dapat digunakan untuk merekam

Peserta tidak diperkenankan untuk membawa segala jenis alat elektronik yang dapat digunakan untuk merekam ketika pelaksanaan UTBK sedang berlangsung.

Ketentuan Yang Wajib Dipatuhi Oleh Peserta UTBK SNBT

Selain tidak diperkenankan membawa barang-barang di atas, terdapat beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi oleh peserta UTBK SNBT. Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan dan dipatuhi oleh peserta:

  1. Peserta dilarang mengenakan kaos oblong (T-shirt) dan wajib menggunakan pakaian yang sopan.
  2. Peserta dilarang mengenakan sandal dan wajib menggunakan sepatu
  3. Peserta wajib datang ke lokasi UTBK paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai, peserta yang terlambat dengan alasan apapun sejak waktu tes telah dimulai maka tidak diperbolehkan untuk mengikuti ujian.
  4. Peserta tidak diperbolehkan untuk memasuki ruang ujian sebelum ada tanda dan juga perintah untuk memasuki ruang ujian.
  5. Peserta tidak diperbolehkan untuk bekerja sama terkait pelaksanaan ujian dengan pihak manapun baik berkomunikasi secara langsung maupun berkomunikasi secara tidak langsung dengan menggunakan metode apapun.
  6. Tas, buku, dan catatan dalam bentuk apapun wajib dikumpulkan di tempat yang telah ditentukan.

Demikian informasi tentang 5 barang yang tidak diperkenankan dibawa ketika UTBK serta beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh peserta UTBK. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi anda yang akan melaksanakan UTBK. Persiapkan diri anda sebaik mungkin dan ikuti aturan yang telah ditetapkan. Semoga sukses!Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad