Berikut ini 4 Tujuan Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Pembelajaran!
Daftar isi:
Kotaku.id – Menerapkan manajemen kelas yang baik dan efektif sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi para pendidik atau guru. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran, karena dengan pengelolaan kelas yang baik, siswa akan merasa aman, nyaman serta lebih termotivasi untuk belajar. Dengan adanya interaksi yang baik dalam aktivitas belajar dan mengajar, tujuan pembelajaran pun bisa dicapai tanpa adanya kendala yang berarti.
Dalam proses belajar mengajar, tenaga pendidik/guru harus memperhatikan berbagai aspek, baik berupa metode, media hingga perencanaan pengelolaan kelas. Hal ini sangat berpengaruh dengan kualitas pembelajaran. Semakin baik manajemen kelas, maka akan semakin baik pula kualitas pembelajaran nantinya. Dan tentunya para guru juga akan semakin mudah untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang disampaikan.
Pengertian Manajemen Kelas
Pengertian dari manajemen kelas adalah usaha untuk mempermudah situasi pembelajaran agar lebih efektif, efisien dan semakin optimal. Manajemen kelas atau pengelolaan kelas juga berarti usaha sadar untuk mengikuti proses pembelajaran secara sistematis. Usaha sadar ini meliputi penyiapan bahan belajar, penyediaan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar dan mewujudkan situasi atau kondisi saat pembelajaran.
Serta pengaturan waktu, sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan target kurikulum bisa tercapai. Manajemen kelas juga bisa berarti sebagai perangkat perilaku dan kegiatan guru yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Serta dapat meminimalkan segala sesuatu yang mengganggu kegiatan belajar siswa. Berikut ini adalah beberapa tujuan manajemen kelas.
1. Tujuan Manajemen Kelas
Berikut ini adalah tujuan manajemen kelas berdasarkan Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen.
- Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan maupun sebagai kelompok belajar. Sehingga memungkinkan para peserta didik dapat mengembangkan kemampuan mereka semaksimal mungkin. Dengan begitu, guru akan lebih mudah untuk melihat dan mengamati perkembangan siswa, terutama bagi yang lamban dalam belajar.
- Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi interaksi pembelajaran. Sehingga pengajaran dapat terlaksana secara maksimal dan tujuan pengajaran juga bisa tercapai secara efektif dan efisien.
- Menyediakan dan mengatur fasilitas serta peralatan belajar yang mendukung. Sehingga memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional dan intelektual siswa dalam kelas.
- Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang, sosial, ekonomi dan budaya serta sifat-sifat individual dari masing-masing siswa.
2. Fungsi dan Manfaatnya
Setelah Anda mengetahui berbagai tujuannya, maka berikut ini adalah fungsi dan manfaat dari manajemen kelas.
- Membantu tenaga pendidik/guru dalam memperjelas pemikiran tentang kontribusi pengajarannya terhadap pencapaian tujuan pendidikan.
- Memberi guru/tenaga pendidik pemahaman yang lebih jelas mengenai tujuan pendidikan sekolah. Serta hubungannya dengan pengajaran yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan tersebut.
- Menambah keyakinan para guru atas nilai-nilai pengajaran yang telah diberikan dan prosedur yang digunakan.
- Dengan adanya organisasi kurikulum yang baik, dan metode yang tepat akan menghemat waktu karena dapat mengurangi kegiatan yang bersifat uji coba dan error dalam mengajar.
- Para siswa akan lebih menghormati para guru karena bersungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk mengajar sesuai dengan harapan mereka.
- Membantu guru dalam mengenal berbagai kebutuhan para siswa, minat-minat mereka dan dapat mendorong motivasi belajar.
- Membantu guru dalam menjaga semangat mengajar dan senantiasa memberikan bahan-bahan pelajaran yang up to date kepada para siswa.
- Memberikan kesempatan kepada para guru untuk memajukan kualitas dan kelebihannya atau personal branding yang dimiliki serta perkembangan profesionalnya.
3. Prinsip Prinsipnya
Berikut ini adalah beberapa prinsip manajemen kelas menurut penjelasan Djamarah.
- Hangat dan antusias, yaitu guru harus selalu hangat dan semangat dalam mengajari para siswa.
- Tantangan, yang mana guru akan memberikan materi yang menantang untuk bisa memotivasi siswa belajar.
- Bervariasi, alat media, gaya mengajar guru dan pola interaksi guru dengan siswa bisa meningkatkan semangat belajar siswa.
- Ketangkasan, fleksibilitas dan ketangkasan guru dalam mengubah strategi pembelajaran bisa menjadi kunci terciptanya lingkungan pembelajaran yang efektif.
- Penekanan positif dan disiplin diri, yaitu guru selalu menekankan pada hal yang positif dan tidak berfokus pada hal negatif. Serta guru menjadi panutan, agar para siswa lebih disiplin dalam kegiatan belajar.
Demikian tadi pengertian, tujuan, manfaat dan prinsip-prinsip manajemen kelas yang baik dan efektif. Semoga bermanfaat.