Kotaku
Beranda Viral 4 Ciri Penipuan Tawaran Freelance di WhatsApp dan Cara Menghadapinya

4 Ciri Penipuan Tawaran Freelance di WhatsApp dan Cara Menghadapinya

growtika 35CIXxbZqSU unsplash

KOTAKU.ID  – Saat ini sedang ramai modus penipuan terbaru yakni penipuan yang berkedok tawaran kerja freelance via Whatsapp. Seperti apa ciri penipuan tawaran freelance di WhatsApp ini? berikut ini informasinya lebih lanjut untuk anda.

Target penipuan satu ini adalah menawarkan pekerjaan paruh waktu untuk para korbannya dengan jam kerja fleksibel dan bisa bekerja dimana saja serta imbalan atau gaji yang cukup menggiurkan. Siapa yang tidak tertarik jika ditawari kerja seperti itu?

Oleh karenanya, anda harus tahu ciri penipuan tawaran freelance via whatsapp sehingga kedepannya bisa mengantisipasi hal ini dan tidak terjebak dengan ciri penipuan tawaran freelance di WhatsApp.

Ciri Penipuan Tawaran Freelance di WhatsApp

Ciri Penipuan Tawaran Freelance di WhatsApp
4 Ciri Penipuan Tawaran Freelance di WhatsApp dan Cara Menghadapinya 11

Langsung saja berikut ini merupakan beberapa ciri penipuan tawaran freelance di WhatsApp yang harus anda waspadai:

1. Menggunakan Nama Perusahaan Terkenal

Pertama, para korban penipuan akan mendapatkan pesan whatsapp dari seseorang yang tidak dikenal dan mengatasnamakan perusahaan terkenal untuk menawarkan pekerjaan freelance. Terkadang, pesan yang dituliskan adalah dari perusahaan yang pernah korban kirimi lamaran pekerjaan pada situs atau portal lowongan.

Penggunaan  nama perusahaan terkenal ini membuat lebih banyak korban karena mereka biasanya langsung percaya tanpa berpikir panjang terlebih dahulu.

2. Pekerjaan Yang Mudah Dan Imbalan Yang Tinggi

Dalam pesan penipuan tersebut dicantumkan penawaran yang cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, penawaran yang diberikan adalah melakukan pekerjaan mudah yang bisa di selesai dikerjakan maka akan mendapatkan fee atau bayaran yang cukup tinggi.

Misalnya saja pekerjaan yang ditawarkan seperti melakukan like pada unggahan atau menjadi subscribe channel media sosial tertentu. Ada pula tugas untuk memberikan review baik pada tempat di google maps atau aplikasi di google play.

Tugas-tugas yang diberikan cukup sederhana, namun berani menjanjikan penghasilan hingga ratusan ribu rupiah. Uniknya ada beberapa uang yang benar-benar dikirimkan kepada para korban sehingga di awal-awal korbannya percaya.

3. Meminta Bergabung Pada Grup Di Aplikasi Lain

Jika korban sudah berhasil berapa kali menyelesaikan tugas dan mendapatkan imbalan, selanjutnya korban diminta untuk bergabung ke dalam grup yang ada di aplikasi lain seperti telegram. Pada grup tersebut berisi ratusan orang yang terlihat bersemangat melakukan tugas selanjutnya.

4. Meminta Deposito Uang

Jika korbannya sudah masuk ke grup yang dimaksud, maka selanjutnya korban akan ditawari kesempatan mendapatkan bayaran yang lebih besar dari sebelumnya namun dengan syarat mereka harus melakukan deposit sejumlah dana terlebih dahulu untuk mendapatkan bayaran lebih tersebut.

Alih-alih uang deposit akan dikembalikan dengan bayaran lainnya membuat orang akan merasa curiga. Namun dalam grup tersebut berisi ratusan orang yang terlihat bersemangat mentransfer uang dan mengambil kesempatan bayaran lebih tinggi. Karena terbawa tren atau suasana ini sehingga banyak orang yang akhirnya melakukan deposit uang.

Saat sang korban sudah terjerat, maka pelaku akan terus mendorong korban untuk melakukan deposit uang lebih banyak. Akhirnya, akan ada titik dimana uang yang terkumpul tersebut tidak bisa ditarik lagi oleh korban.

Cara Menghadapi Penipuan Lowongan Freelance

Ciri Penipuan Tawaran Freelance di WhatsApp
4 Ciri Penipuan Tawaran Freelance di WhatsApp dan Cara Menghadapinya 12

Bagaimana jika anda mendapatkan pesan penipuan tersebut? Nah berikut ini ada beberapa cara menghadapi ciri penipuan tawaran freelance di WhatsApp yang bisa anda lakukan:

1. Cari Tahu Kebenaran Informasi

Pertama, ketika anda mendapatkan pesan lowongan freelance yang menjanjikan maka segera konfirmasi dan cari tahu kebenaran informasi tersebut. Contohnya lihat nomor telepon orang yang mengirimkan pesan, cara mengeceknya bisa memanfaatkan aplikasi get contact.

Selanjutnya, ketika diberikan nomor rekening untuk deposito maka cek juga nomor rekening itu di cekrekening.id. ada pula cara lain yakni mencari informasinya di platform pencarian seperti google dengan keyword “nama perusahaan penipuan”.

2. Minta Pendapat Orang Lain

Cara menghadapi penipuan selanjutnya adalah mencari informasi lebih lanjut dari pendapat orang lain. Korban kasus penipuan biasanya akan membagikan ceritanya di media sosial sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan atau pelajaran bagi orang lain.

Anda bisa mencoba mencari informasi tersebut di sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan lainnya. Lihat apakah mereka mendapatkan pesan yang sama seperti yang anda dapatkan.

3. Jangan Bagikan Informasi Pribadi

Ingat, jangan pernah sekalipun memberikan informasi pribadi yang bersifat sensitif pada siapapun terutama pada orang yang tidak anda kenal. Beberapa informasi tersebut seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nama ibu kandung, nomor KTP dan KK, nomor rekening, password, kode OTP dan PIN aplikasi.

Informasi ini bisa disalahgunakan untuk membuat transaksi pinjaman online, pesan fiktif dan bisa membobol tabungan anda.

4. Bagikan Dan Laporan Penipuan

Terakhir, anda bisa membantu orang lain diluar sana yang mungkin juga terjebak ciri penipuan tawaran freelance di WhatsApp. Anda bisa membagikan pengalaman anda melalui media sosial maupun kepada keluarga dan teman dekat anda.

Selain itu anda bisa melaporkan rekening penipuan ke cekrekening.id dan melaporkan kasus penipuan yang anda alami ke kredibel.com. untuk membantu orang lain mengetahui modus ini.

Itulah informasi tentang ciri penipuan tawaran freelance di WhatsApp yang sedang ramai beredar saat ini dan juga cara menghadapinya. Ingat anda jangan mudah tergiur dengan iming-iming atau imbalan tinggi dari mengerjakan tugas sederhana dan jangan gegabah dalam mengambil keputusan. 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan