Kotaku
Home Pendidikan 3 Contoh Teks Pidato dengan Tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku

3 Contoh Teks Pidato dengan Tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku

istockphoto 471937691 612×612 1

Kotaku.id – Berikut ini adalah beberapa contoh teks Pidato dengan Tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku. Bagi para siswa, tentunya pasti sering mendapatkan tugas untuk membuat atau membawakan pidato di sekolahnya. Namun, bagi siswa yang baru mendapatkan tugas ini, tentunya masih bingung dan bertanya-tanya seperti apa contoh teks pidato itu. Dan untuk bisa membuat teks pidato, tentunya para siswa juga harus mengetahui pengertian pidato terlebih dahulu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan banyak orang. Selain itu, arti lain dari kata pidato adalah wacana yang disiapkan untuk dibacakan di depan khalayak. Sehingga dapat disimpulkan tentang pengertian pidato adalah aktivitas berbicara di depan umum yang dilakukan untuk menyatakan pendapat atau memberikan gambaran suatu topik.

Dengan begitu, contoh soal teks pidato dengan tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku. Yaitu sebuah teks yang berisi gagasan, pendapat, dan pengetahuan terhadap suatu topik yang berisi tentang kebersihan dan lingkungan hijau di sekitar sekolah. Untuk kemudian topik tersebut di bacakan di depan umum. Setelah mengetahui tentang pengertian pidato, maka selanjutnya juga harus memahami tentang isi atau struktur teks pidato.

Struktur Teks Pidato dengan Tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku

Untuk bisa membuat teks pidato dengan tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Yang pertama pidato Anda harus mempunyai beberapa ciri-ciri antara lain, pidato Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Isi materi jelas dan mudah dimengerti, materi harus objektif, berisi wawasan yang menarik perhatian dan memiliki kesimpulan.

Dan untuk langkah selanjutnya, Anda juga harus membuat struktur teks pidato yang akan Anda buat, antara lain memuat berikut ini.

  • Pembukaan, pada bagian ini umumnya mengandung salam pembuka, sapaan kehormatan, ucapan syukur dan pengantar mengenai isi pidato.
  • Isi, pada bagian ini umumnya mengandung informasi penting yang ingin Anda sampaikan dan diberi selingan dengan data atau fakta pendukung agar pendengar merasa antusias.
  • Penutup, pada bagian ini umumnya mengandung kesimpulan dari isi pidato yang disampaikan, harapan, ucapan terima kasih dan salam penutup.

Selanjutnya, Anda juga bisa memilih beberapa metode yang bisa Anda gunakan dalam menyampaikan teks pidato dengan tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku di depan umum, berikut ini.

  • Impromptu, yaitu metode yang dilakukan secara langsung/spontan tanpa ada persiapan terlebih dahulu.
  • Memoreter, yaitu metode berpidato dengan cara menghafal naskah teks pidato terlebih dahulu sebelum menyampaikannya di depan umum.
  • Metode naskah, yaitu dengan cara membawa naskah dan dibacakan saat berpidato.
  • Ekstemporan, yaitu metode berpidato dengan cara membawa catatan penting yang berisi poin penting yang ingin disampaikan saat berpidato.

Dan berikut ini adalah beberapa contoh teks Pidato dengan Tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku.

Contoh Teks Pidato dengan Tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku

Bagi Anda yang masih bingung tentang cara membuat contoh teks pidato dengan tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku, Berikut ini ada beberapa contohnya sebagai bahan referensi Anda.

1. Contoh yang Pertama

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati, Bapak Ibu Guru dan teman-teman SMA (nama sekolah) semuanya, berbahagia sekali pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama untuk berdiskusi tentang pentingnya kebersihan di lingkungan sekolah. Bukan hanya bersih, melainkan juga harus ramah lingkungan, hijau dan hemat energi.

Rekan-rekan, sudah ramai kita ketahui bahwa kebersihan adalah sebagian dari Iman. Maka dari itu, kita harus senantiasa menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, khususnya di sekolah kita. Namun, kenyataannya perilaku kita sehari-hari tidak mencerminkan hal tersebut.

Kita masih sering membuang sampah sembarangan, dan tak acuh terhadap kebersihan.

Kebersihan sejatinya berjalan selaras dengan kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan di sekitar kita. Salah satunya dengan menjaga kehijauan alam dan pepohonan yang hijau nan rindang. Apabila salah satu dari kedua hal tersebut, kebersihan dan kepedulian alam tidak berjalan selaras, maka akan terjadi ketimpangan dan bukan tidak mungkin akan terjadi bencana semacam banjir.

Untuk itulah marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan di sekitar kita, khususnya di lingkungan sekolah. Dan juga menanam dan merawat  berbagai macam tumbuh-tumbuhan di sekitarnya. Keberadaan tumbuh-tumbuhan akan menghasilkan udara segar dan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Jika tubuh kita sehat kita bisa melakukan banyak hal positif seperti bisa belajar dengan baik dan optimal. Selain itu keberadaan pepohonan, bunga dan tanaman lainnya di sekolah kita, juga akan sangat berguna bagi generasi yang akan datang. Khususnya para adik-adik kelas kita di masa datang yang akan bersekolah di sini.

Demikian yang bisa saya sampaikan, jika ada kesalahan saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Contoh teks Pidato dengan tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolahku yang Kedua

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala (nama sekolah)

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru dan karyawan
Dan yang sayangi, teman-temanku semua yang berbahagia.

Segala puji syukur mari kita ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita. Sehingga pada hari ini, kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk bisa hadir dan berkumpul bersama di tempat ini.

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan aspirasi saya mengenai kebersihan dan kehijauan lingkungan di sekolah kita. Yang pertama, saya ingin menyampaikan bahwa saya sangat bangga bisa sekolah di sini dan menjadi anggota dari keluarga besar di sekolah ini.

Selain mudah diakses dengan segala jenis alat transportasi, sekolah ini juga memiliki lingkungan yang bersih dan asri. Selain bersih, sekolah ini juga pantas disebut sebagai sekolah hijau, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya pepohonan dan tanaman yang indah nan hijau di sekitar lingkungan sekolah ini.

Kebersihan lingkungan sekolah ini sangat baik. Hanya saja, terkadang saya masih sering menjumpai siswa yang membuang sampah sembarangan. Mungkin siswa tersebut beranggapan bahwa sekolah ini sudah ada petugas kebersihan yang akan membersihkan lingkungan sekolah setiap hari.

Namun, tentunya anggapan tersebut adalah salah dan perilaku siswa tersebut tidaklah benar.

Kewajiban menjaga kebersihan lingkungan sekolah bukan sebatas kewajiban petugas kebersihan saja. Semua warga sekolah, tanpa terkecuali wajib menjaga kebersihan sekolah. Siswa, guru, kepala sekolah, dan karyawan adalah warga sekolah yang memiliki kewajiban menjaga kebersihan sekolah.

Untuk itu, saya ingin mengajak teman-teman untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Jika sekiranya teman-teman ingin membuang bungkus makanan, tetapi di sekitar tidak ada tempat sampah atau letak tempat sampah agak jauh, kita bisa membawanya terlebih dahulu.

Bisa dipegang, kalau tidak kotor bungkus tersebut bisa kita simpan di kantong. Setelah menemukan tempat sampah, kita bisa membuangnya.

Selain menghentikan perilaku buang sampah sembarangan, kita sebagai siswa juga harus menyadari pentingnya tugas piket kebersihan kelas. Terkadang saya menjumpai siswa yang masih tidak peduli dengan jadwal piket kelas dan menggantungkan semuanya kepada teman lainnya.

Tentunya sikap seperti ini harus kita hindari. Kita harus sadar bahwa piket kebersihan kelas adalah tanggung jawab kita bersama.

Selain kebersihan, kita juga harus memiliki kesadaran untuk menjaga kehijauan tumbuh-tumbuhan dan merawat segala jenis tanaman di sekolah ini. Jika melihat tanaman atau tumbuhan yang layu, kita tidak perlu menunggu petugas sekolah untuk menyiraminya. Kita bisa mengambil air sendiri dan menyiram tanaman tersebut. Tindakan ini selain untuk merawat lingkungan sekolah, juga bisa dikatakan sudah termasuk amal dan sedekah terhadap makhluk hidup lain. Selain itu, juga sekaligus meringankan pekerjaan petugas kebersihan di sekolah kita.

Nah, jadi teman-teman, marilah meningkatkan kesadaran pada diri kita masing-masing akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Selain menjaga kebersihan, kita juga harus menyayangi dan merawat tanaman-tanaman yang ada di sekolah ini.

Tentunya, semua ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan hijau.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan. Jika ada salah kata atau perkataan yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu dan teman-teman semua.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Contoh yang Ketiga

Assalamualaikum Wr. Wb,

Selamat Pagi semuanya…

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, para guru, dan teman-teman sekalian. Terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan, hingga saya bisa berdiri di sini untuk memberikan pidato tentang kebersihan lingkungan sekolah.

Percaya atau tidak, tapi kebersihan menjadi salah satu syarat terpenting bagi suatu bangsa dan rakyatnya yang ingin maju. Suatu bangsa hanya bisa maju jika masyarakatnya bersih, baik secara pribadi maupun komunal.

Kebersihan memiliki peran penting dalam rutinitas kehidupan setiap orang. Juga, sangat penting untuk kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa.

Kebersihan adalah cara hidup bahagia dan sehat di dalam dan sekitar dengan sifat bersih dan rapi. Adalah tanggung jawab orang tua untuk membuat anak-anaknya belajar tentang manfaat kebersihan dalam kehidupan kita.

Itu mengapa kebersihan harus diterapkan dilingkungan sekolah. Kebersihan sangat penting karena berhubungan langsung dengan begitu banyak bagian penting dari kehidupan. Lingkungan yang hijau juga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan jiwa dan pikiran.

Pertama-tama, kebersihan berhubungan langsung dengan kesehatan. Jika seseorang tidak menjaga kebersihan dan tidak higienis, maka ia rentan terkena penyakit dan infeksi.

Terlebih lagi, jika kita membuang sampah sembarangan dan membuat lingkungan kita kotor, kita tidak hanya merusak sumber daya kita sendiri, namun juga merusak lingkungan.

Maka dari itu, kepedulian terhadap kebersihan dan keindahan alam sangat penting, tidak hanya lingkungan yang bersih tapi juga bagaimana menghijaukan lingkungan. Caranya adalah dengan merawat tanaman di sekitar kita, menjaganya, dan juga menanam banyak jenis tanaman untuk menghijaukan lingkungan.

Kesadaran akan kebersihan dan lingkungan yang hijau harus ditanamkan sejak dini. Karena pelajaran yang didapat di usia dini tidak pernah terlupakan. Sehingga mereka akan terbiasa untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan kehijauan alam sekitar hingga besar nanti. Anak-anak harus diajari tentang pentingnya kebersihan. Mereka harus diajari tentang menjaga kebersihan diri dan juga kebersihan lingkungan.

Untuk memulai menjaga kebersihan bisa dari rumah dan lingkungan sekolah. Caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan di lingkungan rumah dan sekolah. Dan juga merawat tanaman yang ada di depan kelas atau sekitar sekolah.

Dengan ini saya ingin mengakhiri pidato saya, berharap kita menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan mulai hari ini. Terima kasih!!

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Demikian tadi pengertian pidato, struktur pidato serta 3 contoh teks pidato dengan tema bersih dan hijau lingkungan sekolahku. semoga bermanfaat.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad