Kotaku
Home Pendidikan 10 Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

10 Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Untitled design 11

Kotaku.id – Dalam artikel ini akan kami bahas mengenai contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris. Pada hari pertama masuk sekolah biasanya para siswa baru akan memperkenalkan diri masing-masing. Baik itu perkenalan diri di depan kelas maupun kepada teman sekelasnya. Biasanya mereka akan memperkenalkan nama lengkap, nama asal sekolah, alamat lengkap, dan juga hobi.

Perkenalan diri menjadi cara pertama dalam membuat pertemanan pada siswa baru di kelas mereka. Dengan perkenalan diri akan membuat pertemanan lebih dekat dan lebih mengenal tentang kepribadian dan karakteristik masing-masing siswa.

Selain menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah, biasanya para siswa juga akan melakukan perkenalan diri dalam bahasa Inggris. Bahkan, jika bersekolah di sekolah internasional, bukan hanya perkenalan diri saja yang menggunakan bahasa Inggris. Namun, dalam interaksi dan percakapan sehari-hari di sekolah dan di rumah, para siswa juga akan menerapkan speaking English.

Langkah-langkah Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk melakukan perkenalan diri dalam bahasa Inggris. Salah satu cara untuk mempermudah perkenalan Anda, tentunya Anda harus banyak menguasai kosakata bahasa Inggris. Dengan menguasai banyak kosakata dalam bahasa Inggris, maka Anda akan lebih mudah menyusun kalimat dalam bahasa Inggris dengan mudah dan benar.

Dan sebelum melakukan perkenalan diri dalam bahasa Inggris, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Antara lain berikut ini.

1. Salam Pembuka

Langkah pertama dalam membuat perkenalan diri dalam bahasa Inggris adalah menggunakan salam pembuka. Dan bagi para siswa yang ingin melakukan perkenalan diri dalam bahasa inggris, berikut ini ada beberapa salam pembuka dalam bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan.

  • Assalamu’alaikumm
  • Shalom
  • Salam Sejahtera
  • Hi everyone. Good morning. (Hai semuanya, Selamat Pagi)
  • Hello everybody. Good evening. (Hallo semuanya, Selamat Siang)
  • Good afternoon everyone. (Selamat Siang semuanaya)

2. Maksud dan Tujuan

Langkah kedua dalam membuat perkenalan diri dalam bahasa Inggris adalah mengungkapkan maksud dam tujuan. Dan berikut ini adalah beberapa contoh pengungkapan maksud dan tujuan dalam bahasa Inggris.

  • I’m here to introduce myself (Saya berdiri di sini untuk memperkenalkan diri saya sendiri)
  • Let me introduce myself (Biarkan saya mengenalkan diri saya sendiri)
  • I would like to introduce myself (Saya ingin memperkenalkan diri saya sendiri)
  • Allow me to introduce myself (Biarkan saya memperkenalkan diri saya sendiri)

3. Memperkenalkan Identitas Diri

Setelah menyampaikan maksud dan tujuan secara singkat, maka langkah perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang selanjutnya adalah memperkenalkan identitas diri. Dalam bagian ini, para siswa biasanya akan menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, tempat tinggal, hobi dan lain sebagainya. Seperti ini contohnya.

  • My complete name is … (Nama lengkap saya adalah)
  • My full name …. (Nama penuh saya adalah)
  • You can call me …. (Anda bisa memanggil saya)
  • I was born in .. (Saya lahir di)
  • I live in Bandung (Saya tinggal di Bandung)
  • My address is … (Alamat saya adalah)
  • My hobby is… (Hobi/kesukaan saya adalah)

4. Kalimat Penutup Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Dan terakhir, setelah Anda selesai melakukan perkenalan diri dalam bahasa Inggris, maka Anda bisa menutupnya dengan kalimat penutup dalam bahasa Inggris. Berikut ini contohnya.

  • Nice to meet you…(Senang bertemu dengan Anda/kalian)
  • Glad to see you… (Gembira bertemu dengan Anda/kalian)
  • Its pleasure to meet you…(Sebuah kebanggaan bisa bertemu dengan Anda/kalian)
  • Thank you for your attention… (Terima kasih atas perhatian Anda/kalian)
  • Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris

Setelah mengetahui langkah-langkah menyusun kalimat perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Maka, berikut ini adalah contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris di sekolah untuk para siswa baru beserta artinya.

1. Contoh Perkenalan Diri Siswa Baru di Sekolah Secara Singkat

Berikut ini adalah beberapa contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris secara singkat di sekolah.

1. Hello, my name is Fanny. I am from West Java. I live in Bandung in Kampung Cisarua, on Jalan Melati I live at 40 Jalan Melati.

(Hallo, nama saya adalah Fanny. Saya berasal dari Jawa Barat. Saya tinggal di Bandung di Kampung Cisarua, di Jalan Melati, dan saya tinggal di Jalan Melati No.40)

2. Hi friends, let me introduce myself. My name is Andi Kurniawan. You can call me Andi.

(Hai teman-teman, biarkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Andi Kurniawan. Anda bisa memanggil saya Andi).

3. Good morning. I would like to introduce myself. My complete name is Ananda Rizki. Most people call me Rizki.

(Selamat pagi. Saya ingin memperkenalkan diri. Nama lengkap saya adalah Ananda Rizki. Banyak orang yang memanggil saya Rizki)

4. Hello, everybody. Allow me to introduce myself. My name is Lisa Kania. Please call me Lisa. I was born in Batam, May 28th 2004. Now, i’m sixteen years old. I live at Jl. Durian No. 38. You may stop by because i’m happy if my friends come over and hang out in my house and do some great activities.

(Halo semuanya. Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Lisa Kania. Silakan panggil saja Lisa. Saya lahir di Batam, 28 Mei 2004. Sekarang, saya berusia enam belas tahun. Saya tinggal di Jl. Durian No.38. Kalian boleh mampir karena saya senang jika teman-teman saya datang dan nongkrong di rumah saya dan melakukan beberapa kegiatan hebat)

5. Hi guys. My name is Alika Putri. I am from Malang. You can call me Alika. I am the second child in my happy family. I am a friendly person, so i hope we can make a fancy friendship here.

(Hai teman-teman. Nama saya Alika Putri. Saya dari Malang. Kalian bisa memanggil saya Alika. Saya adalah anak kedua dari keluarga bahagia saya. Saya orang yang ramah, jadi saya harap kita bisa menjalin persahabatan yang mewah di sini).

2. Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Sekolah dan Artinya

Selanjutnya adalah contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris di sekolah dengan kalimat yang agak panjang. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Good morning all. Let me introduce myself. My name is Rian. I’m from Kalimantan. Now, i live in Jl. Setiabudhi No. 2A, Bandung. My hobby is watching box office. I also like listening to music, especially classical and jazz. I have about 400 music CDs at home, and I listen to music almost every evening.

(Selamat pagi semua. Biarkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Rian. Saya dari Kalimantan. Sekarang, saya tinggal di Jl. Setiabudi No.2A, Bandung. Hobi saya menonton box office. Saya juga suka mendengarkan musik, terutama klasik dan jazz. Saya memiliki sekitar 400 CD musik di rumah, dan saya mendengarkan musik hampir setiap malam.)

2. Hello. My name is Andika Pratama. Please call me Dika. I live on Jalan Brigjen Katamso. I like music very much. I also like live music, so i often go to concerts and cafe where i can enjoy live performances.

(Halo. Nama saya Andika Pratama. Tolong panggil saya Dika. Saya tinggal di Jalan Brigjen Katamso. Saya sangat menyukai musik. Saya juga suka musik live, jadi saya sering pergi ke konser dan kafe dimana saya bisa menikmati pertunjukan live.)

3. First of all, thanks for giving me the opportunity to introduce myself. My name is Alexander. I’m 16 years old and come from Jakarta. I am looking forward to my experience with all of you guys. I’m sure the future has a lot to offer and I can’t wait to see where it takes me.

(Pertama-tama, terima kasih telah memberi saya kesempatan untuk memperkenalkan diri. Nama saya Alexander. Saya berumur 16 tahun dan berasal dari Jakarta. Saya menantikan pengalaman saya dengan kalian semua. Saya yakin masa depan memiliki banyak hal untuk ditawarkan dan saya tidak sabar untuk melihat ke mana saya akan dibawa.)

4. To all of my friends, allow me to make an introduction to who I am. My full name is Jonathan Hutapea. People usually call me Joe. I’m the second child in my family. I was born in Medan, on September 15th, 1997. Currently, I live in Makassar, South Sulawesi.

(Halo teman-teman semua, izinkan saya untuk memperkenalkan siapa saya. Nama lengkap saya Jonathan Hutapea. Orang biasa memanggil saya Joe. Saya anak kedua di keluarga saya. Saya lahir di Medan, pada tanggal 15 September 1997. Saat ini saya berdomisili di Makassar, Sulawesi Selatan.)

3. Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Secara Panjang Lebar

Berikut ini adalah contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris secara panjang lebar. Perkenalan diri ini biasanya dengan menyebutkan tentang asal-usul, keluarga, hobi dan kesukaan serta makanan favorit. Seperti contoh berikut ini.

Good morning, everyone!

I’d like to introduce myself. My name is Nisa Andini. You can call me Nisa. I have two brothers and I’m the second child in my family. I was born in Bali, on Mei 03, 1999. Currently, I live in Bogor.

I love music, especially jazz. Besides that, I also like to eat traditional food like gado-gado, papeda, etc.

I’m taking this class because I have had an interest in community development since my trip to Jambi and I’m pumped to learn a little more about indigenous people. I think that’s all from me. Thank you for your attention!

(Selamat pagi semuanya!

Terima kasih sudah memberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri. Nama saya Nisa Andini. Kalian bisa memanggil saya Nisa. Saya memiliki 2 saudara laki-laki dan saya adalah anak kedua dalam keluarga saya. Saya lahir di Bali, 03 Mei 1999. Saat ini, saya tinggal di Bogor.

Saya sangat suka musik, terutama musik yang bergenre jaz. Di samping itu, saya juga sangat menyukai makanan tradisional seperti gado-gado, papeda, dan sebagainya.)

Kesimpulan :

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris sebenarnya bisa lakukan dengan cara yang mudah asalkan Anda mengetahui langkah-langkahnya dengan benar. Dan yang terpenting, tentunya Anda juga harus menguasai banyak kosakata bahasa Inggris. Dengan menguasai banyak perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris, Anda bisa melakukan perkenalan diri Anda dengan menggunakan bahasa Inggris dengan lancar dan mudah tanpa menemukan hambatan dan kesulitan.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad