Kotaku
Beranda Bisnis Tips Sukses Dalam Merintis Bisnis F&B, Pemula Perlu Pahami Ini!

Tips Sukses Dalam Merintis Bisnis F&B, Pemula Perlu Pahami Ini!

Tips Sukses Dalam Merintis Bisnis FB Pemula Perlu Pahami Ini

Kotaku.id – Agar bisa membangun bisnis F&B, strategi yang baik sangat dibutuhkan agar mempunyai kesempatan untuk bertahan dan tumbuh di tengah persaingan bisnis yang ketat. Dengan adanya strategi yang tepat, tentu akan membantu sang pemilik bisnis dalam merencanakan langkah-langkah jangka panjang, beradaptasi pada perubahan pasar, serta memaksimalkan potensi bisnis mereka.

Lalu, ada apa saja tips sukses dalam merintis bisnis? Dari mana saja inspirasi untuk membangun bisnis agar bisa didapatkan? Berikut ini merupakan penjelasan lengkapnya.

1. Temukan Ide Bisnis Dari Pengalaman

Untuk bisa membangun bisnis F&B yang sukses, diperlukan ide bisnis berdasarkan pengalaman. Maksudnya adalah Anda bisa membangun suatu bisnis dengan memanfaatkan pengalaman yang pernah dirasakan. Misalnya pengalaman covid-19, Anda bisa memulai bisnis yang berhubungan dengan covid-19. Misalnya Anda menjual masker yang dibutuhkan masyarakat. Karena pengalaman ini, nantinya Anda bisa memulai bisnis F&B dengan jangkauan lebih luas. Misalnya dipasarkan secara online.

2. Menentukan Target Pasar

Target pasar menjadi hal utama yang harus dilakukan saat ingin memulai bisnis, termasuk jika Anda ingin membuka bisnis F&B. Target pasar ini sangat penting sebab apabila Anda salah menentukan target, maka bisnis F&B yang Anda jalankan bisa berakhir dengan lebih cepat. Hal ini karena tidak ada pembeli yang datang.

Target pasar yang Anda sasar nantinya akan menentukan langkah strategi yang perlu diambil. Selain itu, bisa memberikan insight untuk melakukan inovasi terhadap produk ataupun pelayanan di bisnis F&B milik Anda nantinya. Penentuan target pasar nantinya akan memberikan gambaran mengenai pemilihan lokasi terbaik, rentang harga produk, promosi yang sesuai, dan strategi pemasaran yang diterapkan.

3. Inovasi pada Produk atau Pelayanan

Peluang besar bisnis F&B mampu menjadikan banyak orang tertarik untuk mencoba berbisnis kuliner. Hal ini mampu membuat tingkat persaingan dalam bisnis F&B dinilai tinggi. Terlebih lagi, jumlah usaha kuliner di Indonesia telah mencapai 11 ribu lebih. Yang berarti Anda akan berebut pasar yang sama dengan banyak pelaku usaha kuliner lainnya.

Agar stand out di antara bisnis F&B lainnya, Anda perlu melakukan inovasi dalam produk atau fasilitas yang menunjang pengelolaan bisnis Anda

4. Menjaga Kualitas dengan Mencari Supplier Terbaik

Cita rasa dan kualitas produk makanan dan minuman diketahui menjadi kunci penting dalam dunia bisnis F&B. Salah satu cara untuk memastikan kualitas ini dengan mencari dan menggunakan supplier terbaik. Apalagi untuk Anda yang punya bisnis F&B dengan sistem waralaba (franchise). Akan sangat sulit dalam memastikan ketersediaan bahan baku yang sama. Baik itu antara outlet satu dan lainnya kecuali jika Anda menggunakan sistem Close Loop. Dengan adanya sistem ini Anda bisa memastikan setiap franchise untuk memasok bahan baku dari supplier yang sama.

5. Strategi Marketing yang Tepat Sasaran

Perlu Anda ingat, Sebagus apapun produk yang dijual jika banyak orang tidak tahu dan tidak pernah dengar sekalipun nama brand-nya. Maka akan sulit untuk menjual produk yang ada. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan penyusunan strategi marketing yang tepat sasaran.

Bagaimanapun bisnis  yang masih baru buka tetap memerlukan promosi, skala besar ataupun kecil. Sebab, promosi terbukti ampuh meningkatkan penjualan antara 10% sampai 50%. Sebaliknya, pengurangan biaya promosi juga akan memengaruhi performa penjualan. Setiap 1,5% pemotongan biaya promosi nantinya akan menurunkan volume penjualan sebesar 1% (International Journal of Education and Research Vol. 7, 2019).

Kesimpulan

Bisnis F&B bukan berfokus hanya pada masalah produksi makanan dan minuman semata. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, paling utama adalah mengenai pengelolaan operasional, sumberdaya, serta keuangan yang baik. Semoga tips di atas bisa membantu Anda untuk memulai bisnis ini ya!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan