Kotaku
Home Bisnis Mengenal Konsep Strategi Pemasaran 4P Dalam Meraih Kesuksesan Bisnis

Mengenal Konsep Strategi Pemasaran 4P Dalam Meraih Kesuksesan Bisnis

online 4126574 1280

Strategi pemasaran merupakan kunci utama dalam mencapai keberhasilan dan kesuksesan bisnis. Salah satu pendekatan yang efektif dalam dunia bisnis adalah menggunakan strategi pemasaran 4P.

Dalam melakukan bisnis maka memilih strategi pemasaran yang tepat, adalah hal yang penting bagi wirausaha. Pemasaran bertujuan untuk membuat konsumen tertarik dan membeli produk yang dihasilkan. Strategi pemasaran tidak hanya penting dalam perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga memiliki dampak yang efektif dalam usaha kecil dan menengah.

Nah, salah satur tregai yang dapat digunakan adalah strategi pemasaran 4P. Mau tau bagaimana penerapan strategi pemasaran ini? Simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Sebelum mengenal apa saja konsep strategi pemasaran 4P., mari mengenal lebih dekat tentang strategi pemasaran.

Strategi pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan produk perusahaan secara luas pada masyarakat. Tidak hanya mengenalkan, tetapi konsumen juga dapat mematikan, memverifikasi dan mengulangi embelaian.

Menurut Stanton , strategi pemasaran merupakan apa yang mencakup semua sistem dan terlibat dalam perencanaan dan penetapan harga produk, pemasaran produk, serta distribusi barang dan jasa untuk memuaskan konsumen secara aktual dan potensial.

Strategi Pemasaran 4P

Sistem strategi pemasaran 4P, terdiri dari 4 elemen dasar yaitu product, price, place, dan promotion. Empat variabel tersebut sangat mempengaruhi hasil akhir dari pemasaran. Untuk mempelajari bagaimana variabel-variabel strategi pemasaran 4P, akan dijelaskan di bawah ini.

Product

Product atau produk, adalah hal utama yang harus dipastikan dan dipikirkan saat pertama kali mendirikan bisnis. Produk harus sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pengembangan produk sangat penting dilakukan bahkan sebelum mengembangkan pemasaran.

Dalam menentukan produk yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pertanyaan pada konsumen. Konsumen akan memberikan saran dan kritik sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan produk lebih baik. Beberapa faktor yang dijadikan untuk menentukan produk adalah kualitas, logo, merk, pengemasan dan variasi produk.

Price

Price atau harga dalam strategi pemasaran adalah penentuan harga. Harga dapat menentukan persepsi pelanggan pada produk yang ditawarkan. Harga yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen . sehingga perusahaan harus mempertimbangkan sebagai faktor seperti biaya produksi keuntungan dan target pasar untuk menentukan harga produk mereka.

Penetapan harga yang tepat akan membantu perusahaan dalam mencapai keuntungan. penentuan harga ini harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Untuk menentukan harga kamu dapat menganalisa beberapa faktor yang mempengaruhi seperti nilai produk, keuntungan, promo, perbandingan dengan kompetitor dan lain sebagainya.

Place

Strategi pemasaran 4P selanjutnya adalah place atau tempat. Lokasi dan tempat yang strategis dapat mempengaruhi konsumen untuk datang dan memakai atau mobil produk. Selain tempat, menyediakan distribusi yang efisien juga menjadi salah satu strategi pemasaran.

Memilih lokasi yang strategis dalam membangun sebuah bisnis sangatlah penting. Lokasi strategis biasanya adalah tempat yang banyak di lalui oleh orang.

Promosi

Promosi adalah cara perusahaan menyampaikan pesan dan pemasaran pada pelanggan. Promosi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang produk memberikan motivasi untuk tertarik, serta membangun hubungan baik dengan konsumen.

Untuk meningkatkan pengetahuan produk di mata konsumen, dapat melakukan brand awareness yaitu memberi tahu banyak orang tenang usaha tersebut dan membujuk mereka membeli atau menggunakan jasa. Promosi dalam strategi pemasaran ini lebih menggunakan komunikasi pada konsumen, kamu dapat membujuk pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk yang dikeluarkan. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media, baik secara konvensional maupun secara online. Dengan adanya kemajuan teknologi pada era digital sekarang ini, promosi dapat dilakukan melalui berbagai media seperti Instagram, Facebook, hingga YouTube. Faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan promosi antara lain adalah waktu, media, dan cara menganalisa kompetitor.

Tujuan Strategi Pemasaran

sebuah strategi pemasaran memiliki beberapa tujuan yang bermanfaat untuk mensukseskan sebuah usaha. Berikut adalah beberapa tujuan tersebut.

Meningkatkan kesadaran merek, tujuan penting dalam strategi pemasaran adalah agar produk dapat dikenal dan dipilih oleh banyak konsumen.

Meningkatkan penjualan, tujuan utama adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa ang dikeluarkan. Karena dengan strategi pemasaran yang tepat akan membuat banyak konsumen tertarik membeli atau memakai barang dan jasa.

Meningkatkan keuntungan, strategi pemasaran digunakan untuk meningkatkan keuntungan yang lebih banyak, karena dapat meningkatkan penjualan dan pengelolalaan biaya produksi.

Memperbaiki citra perusahaan, dengan strategi pemasaran yang baik maka citra perusahaan akan menjadi positif.

Memperluas Penjualan, dengan promosi yang sesuai strategi pemasaran maka produk akan lebih banyak yang mengenal. Hal ini juga dapat memperluas penjualan dan menarik konsumen baru untuk menjadi pelanggan.

Fungsi Strategi Pemasaran

Sebuah bisnis pasti mempunyai strategi pemasaran yang memiliki tujuan agar produk atau jasa yang diproduksi dapat dikenal luas dan semakin banyak konsumennya. Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi strategi pemasaran.

Analisa pasar, digunakan untuk memahami kebutuhan, dan perilaku konsumen serta memonitor tren pasar.

segmentasi pasar, untuk mengidentifikasi target serta strategi pemasaran yang lebih efektif.

Mengembangkan produk dan layanan, untuk mengembangkan dan layanan sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Menetapkan harga pasar, sesuai dengan produk dan layanan perusahaan , diskon , promosi dan lain sebagainya, strategi pasar digunakan untuk menentukan harga.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad