Kotaku
Home Bisnis Mengapa Menerapkan Etika Bisnis dalam Bisnis Sangat Penting?

Mengapa Menerapkan Etika Bisnis dalam Bisnis Sangat Penting?

Mengapa Menerapkan Etika Bisnis dalam Bisnis Sangat Penting 1

Kotaku.id – Etika bisnis dalam bisnis adalah suatu hal yang perlu diajarkan dan dipraktikkan bagi setiap individu yang ada di dalam perusahaan. Mengapa etika bisnis dalam bisnis sangat penting?

Pada umumnya, etika bisnis merupakan nilai moral yang berkaitan dengan kebenaran dalam berbisnis. Adapun tujuan utamanya adalah untuk menciptakan kesejahteraan bisnis, menciptakan rekam jejak bisnis yang baik. Serta memperluas jangkauan usaha.

Dengan Anda melaksanakan etika yang benar, akan terjadi keseimbangan hubungan antar pengusaha dengan masyarakat, pelanggan, pemerintah, serta pihak lain yang berkepentingan. Yuk simak informasi secara lengkapnya dalam uraian berikut ini.

Pentingnya Menerapkan Etika Bisnis dalam bisnis

Tidak peduli bisnis tersebut berskala kecil atau besar, hal yang penting yaitu pelaku bisnis harus menerapkan etika bisnis dalam menjalankannya.

Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa menjalankan bisnis perlu menerapkan etika bisnis:

  1. Meningkatnya harapan publik supaya perusahaan dapat menjalankan bisnisnya secara etis. Perusahaan yang tidak berhasil menjalankan bisnisnya secara etis nantinya akan mengalami sorotan, kritik, dan hukuman.
  2. Agar perusahaan tidak melakukan berbagai macam tindakan yang membahayakan pemegang saham (stakeholders) lainnya.
  3. Penerapan etika bisnis didalam perusahaan bisa meningkatkan kinerja perusahaan. Contohnya, perusahaan menerapkan etika bisnis kepada para manajer dan karyawan. Misalnya berupa larangan minum alkohol bagi para karyawan, hal ini tentunya dapat menurunkan pengeluaran biaya kesehatan dan meningkatkan produktivitas kerja.
  4. Penerapan etika misalnya kejujuran, menepati janji, dan menolak suap bisa meningkatkan kualitas hubungan bisnis di antara dua pihak yang melaksanakan hubungan bisnis.
  5. Agar perusahaan bisa terhindar dari penyalahgunaan yang dilakukan oleh karyawan ataupun kompetitor yang bertindak tidak etis. Contohnya, kegiatan dumping yang dilakukan oleh pesaing luar negeri adalah perilaku tidak etis yang bisa merugikan perusahaan domestik.
  6. Penerapan etika perusahaan dengan baik dalam suatu perusahaan dapat menghindari terjadinya pelanggaran hak pekerja oleh pemberi kerja. Misalnya saja, perusahaan dianggap bertindak tidak etis jika di dalam perusahaan terjadi diskriminasi besaran gaji yang diakibatkan oleh diskriminasi rasial.
  7. Perusahaan perlu menerapkan etika bisnis untuk menjalankan usahanya. Hal ini dilakukan guna mencegah agar perusahaan (yang diwakili para pimpinannya) tidak mendapatkan sanksi hukum karena telah menjalankan bisnis secara tidak etis.

Prinsip Etika Bisnis

Mengapa Menerapkan Etika Bisnis dalam Bisnis Sangat Penting?

Berikut ini merupakan beberapa prinsip etika bisnis yang perlu dipahami dan diterapkan saat melakukan kegiatan bisnis.

  • Prinsip Kejujuran. Prinsip etika bisnis yang pertama yaitu kejujuran. Sikap jujur menjadi kunci sukses dan keberhasilan suatu usaha. Oleh sebab itu, utamakan selalu menerapkan prinsip ini di segala aspek kegiatan bisnis. Contohnya yakni jujur kepada konsumen terkait kandungan produk yang dijual.
  • Prinsip Keadilan. Prinsip etika bisnis yang kedua, yaitu ada keadilan. Artinya, semua pihak yang terlibat dalam aktivitas bisnis mempunyai hak menerima perlakuan yang sama dengan lainnya. Sehingga semua yang terlibat berhak untuk berkontribusi dalam bisnis secara langsung atau tidak langsung.
  • Prinsip Otonomi. Prinsip otonomi dalam etika bisnis berhubungan dengan suatu tindakan seseorang untuk mengambil keputusan sebagaimana mestinya. Dengan begitu, seorang pengusaha harus memiliki sikap tegas dalam menciptakan keputusan. Keputusan yang dibuat tidak boleh bertentangan dengan nilai moral serta norma yang berlaku di lingkungan masyarakat.
  • Prinsip Integritas Moral. Prinsip integritas moral juga wajib diterapkan ke berbagai pihak. Integritas moral yang tinggi bisa meningkatkan kepercayaan publik kepada perusahaan. Begitu pula sebaliknya, jika ada pihak perusahaan melaksanakan sesuatu yang bertentangan dengan moral, perusahaan nantinya akan menerima imbas buruknya.
  • Prinsip Loyalitas atau Kesetiaan. Prinsip etika bisnis yang terakhir ada loyalitas atau kesetiaan. Loyalitas kepada perusahaan dapat tercermin dari kerja keras selama menjalankan usaha. Yakni dengan tetap mengedepankan visi dan misi perusahan.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait mengapa etika bisnis sangat penting bagi bisnis. Semoga informasi yang disampaikan terkait mengapa etika bisni sangat penting bagi bisnis di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad