Kotaku
Home Pendidikan Cara Mudah Mengisi Deskripsi Pencarian Informasi Baru Portofolio UKIN PPG Daljab 2023

Cara Mudah Mengisi Deskripsi Pencarian Informasi Baru Portofolio UKIN PPG Daljab 2023

Cara Mudah Mengisi Deskripsi Pencarian Informasi Baru Portofolio UKIN PPG Daljab 2023

Kotakuid – Contoh Deskripsi Pencarian Informasi Baru penting untuk diketahui oleh semua calon guru yang akan ikut serta dalam UKIN PPG Daljab 2023. Agar bisa mengerjakannya dengan baik, Anda bisa mengetahui cara mengisi dan contoh penulisannya berikut ini.

Uji kinerja (UKIN) adalah salah satu bagian dari Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG). UKIN sendiri merupakan uji kompetensi yang bermanfaat dan bertujuan untuk mengukur kemampuan para calon guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran.

UKIN ini pada dasarnya dilaksanakan dalam bentuk ujian praktik pembelajaran dan uji portofolio. Khusus untuk uji portofolio, salah satu bagiannya yakni dengan mengisi deskripsi mengenai kegiatan pencarian informasi baru.

Pencarian informasi baru adalah salah satu kegiatan yang diadakan oleh para peserta atau para calon guru dalam meningkatkan kualitas diri. Kegiatan yang dimaksud yakni bisa berupa pelatihan, lokakarya, seminar/webinar, bahkan bisa kegiatan lain yang memang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi diri.

Cara Mengisi Deskripsi Pencarian Informasi Baru Portofolio UKIN PPG Daljab 2023

Pengisian Deskripsi Pencarian Informasi Baru dalam UKIN PPG Daljab 2023 dilaksanakan setelah para peserta mengisi atau mengunggah dokumen Pakta Integritas ke dalam bentuk PDF.

Para peserta selanjutnya wajib untukmengisi kolom deskripsi dengan cara menjabarkan kegiatan yang sudah dilaksanakan. Tuliskan bahwa untuk bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan dengan tujuan untuk menunjang kinerja dalam pembelajaran, peserta telah ikut serta dalam beberapa kegiatan, misalkan diklat, pelatihan, workshop, dan juga seminar tertentu. Sebutkan pihak penyelenggara dan jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut.

Selain berupa deskripsi, para peserta juga wajib untuk menjabarkan daftar kegiatan pencarian informasi ke dalam bentuk tabel sehingga bisa lebih rapi dan terstruktur. Usahakan untuk menjelaskan kegiatan dengan cara diurutkan dari tanggal atau tahun terdahulu.

Dengan tujuan untuk mempermudah pengisian, para peserta disarankan untuk membuat deskripsi pencarian informasi baru di dalam dokumen lain terlebih dahulu, misalnya saja di Microsoft Word.

Membuat deskripsi dengan lengkap, termasuk tabel kegiatannya, kemudian koreksi secara menyeluruh untuk bisa memastikan bahwa semuanya telah ditulis dengan baik dan benar. Jika telah selesai, barulah tulisan tersebut bisa di-copy paste ke bagian kolom Deskripsi Pencarian Informasi Baru.

Sebagai informasi tambahan, deskripsi Pencarian Informasi Baru UKIN PPG TA 2023 dianjurkan ditulis ke dalam kalimat yang baik dan juga efektif. Deskripsi ini tidak hanya memuat daftar kegiatan dan jadwal pelaksanaannya, akan tetapi juga apa yang sudah didapatkan oleh para peserta dari kegiatan tersebut.

Jadwal Pelaksanaan UKMPPG Daljab Periode 6 Tahun 2023

Berikut ini adalah jadwal lengkap pelaksanaan UKMPPG Daljab Periode 6 Tahun Anggaran 2023 yang digelar selama bulan Desember ini.

1. UP UKMMPPG Dalam Jabatan

  • Pendaftaran UP & UKin (laman UKMPPG): 26 November sampai 1 Desember 2023
  • Cetak Kartu UP (laman UKMPPG): 7 sampai 8 Desember 2023
  • Instalasi Mandiri (laman UKMPPG): 5 Desember 2023
  • Uji Coba (secara daring dengan Pengawas): 7 sampai 8 Desember 2023
  • Pelaksanaan UP (daring berbasis domisili): 9 sampai 10 Desember 2023

2. UKIN- UKMMPPG Dalam Jabatan

  • Pendaftaran UP & UKin (laman UKMPPG): 26 November sampai 1 Desember 2023
  • Briefing Mahasiswa: 28 November 2023
  • Mengisi Portofolio: 3 sampai 6 Desember 2023
  • Praktik Pembelajaran: 3 sampai 6 Desember 2023
  • Unggah Rencana Pembelajaran: 3 sampai 6 Desember 2023
  • Unggah Dokumen Studi Kasus: 3 sampai 6 Desember 2023
  • Penilaian UKin oleh Penguji: 8 sampai 12 Desember 2023

Itulah di atas penjelasan tentang cara mudah mengisi deskripsi pencarian informasi baru Portofolio UKIN PPG Daljab 2023. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad