Kotaku
Beranda Bisnis Customer Persona: Strategi Ampuh Agar Bisnis Berkembang

Customer Persona: Strategi Ampuh Agar Bisnis Berkembang

Customer Persona Strategi Ampuh Agar Bisnis Berkembang 1
Customer Persona Strategi Ampuh Agar Bisnis Berkembang 1

Kotakuid – Dalam dunia bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah customer persona. Yuk ketahui lebih lanjut tentang customer persona!

Dunia bisnis yang saat ini semakin berkembang ikut serta meningkatkan persaingan antara pemilik bisnis. Sehingga, banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan berbagai strategi digital marketing untuk memperolah simpati dari para konsumen.

Akan tetapi, sebelum Anda membicarakan tentang teknis dan strategi pemasaran untuk bisnis. Anda terlebih dahulu harus mendalami target pasar yang akan dihadapi nantinya. Proses mendalami target pasar bisa dilakukan hanya dengan membuat “customer persona”.

Pengertian Customer Persona

Customer persona adalah penggambaran dari siapa saja yang akan membeli dan menggunakan produk Anda. Customer persona juga bisa membantu Anda dalam beberapa hal yakni sebagai berikut:

  • Mengetahui cara berinteraksi dengan pelanggan yang mempunyai karakteristik dan latar belakang yang berbeda-beda
  • Dapat membantu dalam memahami bagaimana dan kenapa customer mengambil keputusan pembelian dari produk yang Anda jual
  • Membantu membuat strategi digital marketing yang benar dan tepat untuk menyasar calon customer Anda

Pada intinya, Anda hanya perlu membuat profil pelanggan yang seolah-olah terlihat nyata agar bisa menemukan cara menarik pelanggan ataupun para calon pelanggan.

Karena, orang-orang bisa membeli produk Anda dengan alasan yang berbeda. Oleh sebab itu, Anda harus membuat lebih dari satu persona konsumen.

Pertanyaan Yang Harus Disiapkan Dalam Membuat Customer Persona

Customer Persona
Customer Persona: Strategi Ampuh Agar Bisnis Berkembang 12

Dalam membuat customer persona, ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab dan Anda tanyakan kepada customer ideal Anda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Siapa mereka? Cek demografi, seperti misalnya gender, umur, dan edukasi.
  • Apa saja pekerjaan mereka? Seperti misalnya jabatan, ukuran perusahaan, industri, serta tanggung jawabnya di kantor.
  • Apa saja kegiatan sehari-hari mereka? Hari-hari pada umumnya, mereka akan bertemu dengan siapa dan keputusan apa yang akan mereka buat?
  • Kenali masalah utama yang mereka hadapi (primary pain points)? Jelaskan puls masalah yang mereka coba selesaikan dan kaitannya apa dengan produk Anda.
  • Hal apa saja yang di anggap penting? Dan apa saja goal mereka? Dalam membuat keputusan pembelian, apakah mereka mementingkan harga ataupun layanan?
  • Ke mana mereka akan mencari informasi? Identifikasikan sumber utama mereka untuk mencari informasi dalam melakukan riset keputusan pembelian.
  • Untuk jenis produk Business to Business (B2B): Apa saja yang mereka anggap penting saat memilih vendor? Buatlah daftar dari yang paling penting: faktor teknologi, pengalaman dan keahlian vendor di bidangnya.
  • Kenali keberatan utama mereka? Membuat daftar yang paling sering Anda dengar, termasuk alasan produk Anda tidak bisa menyelesaikan masalah mereka.

Manfaat Customer Persona

Pada dasarnya customer persona merupakan cara terbaik bagi perusahaan untuk memahami target audiensnya.

Dokumen tersebut juga dapat membantu mereka untuk meningkatkan conversion rate dan pendapatan pada perusahaan.

Nah, selain kedua hal tersebut, customer persona juga menawarkan beberapa manfaat lain yang dapat menguntungkan perusahaan.

Penasaran apa saja? Berikut ini merupakan daftar dan penjelasannya.

  • Pemahaman yang lebih baik mengenai kebutuhan pelanggan ideal perusahaan
  • Perusahaan mempunyai target audiens yang lebih tersegmentasi
  • Mampu meningkatkan efisiensi pemasaran perusahaan
  • Dapat meningkatkan kesuksesan pada tim sales perusahaan
  • Mampu mengidentifikasi persona yang negatif
  • Mampu memahami customer pain point secara menyeluruh

Kesimpulan

Dengan mengidentifikasi customer persona dalam target pasar, bisa bermanfaat untuk membantu Anda dalam membuat strategi digital marketing. Misalnya seperti penulisan kalimat (copywriting) seperti hal apa saja yang cocok untuk menarik perhatian mereka, kanal penjualan apa saja yang cocok untuk menarget mereka. Dan image/gambar/materi kreatif seperti apa saja yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Itulah di atas penjelasan tentang customer persona, semoga ulasan di atas bisa membantu Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan