Kotaku
Beranda Pendidikan Pembelajaran 3 Contoh Teks Pidato Persuasif dan Strukturnya

3 Contoh Teks Pidato Persuasif dan Strukturnya

free photo of laki laki perempuan duduk kelompok

Kotaku.id – Bagaimana cara membuat contoh teks pidato persuasif? Dalam artikel ini akan kami bahas berbagai hal tentang teks pidato persuasif beserta contohnya. Dalam materi pelajaran bahasa Indonesia, para siswa akan mempelajari berbagai jenis teks pidato. Salah satunya adalah teks pidato persuasif. Selain di sekolah, teks pidato persuasif juga kerap digunakan dalam kehidupan sosial kita.

Seperti misalnya, pada upacara bendera, pada pembuka kegiatan kerja bakti. Atau pun pada berbagai upacara hari-hari peringatan lainnya. Adapun tujuan dari teks pidato persuasif ini adalah untuk mengajak pendengarnya melakukan hal-hal positif yang disampaikan dalam pidato. Para pembicara biasanya akan menggunakan jenis teks ini sebagai panduan dalam menyampaikan pesan kepada pendengar.

Di sini, orator atau pembicara akan memberikan pemaparan yang jelas mengenai masalah yang dibahas, dampaknya. Serta manfaat yang akan muncul jika masalah tersebut tetap berlangsung atau berhenti. Untuk selanjutnya, khalayak akan menilai sendiri mengenai tindakan yang harus mereka perbuat. Berikut ini akan kami jelaskan tentang contoh teks pidato persuasif lengkap dengan strukturnya.

Mengenal Teks Pidato Persuasif

Contoh teks pidato persuasif
3 Contoh Teks Pidato Persuasif dan Strukturnya 21

Sebelum membahas tentang contoh teks pidato persuasif, sebaiknya Anda mengenal tentang pidato persuasif terlebih dahulu. Menurut buku Teknik Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) dan Negosiasi, penerbit NEM (2022). Pengertian pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk mempengaruhi pikiran khalayak atau pendengar melalui respon pendengar terhadap gagasan, isu atau topik yang dibawakan.

Hal inilah yang membuat pidato persuasif berbeda dengan jenis pidato lainnya. Pasalnya pidato persuasif bersifat ajakan kepada masyarakat atau sekelompok orang untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi kehidupan. Selain itu, pidato persuasif juga digunakan sebagai salah satu cara untuk menggerakkan masyarakat agar berbuat lebih banyak hal baik dan kreatif.

Sehingga, ketika Anda membuat contoh teks pidato persuasif haruslah berdasarkan pada argumen yang logis dan dapat dipertanggungjawabkan. Dalam penyampaiannya, pidato persuasif akan menggunakan tiga pendekatan yaitu etika, emosi, dan logika.

Struktur Teks Pidato Persuasif

Contoh teks pidato persuasif
3 Contoh Teks Pidato Persuasif dan Strukturnya 22

Dalam membuat contoh teks pidato persuasif, Anda harus memperhatikan struktur penyusunan teks pidato persuasif. Seperti teks pidato jenis lainnya, dalam membuat contoh teks pidato persuasif ada struktur penulisan yang harus Anda perhatikan. Antara lain sebagai berikut.

1. Pembukaan

Bagian pertama dalam penulisan contoh teks pidato persuasif adalah pembukaan. Bagian ini berisi salam pembuka atau pengantar awal sebelum menyampaikan isi pidato. Isi pembukaan pada umumnya berupa ucapan kepada hadirin atau pendengar yang hadir.

2. Isi

Masuk ke tahap selanjutnya adalah isi teks pidato persuasif. Bagian ini merupakan bagian inti pidato, umumnya berisi tentang ide pokok dari pidato yang disampaikan dengan tujuan meyakinkan pendengar. Kalimat yang digunakan biasanya berupa argumen yang disertai dengan data pendukung atau pemikiran yang logis.

3. Penutup

Dan untuk bagian akhir adalah penutup. Di bagian penutup biasanya menjabarkan mengenai ajakan kembali bagi pendengar mengenai topik yang dibahas. Selain itu, juga berisi salam hormat kepada seluruh pendengar yang hadir.

Agar lebih jelas tentang pemahaman pidato persuasif, berikut ini ada beberapa contoh teks pidato persuasif lengkap dengan strukturnya. Contoh teks pidato persuasif ini kami sajikan dengan berbagai tema menarik yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Contoh Teks Pidato Persuasif

Contoh teks pidato persuasif
3 Contoh Teks Pidato Persuasif dan Strukturnya 23

Berikut ini adalah contoh teks pidato persuasif dengan berbagai tema yang menarik yang kami rangkum dari berbagai sumber. Sebagai bahan referensi pembelajaran Anda, lengkap dengan strukturnya.

1. Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Pendidikan

Berikut ini adalah contoh teks pidato persuasif dengan tema Pendidikan lengkap dengan strukturnya.

Pembukaan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi untuk para guru-guru dan juga para sahabat-sahabat satu perjuangan. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat terutama nikmat kesehatan yang telah dikaruniakan kepada kita semua. Sehingga pada pagi ini kita masih diberi kesempatan untuk dapat berkumpul bersama-sama di sini.

Isi

Para hadirin yang berbahagia.
Pendidikan merupakan sebuah pondasi suatu bangsa yang sangat penting. Tanpa pendidikan, sebuah bangsa akan rusak karena tidak memiliki pondasi yang kuat untuk menopangnya. Namun, penyelenggaraan pendidikan tentunya juga bukan hanya tanggung jawab sekolah saja.

Harus ada sinergi yang kuat antara pendidik, anak didik, dan wali yang dididik atau orang tua siswa. Sinergi antara sekolah dengan siswa dan orang tua siswa haruslah kuat dan seimbang. Dimana, sekolah menyediakan fasilitas, sementara siswa memanfaatkannya dengan baik. Selanjutnya, para orang tua sebagai wali juga harus mengawasi siswa ketika berkegiatan di luar sekolah.

Selain itu, orang tua dan sekolah juga harus saling berkomunikasi dalam membahas perkembangan siswa ketika di sekolah maupun di luar sekolah. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Penutup

Oleh karena itu, marilah kita melaksanakan peran kita sebaik-baiknya dalam arena pendidikan di Indonesia ini. Bagi para guru, Anda bisa memaksimalkan potensi Anda untuk memberikan yang terbaik pada anak didik Anda. Dan harapannya bisa terus update atau mengikuti dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta juga informasi di era digital ini.

Untuk para siswa, harapannya adalah siswa dapat mengembangkan diri dan juga bisa belajar otodidak. Dan juga bisa memanfaatkan fasilitas sekolah dengan sebaik-baiknya jika mengalami kesulitan dalam belajar. Dengan begitu, maka sinergi pendidikan akan efektif dan mampu menjadi pondasi suatu bangsa yang baik.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan diridhoi Allah. Aamiin. Terima kasih atas waktu yang diberikan dan mohon maaf atas jika terdapat kesalahan dan kekeliruan.

Saya akhiri, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2. Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Kedisiplinan

Berikut ini adalah contoh teks pidato persuasif tentang kedisiplinan.

Pembukaan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah,
Yang terhormat Bapak wakil Kepala Sekolah,
Bapak/ibu guru serta anak anakku yang saya sayangi dan saya banggakan.

Pertama-tama tak lupa kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita dapat melakukan upacara bendera pada hari Senin ini dalam kondisi yang sehat.

Anak-anakku sekalian, pada pagi hari ini, saya ingin menyampaikan sedikit pesan mengenai kedisiplinan yang merupakan dasar dari rasa tanggung jawab.

Isi

Mungkin banyak dari kita yang menganggap bahwa kedisiplinan merupakan sesuatu hal yang merepotkan serta membuat ribet dan terikat. Kedisiplinan ini antara lain mencakup pakaian yang diatur rapi, berseragam, datang tepat waktu, dan pulang sekolah tepat waktu. Semuanya diatur dalam satu aturan. Ribet dan tidak praktis bukan?

Tapi, dapatkah kita melihat keribetan ini dari sisi yang lain? Dari aturan-aturan tersebut, ternyata memiliki dampak dan manfaat positif untuk diri sendiri. Secara tidak langsung, kedisiplinan akan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Dalam setiap aturan kedisiplinan, sudah pasti ada yang namanya sanksi, nah sanksi inilah yang akan melatih diri kita untuk lebih disiplin. Tujuan sebenarnya bukanlah memberi rasa takut, tapi kita bisa melihat dari segi lain. Yang mana dengan sanksi tersebut dapat memberi efek jera sehingga mendorong kita untuk lebih berdisiplin lagi. Dan efek ini bisa memberikan banyak manfaat untuk masa depan kita sendiri.

Sikap disiplin ini akan melekat pada diri kita hingga tua dan sangat bermanfaat untuk masa depan kita. Dengan membiasakan sikap disiplin sejak kecil akan membuat kita disiplin sampai kapan pun. Sebaliknya, dengan tidak berdisiplin dari kecil maka sampai kita dewasa dan tua pun akan menjadi pribadi yang kurang disiplin. Dan sikap ini bisa menghambat kesuksesan kita di masa depan.

Penutup

Maka, untuk kebaikan kita sendiri, marilah kita mulai bersikap disiplin dari detik ini juga. Kita berjanji untuk lebih berdisiplin dari sebelumnya. Jika kalian tidak disiplin, maka ada konsekuensi atau sanksi yang diterima. Dan akan merugikan diri kita sendiri. Itulah bentuk tanggung jawab yang terbangun oleh adanya kebiasaan berdisiplin.

3. Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Pelestarian Lingkungan

Berikut ini adalah contoh teks pidato persuasif tentang pelestarian hidup.

Pembukaan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua, selamat siang bapak/ibu guru dan teman-teman sekalian yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan berkah kenikmatan dan keselamatan kepada kita semua. Hingga pada hari ini kita dapat berkumpul di ruang ini dalam keadaan sehat walafiat.

Isi

Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan beberapa gagasan dan pendapat mengenai pentingnya menjaga pelestarian lingkungan hidup. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kelestarian lingkungan hidup merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga demi kelangsungan anak cucu kita kelak.

Lingkungan hidup yang rusak akan mudah mendatangkan berbagai bencana, seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan sebagainya. Dan untuk mencegah hal tersebut, ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Seperti salah satunya dengan menjalankan amanah sebagai fitrah manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Caranya adalah dengan menanam lebih banyak bibit pohon baru. Nantinya kelangsungan hidup pohon yang sudah rusak akan diganti dengan pohon-pohon yang baru. Dengan melakukan hal ini, maka akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kita sampai anak cucu kelak. Selain itu adalah dengan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya.

Dan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Karena selain merusak kelestarian lingkungan, membuang sampah sembarangan juga tidak baik untuk kesehatan. Dengan membiasakan diri mengasingkan pembuangan sampah berdasarkan jenisnya seperti sampah organik dan non organik. Juga akan membantu dalam perekonomian.

Karena nantinya sampah tersebut akan didaur ulang sesuai dengan jenis-jenis sampah, baik yang organik maupun yang non organik. Dan cara menjaga kelestarian lingkungan yang ketiga adalah memanfaatkan kebutuhan pohon sesuai dengan kebutuhan serta mematuhi larangan-larangan penebangan pohon secara liar.

Penutup

Demikian pidato singkat saya mengenai beberapa gagasan dan pendapat dengan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Semoga ada manfaat untuk kita semua. Jika ada kekurangan saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatiannya, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kesimpulan

Demikian tadi 3 contoh teks pidato persuasif lengkap dengan strukturnya. Penulisan teks pidato persuasif seharusnya memuat ajakan agar pendengar bisa mengikuti apa yang kita sampaikan.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan