Kotaku
Home Seputar Pekerjaan Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja, Singkat, Padat dan Jelas

Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja, Singkat, Padat dan Jelas

Bagi Anda yang mencari contoh surat lamaran kerja, simak tips dan contohnya dalam artikel kali ini. Bagi pencari kerja, surat lamaran adalah dokumen yang biasanya akan diminta oleh perusahaan yang menyebarkan lamaran.

Surat lamaran akan dilihat oleh HRD, selain portofolio dan CV. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang membuat surat lamaran perlu memperhatikan beberapa hal, agar dilirik oleh HRD.

Untuk mengetahui tips dan berbagai contoh surat lamaran kerja berikut kotaku.id sajikan contohnya.

Tip Membuat Surat Lamaran Kerja

Riset Perusahaan

Sebelum membuat surat lamaran kerja, jangan lupa untuk melakukan riset pada perusahaan terlebih dahulu. Cari tahu terlebih dahulu, perusahaan aoa atau produk apa yang ditawarkan. Kemudian cari tahu kualifikasi apa yang diharapkan dari melamar posisi tersebut.

Sebutkan posisi yang dilamar

Dalam surat lamaran jangan lupa untuk mengisi posisi yang Anda lamar. Isi dari surat harus menyertakan nama perusahaan dan darimana Anda mengetahui lowongan tersebut.

Tulis alasan Anda melamar

Sajikan beberapa kalimat, yang menjelaskan mengapa Ada memilih atau melamar posisi di perusahaan tersebut. Buktikan dengan beberapa kemampuan dan pengalaman yang telah didapatkan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Sampaikan kualifikasi secara singkat

Perusahaan pasti akan mempunyai pelamar yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Untuk itu berikan penjelasan tentang kualifikasi Anda secara singkat. Namun, saat menjalankan kualifikasi sesuaikan dengan persyaratan dan visi misi perusahaan. Oleh karena itu riset perusahaan juga penting.

Gunakan bahasa jelas dan ringkas

Ketika menulis surat lamaran pastikan menggunakan bahasa jelas dan ringkas, hindari menggunakan kata yang rumit dna frasa-frasa klise. Lebih baik sederhanakan kalimat menjadi paragraf yang dapat dipahami dengan mudah.

Periksa dan edit

Setelah selesai menulis surat lamaran, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dan pengeditan. Hal ini penting dilakukan, untuk memastikan bahwa afata dna isi surat lamaran telah benar.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Bidang Teknik:

Semarang, 22 Maret 2024

Kepada Yth.,

Yth. HRD PT Bina Bangsa

Jalan Anggrek Nomor 3

Perihal: Lamaran Pekerjaan Sebagai Engineer Perangkat Lunak

Dengan Hormat,

Sesuai dengan lowongan kerja yang saya peroleh dari akun Instagram Bina Bangsa pada 9 Maret 2024. Dengan ini saya mengajukan lamaran untuk posisi Engineer Perangkat Lunak di PT Bina Bangsa, Berikut adalah data diri saya:

Nama: Ariani

Alamat: Jalan Bunga 02, Semarang

No. Telepon: 098765432087

Email: @[email protected]

Saya memiliki gelar Sarjana Teknik Informatika dari Universitas Mentari dan pengalaman kerja di PT Xero sebagai Developer Perangkat Lunak.

Selama bekerja di PT Xero, saya telah terlibat dalam pengembangan aplikasi web dan mobile yang kompleks menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti Java, Python, dan JavaScript. Saya memiliki pemahaman yang kuat tentang metodologi pengembangan perangkat lunak dan keterampilan analisis yang baik.

Saya tertarik dengan visi dan misi perusahaan ini, dan saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam tim pengembangan perangkat lunak Anda. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dalam wawancara guna membahas lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi untuk kesuksesan perusahaan ini.

Terlampir CV dan Ijazah saya untuk referensi Anda. Saya mengucapkan terima kasih atas pertimbangan lamaran saya ini.

Hormat saya,

 

Ariani

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Kepada Yth.,

HRD PT Bank Satu Jaya

Di tempat

Perihal: Lamaran Pekerjaan Sebagai Teller

Dengan Hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan PT Bank Satu Jaya, pada website resmi 25 Maret 2024. Dengan ini saya mengajukan lamaran untuk mengisi posisi Teller pada PT Bank Satu Jaya. Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama: Sianata

Alamat: Jalan Raya 09, Solo

No. Telepon: 09876543690

Email: [email protected]

Saya memiliki gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Mentari dan pengalaman kerja di bidang layanan pelanggan sebagai Customer Service di PT Xero.

Selama bekerja sebagai Customer Service, saya telah terbiasa dalam melayani kebutuhan nasabah dengan ramah dan profesional. Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kemampuan dalam menangani transaksi keuangan. Saya juga memahami pentingnya menjaga kerahasiaan dan keamanan data nasabah.

Saya sangat tertarik dengan kesempatan untuk bergabung di PT Bank Satu Jaya, sebuah lembaga keuangan yang terkemuka dalam industri. Saya yakin bahwa keterampilan dan pengalaman saya akan menjadi aset yang berharga bagi tim Teller di bank Anda.

Saya siap untuk dijadwalkan wawancara untuk membahas lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi untuk mencapai tujuan bank Anda. Terlampir CV saya untuk informasi lebih lanjut. Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran saya ini.

Hormat saya,

 

Sianata

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Yth. Kepala Sekolah SD Maju

Perihal: Lamaran Pekerjaan Sebagai Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Riana

Alamat: Jalan Raya, Solo

No. Telepon: 09875473920

Email: [email protected]

Sesuai dengan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan dari akun Instagram SD Maju. Dengan ini saya mengajukan lamaran untuk posisi Guru Bahasa Inggris di SD Maju. Saya memiliki gelar Sarjana Pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan fokus pada bidang Sastra Inggris dan pengalaman kerja sebagai Guru Bahasa Inggris di SD Jaya.

Selama bekerja sebagai Guru, saya telah berdedikasi untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswa-siswi dengan memanfaatkan berbagai metode pengajaran yang inovatif. Saya memiliki pemahaman yang kuat tentang kurikulum dan pedagogi yang relevan dengan mata pelajaran yang saya ajarkan. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan menyenangkan bagi para siswa.

Saya sangat tertarik dengan kesempatan untuk bergabung di SD Maju, sebuah institusi pendidikan yang terkenal dengan prestasinya dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan inspiratif. Saya yakin bahwa keterampilan dan pengalaman saya akan menjadi aset yang berharga bagi staf pengajar di sekolah Anda.

Saya siap untuk dijadwalkan wawancara guna membahas lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi untuk mencapai tujuan pendidikan di SD Maju. Terlampir Ijazah, Transkrip Nilai, Foto, dan CV saya untuk informasi lebih lanjut. Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran saya ini.

 

Hormat saya,

 

Riana

 

 

 

 

 

 

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad