Kotaku
Home Bisnis Mengenal Pentingnya Likuiditas dalam Bisnis, Pelaku Usaha Perlu Pahami Ini!

Mengenal Pentingnya Likuiditas dalam Bisnis, Pelaku Usaha Perlu Pahami Ini!

Kotaku.id – Pembahasan dibawah ini akan membahas secara singkat terkait mengenal pentingnya likuiditas dalam bisnis. Yuk simak pembahasannya!

Likuiditas merupakan suatu aspek penting untuk dipahami oleh semua orang yang terlibat aktif dalam dunia keuangan. Baik itu individu ataupun perusahaan. Dengan paham akan manfaatnya, Anda bisa mengambil keputusan keuangan dengan lebih baik.

Dalam dunia keuangan, liquidity atau likuiditas ini berkaitan erat dengan kemampuan untuk menghadapi krisis keuangan maupun peluang investasi yang muncul. Likuiditas yang baik mampu membantu perusahaan memenuhi kewajiban jangka pendek. Misalnya seperti hutang usaha, deviden, pajak serta aktiva lancar lainnya.

Ada banyak sekali hal yang mampu memengaruhi likuiditas, salah satunya adalah pembayaran pajak. Pembayaran pajak yang tidak tepat waktu bisa berdampak negatif pada likuiditas perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan perlu mengelola pembayaran pajaknya dengan baik supaya tidak mengganggu likuiditas perusahaan.

Mengenal Likuiditas

Untuk orang yang berkecimpung di dalam dunia bisnis pasti tidak asing lagi dengan likuiditas. Istilah ini berfokus pada kemampuan suatu aset untuk dikonversi menjadi uang tunai dengan cepat tanpa harus memengaruhi nilainya.

Dalam situasi darurat, mempunyai aset yang bisa cepat diubah menjadi uang tunai yang mampu membantu mengatasi masalah finansial. Semakin mudah suatu aset dijual ataupun ditukar dengan uang tunai. Maka akan semakin tinggi juga tingkat likuiditasnya.

Contoh aset yang likuid ini yaitu uang tunai, sementara properti dan aset fisik lainnya biasanya mempunyai tingkat likuiditas yang lebih rendah karena membutuhkan waktu untuk dijual.

Sebuah perusahaan dengan likuiditas yang kuat dinilai lebih mampu dalam menghadapi tantangan keuangan yang tak terduga. Misalnya seperti penurunan pendapatan atau biaya yang tidak terduga. Di sisi lain, kurangnya likuiditas juga bisa mengarah pada kesulitan finansial bahkan kebangkrutan.

Pentingnya Likuiditas dalam Bisnis

Likuiditas mempunyai beberapa fungsi penting untuk perusahaan, antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Membantu memenuhi kewajiban jangka pendek. Likuiditas memiliki peran penting dalam bisnis karena bisa membantu perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek. Misalnya seperti hutang usaha dan pajak. Jika tidak mempuyai tingkat liquidity yang cukup, perusahaan tidak bisa memenuhi kewajibannya yang nantinya dapat menyebabkan kebangkrutan.
  • Meningkatkan daya tarik bagi investor. Likuiditas adalah salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan investor dalam mengambil keputusan investasi. Hal ini karena, berinvestasi pada aset yang likuid mempunyai kepastian bahwa aset tersebut bisa dijual dengan cepat dan mudah. Hal ini sangat penting bagi investor yang memerlukan dana tunai secara cepat. Misalnya saja untuk kebutuhan mendesak atau untuk kebutuhan bisnis.
  • Membantu mengelola arus kas. Tingkat likuiditas yang baik nantinya akan membantu perusahaan menjadi lebih efisien dalam mengelola arus kasnya. Hal ini karena, perusahaan yang likuid mempunyai lebih banyak kas dan aset lancar yang bisa digunakan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya.

Jenis-jenis Likuiditas

Ada beberapa jenis likuiditas yang harus Anda pahami, beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Likuiditas Lancar (Current Liquidity). Current liquidity merupakan kemampuan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya dengan memanfaatkan aset yang paling likuid. Misalnya seperti uang tunai, setara kas, dan akun piutang yang nantinya akan segera diterima..
  • Likuiditas Operasional (Operating Liquidity). Operating liquidity ini mencakup aset yang lebih luas dibandingkan current liquidity. Hal ini mencakup aset yang lebih sulit diubah untuk menjadi uang tunai dalam waktu singkat, misalnya persediaan dan aset tetap.
  • Likuiditas Investasi (Investment Liquidity). Jenis likuiditas ini yakni mencakup aset yang sulit diubah menjadi uang tunai. Khususnya tanpa mengalami kerugian nilai yang signifikan. Contohnya yaitu investasi jangka panjang misalnya saham, obligasi, ataupun properti.
  • Likuiditas Keseluruhan (Total Liquidity). Terakhir, ada total liquidity yang mana menjadi gambaran secara menyeluruh terkait kemampuan suatu perusahaan untuk bisa mengubah semua asetnya menjadi uang tunai. Hal ini mencakup current liquidity, operating liquidity, dan investment liquidity.

Kesimpulan

Dengan memahami likuiditas dalam bisnis, perusahaan Anda nantinya bisa mencapai kesuksesan keuangan jangka panjang. Hal ini melibatkan perencanaan keuangan yang baik, pengelolaan utang atau pembayaran kewajiban jangka pendek. Misalnya seperti pembayaran pajak dengan tepat waktu.

Demikian pembahasan singkat terkait mengenal pentingnya likuiditas dalam bisnis. Semoga pembahasan yang disampaikan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad