Kotaku
Home Bisnis Apa Kegunaan Titik Impas dalam Perhitungan Usaha? Berikut Ini Penjelasannya

Apa Kegunaan Titik Impas dalam Perhitungan Usaha? Berikut Ini Penjelasannya

Kotaku.id – Apa kegunaan titik impas dalam perhitungan usaha? Dibawah ini merupakan penjelasan yang dapat Anda pahami. Ada apa saja kegunaan titik impas dalam perhitungan usaha? Jawabannya akan dijelaskan dalam beberapa hal berikut.

Nah, sebelum membahas secara lengkap mengenai kegunaan titik impas dalam perhitungan usaha. Ada baiknya mengenal lebih dahulu tentang pengertian titik impas, dibawah ini adalah pembahasan lengkapnya!

Mengenal Titik Impas (Break Even Point)

Break Even Point atau yang disingkat dengan BEP adalah suatu titik impas dimana laba yang didapatkan memiliki nilai setara dengan yang dibutuhkan dalam sebuah usaha. Atau bisa disebut sebagai tidak mengalami kerugian. Dalam posisi ini, laba bernilai 0 (nol) yang artinya tidak untung ataupun tidak rugi atau untuk orang awam banyak dikenal dengan balik modal.

Kondisi BEP ini dapat muncul jika perusahaan Anda menggunakan biaya tetap dalam operasionalnya. Sedangkan volume penjualannya hanya cukup menutupi biaya tetap beserta dengan biaya variabel yang ada. Dengan demikian, untung-rugi perusahaan Anda akan berada pada posisi titik 0 (nol). Dan jika pendapatan yang perusahaan Anda hasilkan lebih besar dibandingkan dengan biaya tetap dan biaya variabel, maka perusahaan Anda telah dinyatakan untung.

Dasar-dasar Titik Impas (Break Even Point) dalam Usaha

Seorang pengusaha dapat memahami dan mengetahui keuangan dalam periode tertentu atau selanjutnya dengan cara melihat BEP dari hasil penjualan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan pemahaman tentang konsep dasar dalam menentukan titik BEP ini. Berikut ini beberapa macam dasar dari Break Even Point yang perlu dipahami dan dimengerti:

  • Bahan utama dalam perhitungan BEP ini adalah biaya tetap (fixed cost) dan biaya variabel ( Variable cost )
  • Jika muncul suatu perubahan selama produksi, maka tidak berpengaruh terhadap nilai biaya tetap atau fixed cost dan tetap konstan.
  • Munculnya perubahan volume dari kapasitas produksi, tentu berpengaruh terhadap nilai biaya variabel keseluruhannya.
  • Jika nilai jual barang tetap, maka selama analisis dilaksukan tidak akan memunculkan perubahan harga jual yang telah ditetapkan.
  • Jika dilihat dari segi perhitungan BEP, jumlah produk yang dihasilkan nantinya akan selalu dianggap sudah habis terjual.
  • Menghitung BEP ini berlaku untuk satu produk, jika perusahaan melakukan produksi secara massal, maka dibutuhkan persamaan hasil penjualan setiap produk.

Kegunaan Titik Impas dalam Perhitungan Usaha

Titik impas (break-even point) merupakan titik di mana total pendapatan sama dengan total biaya, sehingga tidak ada keuntungan ataupun kerugian yang terjadi. Dalam perhitungan usaha, titik impas mempunyai beberapa kegunaan penting yakni sebagai berikut:

1. Penentuan Rentabilitas

Titik impas dapat membantu perusahaan melakukan evaluasi rentabilitas usaha. Jika penjualan di atas titik impas, perusahaan nantinya akan menghasilkan keuntungan, sedangkan jika penjualan di bawah titik impas, maka perusahaan akan mengalami kerugian.

2. Perencanaan Produksi dan Penjualan

Dengan mengetahui titik impas, perusahaan bisa merencanakan tingkat produksi dan penjualan yang dibutuhkan untuk mencapai titik impas tersebut. Hal ini dapat membantu dalam mengoptimalkan sumber daya. Serta dapat menghindari produksi berlebihan yang bisa mengakibatkan kerugian.

3. Analisis Risiko

Titik impas bisa digunakan untuk melakukan analisis risiko keuangan. Jika perusahaan mempunyai titik impas yang rendah, artinya perusahaan bisa menanggung fluktuasi penjualan atau biaya tanpa mengalami kerugian.

Sebaliknya, jika titik impas yang tinggi mungkin dapat membuat perusahaan lebih rentan pada perubahan ekonomi ataupun industri.

4. Penentuan Harga Jual

Titik impas merupakan momen krusial dalam kehidupan dimana pilihan yang diambil bisa menentukan arah selanjutnya. Hal ini adalah saat di mana segala sesuatu tampak seimbang di ambang perubahan, dan keputusan yang diambil mempunyai dampak signifikan terhadap masa depan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan terkait pengertian titik impas dan kegunaan titik impas dalam perhitungan usaha. Semoga pembahasan terkait pengertian titik impas dan kegunaan titik impas dalam perhitungan usaha di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad