Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Terlengkap! Ini Contoh Soal Tes Wawancara PPG Prajabatan 2023 Beserta Jawabannya

Terlengkap! Ini Contoh Soal Tes Wawancara PPG Prajabatan 2023 Beserta Jawabannya

Kotakuid – Setelah seleksi tulis Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan gelombang 3 tahun anggaran 2023, peserta yang lolos akan dihadapkan dengan tes wawancara.

Adapun untuk kisi-kisi wawancara PPG Prajabatan 2023 adalah sebagai berikut ini :

  • Building positive working relationship (membangun hubungan kerja sama positif)
  • Coaching (pembinaan)
  • Compelling communication (komunikasi yang menarik)
  • Continuous learning (pembelajaran berkelanjutan)
  • Decision making (pengambilan keputusan)
  • Ethical maturity (kematangan beretika)
  • Managing work (mengelola pekerjaan)
  • Mission/purpose (misi/tujuan)
  • Resilience (daya juang/resiliensi)
  • Valuing differences (menghargai perbedaan)

Sementara  itu, agar lebih siap berikut ini adalah contoh tes wawancara PPG Prajabatan 2023 beserta jawabannya.

1. Apa motivasi anda mengikuti PPG Prajabatan ini?

[Jawaban:] Saya ingin mengembangkan kemampuan mengajar saya untuk menjadi guru yang profesional, khususnya dalam mencetak SDM dan menjadi bagian dari kemajuan pendidikan di Indonesia.

2. Jelaskan motivasi anda menjadi guru?

[Jawaban:] Menurut saya, menjadi guru adalah kesempatan untuk mengabdi kepada negara serta mengabdi kepada masyarakat, ikut serta menjadi bagian dalam mencerdaskan masyarakat indonesia dan generasi muda penerus bangsa untuk kemajuan negara Indonesia.

3. Bisa ceritakan tentang bidang studi yang anda daftar?

[Jawaban:] Jawablah seputar bidang studi yang anda lamar lalu ceritakan dengan jelas tentang bidang studi tersebut.

4. Jelaskan pendapat anda tentang pengajar dan pendidik, apa perbedaan dari keduanya?

[Jawaban:] Seorang pendidik pastinya bisa mengajar, akan tetapi seorang pengajar belum tentu bisa mendidik anak bangsa. Seorang guru dituntut untuk bisa melakukan keduanya, mengajar dan mendidik. Menjadi guru yang berperan sebagai pengajar artinya bertanggungjawab terhadap suatu permasalahan akademis, melakukan tindakan untuk membuat orang lain mengerti dan paham akan sesuatu hal.

5. Apakah anda bersedia ditempatkan di wilayah di seluruh wilayah Indonesia?

 [Jawaban:] Saya sangat bersedia ditempatkan dimana saja diseluruh indonesia. Karena bagi saya guru profesional merupakan guru yang siap untuk menjalankan tugas sebagai pengajar dan pendidik dimana saja, dan pada siapa saja untuk mencerdaskan generasi muda sebagai penerus bangsa.

6. Menurut Anda, guru profesional itu seperti apa?

[Jawaban:] Guru profesional merupakan guru yang mempunyai 4 kompetensi jabatan guru yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian serta kompetensi sosial.

Kompetensi pedagogik guru merupakan kemampuan atau keterampilan guru yang dapat mengelola suatu proses pembelajarana ataupun interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.

Kompetensi kepribadian ini berkaitan dengan karakter personal, ada indikator yang mencerminkan bahwa kepribadian positif seorang guru yakni , rendah hati, berwibawa, santun, empati, supel, sabar, disiplin, jujur, ikhlas, berakhlak mulia, bertindak sesuai dengan norma sosial dan hukum dll.

Kompetensi profesional guru merupakan kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki agar tugas tugas keguruan dapat diselesaikan dengan baik.

Kompetensi sosial diketahui berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa dan juga masyarakat secara luas.

7. Jelaskan Pendapat anda tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan Implementasi pekerjaan anda terhadap hal tersebut?

[Jawaban:] Pancasila merupakan dasar negara Indonesia berati seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk salah satunya peraturan perundang-undangan adalah mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila.

Implementasi pada pekerjaan saya yaitu saya akan melaksanakan pekerjaan saya yang sebagai pendidik dan pengajar sesuai pada aturan yang berlaku dan dibuat oleh pemerintah.

Saya juga akan ikut serta berperan untuk menjadi bagian terdepan dalam menanamkan nilai nilai pancasila untuk anak didik saya. Salah satunya dengan mengajarkan mereka untuk bertindak sesuai dengan nilai pancasila.

8. Jelaskan Pendapat Anda Tentang Lagu Indonesia Raya

[Jawaban:] Lagu Indonesia raya merupakan lagu kebangsaan untuk negara indonesia. Lagu Indonesia Raya merupakan gambaran perasaan nasional yang mempunyai makna salah satunya menggambarkan semangat dan cita cita bangsa Indonesia yang tertulis dalam lirik demi lirik lagu.

Lagu Indonesia termasuk identitas nasional kita sebagai bangsa Indonesia, sehingga kita harus bangga terhadap lagu indonesia dan senantiasa untuk menjiwai apa yang terkandung di dalamnya. Mencintai lagu Indonesia adalah bagian penting dari cinta tanah air dan rasa nasionalisme kita.

9. Menurut Anda, Pancasila itu seperti apa?

[Jawaban:] Pancasila adalah ideologi negara indonesia: rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara untuk seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila merupakan dasar negara indonesia: semua pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk salah satunya peraturan perundang-undangan adalah mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila.

Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa indonesia, bahwa semua aktifitas pada kehidupan bangsa Indonesia sehari hari harus sesuai dengan Pancasila.

10. Bagaimanakah cara untuk memanfaatkan waktu belajar yang sedikit?

[Jawaban:] Menggunakan metode belajar yang fleksibel seperti salah satunya metode ceramah yang dipadatkan sehingga dapat memaksimalkan waktu. Sementara itu, guru akan memberikan penugasan terhadap siswa untuk dikerjakan di rumah.

11. Cara seperti apa yang harus dilakukan agar siswa dapat mengungkap permasalahan kehidupan siswa?

[Jawaban:] Melakukan konseling baik oleh wali kelas dan kesiswaan. Di sekolah, tradisi yang dikembangkan yaitu melakukan kunjungan ke siswa (home visit) untuk bisa menemui orang tua mereka secara langsung. Output yang diharapkan pada kegiatan ini yaitu memetakan persoalan hidup yang dialami siswa dengan prinsip kekeluargaan dan sosial.

12. Bagaimana cara untuk menumbuhkembangkan semangat belajar pada peserta didik?

[Jawaban:] Sangat dibutuhkan strategi untuk selalu menumbuhkembangkan semangat belajar pada peserta didik. Adapun, upaya untuk menumbuhkembangkan semangat mereka harus dilakukan dengan mengingatkan peserta didik tentang masa depan dan keadaan orang tua di rumah mereka. Dengan melalui refleksi psikologis tersebut, siswa akan bisa mengisi ulang semangat mereka untuk belajar secara lebih giat lagi.

Demikian penjelasan tentang Contoh Soal Tes Wawancara PPG Prajabatan 2023 Beserta Jawabannya. Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad