Kotaku
Home Pendidikan Peserta PPG Prajabatan 2023: Generasi Baru Guru Indonesia

Peserta PPG Prajabatan 2023: Generasi Baru Guru Indonesia

Kotaku.id Peserta PPG Prajabatan: Generasi Baru Guru Indonesia – Pendidikan profesi guru (PPG) merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan sarjana kependidikan dan sarjana/diploma IV non kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru. Program PPG dibagi menjadi dua jenis, yaitu PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan.

Peserta PPG Prajabatan

Peserta PPG Prajabatan

Individu yang dapat mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan adalah mereka yang telah menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana di bidang kependidikan atau diploma IV di luar kependidikan. Saat ini, mereka belum tercatat sebagai guru atau kepala sekolah dalam Data Pokok Pendidik (Dapodik) dan Simpatika.

PPG Prajabatan tidak membatasi latar belakang pendidikan, sehingga calon peserta dapat berasal dari berbagai jurusan, termasuk jurusan pendidikan maupun jurusan di luar kependidikan. Program ini dirancang untuk memfasilitasi individu-individu tersebut agar dapat memperoleh kualifikasi dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi guru atau kepala sekolah di lembaga pendidikan formal.

Persyaratan Peserta PPG Prajabatan

Berikut adalah persyaratan untuk menjadi peserta PPG Prajabatan:

  • Warga Negara Indonesia
  • Lulusan sarjana kependidikan atau sarjana/diploma IV non kependidikan
  • Tidak terdaftar sebagai guru atau juga kepala sekolah di Dapodik maupun di Simpatika
  • Memiliki nilai TOEFL ITP minimal 450 atau nilai IELTS minimal 5,5
  • Memiliki sertifikat pendidik atau surat keterangan lulus ujian kompetensi guru (UKG)

Proses Seleksi PPG Prajabatan

Proses seleksi mencakup dua langkah esensial, yakni seleksi administrasi dan seleksi substansi. Pada tahap seleksi administrasi, dilakukan pengecekan untuk memverifikasi kelengkapan dokumen yang diserahkan oleh peserta.

Sementara itu, pada tahap seleksi substansi, fokus diberikan pada penilaian kemampuan peserta dalam memahami dan menguasai materi yang terkait dengan PPG. Dengan demikian, proses seleksi ini dirancang untuk secara komprehensif mengidentifikasi kualifikasi serta potensi setiap peserta yang terlibat dalam PPG Prajabatan.

Materi PPG Prajabatan

Materi PPG Prajabatan meliputi:

  • Kompetensi pedagogik
  • Kompetensi kepribadian
  • Kompetensi sosial
  • Kompetensi profesional

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam memahami karakteristik peserta didik, merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil pembelajaran, dan mengembangkan profesionalisme. Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan guru dalam menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.

Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru dalam berkomunikasi secara efektif, bekerja sama, dan berkolaborasi dengan orang lain. Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam menguasai materi pelajaran secara mendalam, mengembangkan kurikulum, dan melaksanakan penilaian hasil belajar.

Daftar Ulang PPG Prajabatan

Bagi peserta yang telah berhasil melewati tahap seleksi administrasi dan substansi, diharuskan untuk melakukan proses daftar ulang di institusi pendidikan yang menjadi penyelenggara PPG tersebut. Registrasi ulang ini bertujuan untuk mengkonfirmasi keikutsertaan mereka dalam program PPG.

Perihal perkuliahan PPG Prajabatan, rangkaian kegiatan pembelajaran ini diselenggarakan selama dua semester dengan total beban studi sebanyak 38 SKS. Proses pembelajaran dilakukan secara kombinasi daring dan tatap muka, menciptakan pengalaman belajar yang beragam dan menarik bagi para peserta.

Bagi setiap peserta, kewajiban mengikuti ujian PPG Prajabatan merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Ujian ini terdiri dari dua komponen, yakni ujian tulis dan ujian kinerja, sebagai penilaian terhadap pemahaman dan keterampilan yang telah diperoleh selama perkuliahan.

Setelah sukses melewati ujian, para peserta berhak menerima sertifikat pendidik sebagai bentuk pengakuan atas keberhasilan mereka dalam menyelesaikan program. Sertifikat pendidik tersebut memiliki nilai legalitas dan merupakan tanda penghargaan terhadap dedikasi mereka sebagai tenaga profesional dalam dunia pendidikan.

Potensi Peserta PPG Prajabatan

Potensi Peserta PPG Prajabatan

Peserta yang mengikuti Program Pendidikan Guru Prajabatan menunjukkan potensi yang sangat besar untuk menjadi pendidik berkualitas. Potensi tersebut mencakup berbagai aspek, termasuk semangat dan motivasi yang tinggi dalam mengejar karir sebagai guru, latar belakang pendidikan yang beragam, serta kemampuan untuk terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam konteks meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, peserta memegang peran yang sangat signifikan. Mereka diharapkan tidak hanya menjadi guru yang profesional, melainkan juga memiliki kemampuan kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sebagai agen perubahan di dunia pendidikan, peserta diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam transformasi sistem pendidikan.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad