Jawaban Soal Pernyataan Manakah yang Paling Tepat untuk Pembelajaran Berdiferensiasi?

Daftar isi:
KOTAKU.ID – Dalam pembahasan kali ini akan membahas secara lebih lengkap terkait jawaban soal dari pernyataan manakah yang paling tepat untuk pembelajaran berdiferensiasi. Adapun jawaban ini disajikan bagi Anda yang sedang mencari bahan referensi atau belajar dan mengetahui terkait pernyataan manakah yang paling tepat untuk pembelajaran berdiferensiasi.
Jawaban dan pembahasan di bawah ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda. Namun ada baiknya jawaban berikut ini tidak dijadikan sebagai bahan mencontek. Usahakan Anda telah memiliki sebuah jawaban yang akan diberikan sebagai alat tolak ukur sudah sejauh mana Anda paham akan materi tersebut.
Dengan melalui beragam latihan soal tanpa perlu melihat kunci jawaban, maka Anda akan paham dengan sendirinya terkait materi-materi yang akan keluar dalam soal ujian. Berikut ini merupakan jawaban pernyataan manakah yang paling tepat untuk pembelajaran berdiferensiasi.
Soal Lengkap: Pernyataan manakah yang paling tepat untuk pembelajaran berdiferensiasi?
- Setiap orang memiliki kemampuan berbeda, sehingga pembelajaran harus dibuat secara individual berdasarkan pengetahuan awal setiap murid.
- Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar kita dapat menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
- Pembelajaran berdeferensiasi merupakan solusi untuk merespon atas masalah yang muncul dalam pembelajaran
- Pembelajaran berdeferensiasi diperlukan agar standar kurikulum dapat disesuaikan dengan kecepatan murid dalam mencapai standar kurikulum.
- Pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan anak yang tingkat pemahamannya lebih tinggi dari yang lainnya.
Jawaban paling tepat dari pernyataan manakah yang paling tepat untuk pembelajaran berdiferensiasi adalah B. Pembelajaran berdiferensiasi diperlukan agar kita dapat menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
Pembahasan
Guru perlu memfasilitasi murid sesuai pada kebutuhannya, hal ini disebabkan karena setiap murid mempunyai karakteristik dan kemampuan yang berbeda-beda dibandingkan dengan murid lainnya, sehingga tidak bisa diberikan perlakuan yang sama bagi setiap murid.
Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi ini guru harus memikirkan tindakan yang kreatif serta harus dapat diterima oleh akal, karena inti dari pembelajaran pembelajaran berdiferensiasi ini guru diharapkan dapat untuk membedakan murid yang mempunyai kemampuan yang kurang baik dalam menerima pembelajaran dan yang dapat menerima pembelajaran dengan baik.
Untuk bisa mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, hal yang perlu diterapkan oleh guru adalah sebagai berikut:
- Melaksanakan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan pada tiga aspek, yaitu: kesiapan belajar, minat belajar, serta profil belajar murid (bisa dilaksanakan dengan melalui wawancara, observasi, kuesioner. )
- Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan pada hasil pemetaan
- Melakukan evaluasi pembelajaran yang telah berlangsung untuk dapat melihat seberapa efektifitas pembelajaran diferensiasi tersebut dan hal apa saja yang perlu ditingkatkan.
Jawaban Pre Test Modul 2 Pembelajaran Berdiferensiasi Guru Penggerak
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu materi yang ada di dalam modul 2 Guru Penggerak: Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid. Gustap Elias dkk. dalam buku Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi (2021) telah mendefinisikan pembelajaran berdiferensiasi sebagai bentuk pembelajaran yang melibatkan siswa dengan proaktif.
Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan le dalam tiga langkah. Langkah pertama yaitu melaksanakan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan kesiapan, minat serta profil belajar murid. Selanjutnya, tenaga pendidik merencanakan pembelajaran berdiferensiasi. Setelah itu, guru melaksanakan evaluasi dan refleksi di akhir pembelajaran.
Dibawah ini merupakan beberapa contoh soal pretest modul Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid .
Soal 1
Pak Budi merupakan guru IPS kelas 3 SMP. Salah satu kompetensi dasar yang perlu dicapai oleh muridnya yaitu melakukan analisis perubahan kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia untuk dapat menghadapi arus globalisasi guna memperkokoh kehidupan kebangsaan kebangsaan. Ia kemudian menyiapkan berbagai macam materi bacaan terkait dengan kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia di dalam berbagai tingkat kesulitan dan menugaskan murid-muridnya untuk dapat membaca materi yang sesuai pada kemampuan mereka. Menurut Anda, perspektif kebutuhan murid yang diakomodasi pada rencana pembelajaran yang dibuat oleh Pak Budi tersebut yaitu …
A. Profil belajar murid
B. Minat dan kesiapan belajar murid
C. Kesiapan belajar murid
D. Minat dan profil belajar murid
E. Profil belajar dan kesiapan belajar murid
Jawaban: D
Soal 2
Dibawah ini adalah contoh penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi.
- Di dalam kelas, guru menerapkan berbagai macam sumber bacaan.
- Di dalam kelas, guru melaksanakan berbagai macam strategi pengelompokan siswa.
- Di dalam kelas, guru memvariasikan media pembelajaran yang akan digunakan.
- Di dalam kelas, guru akan memberikan tugas dengan lebih banyak untuk murid-murid yang mempunyai kemampuan tinggi.
- Di dalam kelas, guru meminta siswa untuk bisa menunjukkan pemahaman dalam satu cara.
- Silahkan lakukan analisis contoh-contoh di atas. Penerapan strategi pembelajaran berdeferensiasi yang tepat yaitu .
A. 1, 2, dan 4
B. 2, 3, dan 4
C. 3, 4, dan 5
D. 1, 3, dan 5.
E. 1, 2, dan 3
Jawaban: E
Kesimpulan
Itulah pembahasan lengkap terkait jawaban dan pembahasan soal pernyataan manakah yang paling tepat untuk pembelajaran berdeferensiasi? Penting bagi para guru penggerak untuk memahami berbagai macam soal proses pembelajaran berdeferensiasi seperti di atas ini. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan terkait jawaban soal pernyataan manakah yang paling tepat untuk pembelajaran berdeferensiasi? di atas bisa bermanfaat.