Kotaku
Home Pendidikan Untuk Guru Yuk Ketahui Lama Kuliah PPG Prajabatan dan PPG Daljab 2023!

Yuk Ketahui Lama Kuliah PPG Prajabatan dan PPG Daljab 2023!

KotakuID – Lama kuliah PPG diketahui bergantung pada jenis masing-masing program yang diambil. Durasi atau lama pendidikan pada kuliah PPG Prajabatan ini tidak sama seperti PPG Dalam Jabatan.

PPG merupakan pendidikan profesi guru yang maa setelah program sarjana akan mengajarkan keahlian khusus sebagai pengajar. Penyelenggaraan PPG ini berguna untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi para guru yang ada di Indonesia.

Program PPG dapat diikuti oleh lulusan S1 Kependidikan atauoun non-kependidikan dan D-IV non-kependidikan yang mempunyai minat atau sedang menjalani profesi sebagai guru. Sampai pada tahun 2023 ini, pemerintah diketahui membuka program PPG dengan jalur beasiswa.

Pada saat ini, program pendidikan PPG terbagi menjadi 2 jenis, yaitu ada PPG Prajabatan (Prajab) dan PPG Dalam Jabatan (Daljab). Perbedaan diantara PPG Prajab dan PPG Daljab adalah salah satunya di status peserta kedua program tersebut.

Peserta PPG Prajabatan adalah lulusan S1 kependidikan dan non-kependidikan yang masih belum terdaftar sebagai Guru maupun Kepala sekolah di Dapodik. Ketentuan ini berlaku untuk PPG di bawah naungan Kemdikbudristek.

Sedangkan, untuk program di bawah Kemenag, peserta PPG Prajabatan merupakan lulusan S1/Ma’had Aly yang memilih karier sebagai pendidik, tapi masih belum menjadi guru tetap di lembaga pendidikan, dan terdaftar di PDDikti maupun sistem informasi milik Ditjen Pendidikan Islam.

Adapun, peserta PPG Dalam Jabatan adalah para guru yang telah mengajar dan mempunyai gelar sarjana S1/D4, terdaftar di Dapodik (Kemdikbud) ataupun di Simpatika (Kemenag), dan belum mempunyai sertifikat pendidik.

Pendidikan PPG Berapa Lama?

Lama kuliah PPG Prajabatan ini lebih panjang dibandingkan PPG Dalam Jabatan. Jumlah SKS yang berlaku di dalam perkuliahan 2 program itu juga berbeda.

Masa kuliah PPG Prajabatan akan berlangsung selama 2 semester atau 12 bulan. Lama durasi pendidikan PPG Prajabatan ini sama halnya dengan bobot kuliah sebanyak 36 SKS.

Ketentuan itu bisa berubah tergantung dengan kebijakan, kebutuhan, dan ketersediaan fasilitas dari lembaga yang telah membuka PPG.

Selanjutnya, lama perkuliahan PPG Daljab ini jauh lebih singkat. Mengutip informasi dari situs resmi Kemdikbudristek (ppg.kemdikbud.go.id), lama perkuliahan PPG Daljab hanya sekitar 3 bulan saja.

Lama kuliah PPG Daljab diketahui kurang lebih 3 bulan yang setara dengan 1 semester, dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sebanyak 24 SKS, serta beban pendidikan di kampus adalah 12 SKS. Oleh sebab itu, masa perkuliahannya menjadi lebih pendek.

Apasih Gelar Akademik Lulusan PPG Ini?

Peserta yang berhasil lulus PPG Prajabatan atau PPG Dalam Jabatan, akan mendapatkan gelar akademik Sarjana atau Sarjana Terapan.

Untuk Sarjana dituliskan dengan “S.”, kemudian dilengkapi dengan gelar pendidikan menjadi “S.Pd” dan Pendidik “Pd”. Sarjana Terapan akan dituliskan dengan “S.Tr.”, dilengkapi dengan tambahan gelar pendidik “Pd.” di bagian belakang.

Berikut ini adalah contoh penulisan gelar akademik yang diraih setelah mahasiswa/peserta lulus pendidikan PPG:

  • Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidik (S.Pd.B.Ing., Pd.)
  • Sarjana Pendidikan Matematika, Pendidik (S.Pd.Mat., Pd.)
  • Sarjana Pendidikan Seni Rupa, Pendidik (S.Pd.SR., Pd.)
  • Sarjana Terapan Teknik Informatika, Pendidik (S.Tr.TI., Pd.)
  • Sarjana Terapan Teknik Elektro, Pendidik (S.Tr.TE., Pd.)
  • Sarjana Terapan Akuntansi, Pendidik (S.Tr.Ak., Pd.).

Itulah di atas penjelasan tentang lama kuliah PPG Prajabat dan PPG Daljab 2023. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad