Kotaku
Beranda Cpns dan PPPK Kumpulan Contoh soal Pedagogik PPPK Guru 2023

Kumpulan Contoh soal Pedagogik PPPK Guru 2023

Pedagogik PPPK Guru

Kotaku.id Kumpulan Contoh soal Pedagogik PPPK Guru 2023. Sebelum menghadapi ujian atau tes sebagai calon PPPK Guru tahun 2023 yang akan segera digelar, penting bagi setiap peserta untuk secara aktif melibatkan diri dalam praktik soal-soal secara mandiri di lingkungan rumah mereka.

Kumpulan Contoh soal Pedagogik PPPK Guru 2023
Pedagogik PPPK Guru 2023

Dalam konteks ini, kompetensi Pedagogik PPPK Guru menjadi esensial, dan ini mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan pemahaman terhadap peserta didik, proses perancangan dan pelaksanaan pembelajaran oleh guru, metode evaluasi hasil belajar, serta upaya pengembangan dan aktualisasi potensi peserta didik.

Jika Anda merasa memerlukan contoh-contoh soal Pedagogik PPPK Guru tahun 2023 untuk melatih diri di rumah, berikut ini disediakan beberapa contoh yang berasal dari berbagai sumber yang terpercaya, yang bisa menjadi panduan dan referensi yang berguna bagi Anda.

Kumpulan Contoh soal Pedagogik PPPK Guru 2023

Kumpulan Contoh soal Pedagogik PPPK Guru 2023
Pedagogik PPPK Guru

Soal No 1

Jika Anda mengetahui bahwa ada seorang siswa yang menganut agama berbeda dan tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang dianggap sangat penting karena dia harus menjalankan kegiatan ritual keagamannya, maka langkah terbaik yang bisa Anda ambil adalah…

  1. Memaksanya tetap mengikuti pelajaran tambahan
  2. Memberikan saran kepada siswa tersebut untuk mengubah jadwal ritual keagamannya
  3. Memberikan keputusan kepada siswa
  4. Memberikan saran kepada siswa bahwa pelajaran tambahan itu penting dan memberikan keputusan kepada siswa apakah dia akan mengikuti atau tidak
  5. Memperbolehkan siswa tersebut untuk tidak mengikuti pelajaran tambahan dan memberi kesempatan bagi siswa tersebut untuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang lain

(Kunci Jawaban: E)

Soal No 2

Saat dalam perjalanan menuju sekolah, di perempatan, Anda melihat seorang siswa SMA yang mengendarai sepeda motor melintasi garis marka jalan saat guru lalu lintas menyala. Tindakan apa yang akan Anda ambil?

  1. Memberikan teguran tegas kepada siswa tersebut agar tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
  2. Berbicara di depan kelas tentang pengalaman Anda tersebut agar siswa Anda tidak melakukan pelanggaran lalu lintas yang serupa
  3. Memberikan teguran dengan sopan kepada siswa tersebut agar tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
  4. Berteriak keras kepada siswa tersebut agar tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya
  5. Mengambil gambar kejadian tersebut dan membagikannya kepada para siswa di sekolah untuk mencegah mereka melakukan tindakan serupa

(Kunci Jawaban: C)

Soal No 3

Guru menggunakan media dalam proses pengajaran karena…

  1. Itu merupakan persyaratan dalam kurikulum
  2. Ini merupakan saran dari komite sekolah
  3. Media membantu siswa memahami materi lebih mudah
  4. Menggunakan media dapat mengurangi beban tugas guru

(Kunci Jawaban: C)

Soal No 4

Alam konteks pengukuran hasil kegiatan berikut, yang paling sesuai untuk dinilai tanpa menggunakan tes adalah…

  1. Penilaian kemampuan siswa dalam memahami materi
  2. Penilaian tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di kelas
  3. Penilaian tingkat partisipasi siswa dalam menulis karangan
  4. Penilaian kemampuan siswa dalam menulis paparan atau cerita

(Kunci Jawaban: B)

Soal No 5

Penggunaan metode penilaian portofolio bertujuan untuk menggambarkan perkembangan yang berkaitan dengan…

  1. Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
  2. Pekerjaan atau tugas yang dikerjakan oleh siswa
  3. Tingkat kerajinan dan kreativitas siswa dalam melaksanakan tugas
  4. Hasil belajar siswa secara menyeluruh

(Kunci Jawaban: D)

Soal No 6

Di antara kegiatan belajar berikut, mana yang paling cocok untuk dievaluasi menggunakan tes kinerja…

  1. Pemecahan masalah (problem-solving)
  2. Kemampuan berhitung dalam konteks matematika
  3. Pelaksanaan eksperimen atau percobaan
  4. Proses pembuatan karya tulis

(Kunci Jawaban: C)

Soal No 7

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dijalankan dalam ruang kelas, seorang pendidik melakukan serangkaian langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama, dia melakukan analisis teliti terhadap hasil ujian siswa, dengan tujuan untuk mengidentifikasi siswa yang belum mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan.
  • Kedua, setelah memilah-milah siswa berdasarkan prestasi mereka, baik yang berada di atas maupun di bawah standar tersebut, guru tersebut memutuskan untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang berbeda untuk masing-masing kelompok siswa tersebut.
  • Ketiga, setelah pelaksanaan pembelajaran, guru tersebut melakukan evaluasi kritis terhadap metode-metode yang telah digunakan, dengan fokus pada identifikasi kekurangan dan kelemahan yang mungkin muncul selama proses pembelajaran.
  • Keempat, guru tersebut merencanakan dan menerapkan metode pembelajaran tambahan, khususnya bagi siswa-siswa yang memerlukan remediasi atau pendalaman materi.

Dalam konteks ini, berdasarkan praktik-praktik ini, berikut adalah pilihan kegiatan yang dapat efektif meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru di dalam ruang kelas…

a. Melakukan analisis hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum mencapai standar, memisahkan siswa berdasarkan prestasi mereka, dan melakukan refleksi terhadap metode yang digunakan.

b. Hanya melakukan analisis hasil ujian siswa sebelum menentukan jumlah siswa yang belum mencapai standar dan memisahkan siswa berdasarkan prestasi mereka.

c. Hanya memisahkan siswa berdasarkan prestasi mereka dan menerapkan metode pembelajaran tambahan bagi siswa yang memerlukan remediasi.

d. Melakukan semua langkah yang disebutkan di atas, yaitu melakukan analisis hasil ujian siswa, memisahkan siswa berdasarkan prestasi, melakukan refleksi, dan menerapkan metode pembelajaran tambahan bagi siswa yang memerlukan remediasi.

(Kunci Jawaban : A)

Soal No 8

Dalam konteks pendidikan yang berfokus pada memberikan keterampilan hidup (life skills) kepada anak-anak didik, berikut ini adalah pilihan kegiatan pembelajaran yang paling cocok…

  1. Meminta anak-anak didik untuk mempresentasikan hasil dari diskusi kelas.
  2. Mengarahkan anak-anak didik untuk membuat karya tulis.
  3. Mengajak anak-anak didik untuk membuat model sesuai dengan topik pembelajaran.
  4. Mendorong anak-anak didik untuk bekerja sama dalam kelompok.

(Kunci Jawaban : B)

Soal No 9

Penggunaan media dalam pembelajaran dianggap efektif jika…

  1. Media tersebut dapat membantu guru untuk mempercepat penyampaian materi pembelajaran.
  2. Media tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa melalui elemen-elemen permainan.
  3. Media tersebut dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.
  4. Media tersebut dapat mengajarkan materi pembelajaran melebihi target yang telah ditetapkan.

(Kunci Jawaban : C)

Soal No 10

Ketika memilih media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek. Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah sejauh mana media tersebut dapat dipahami dengan jelas oleh siswa, termasuk apakah tulisan guru dapat dengan mudah dibaca oleh siswa. Dalam hal ini, aspek yang menjadi perhatian adalah…

  1. Kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran.
  2. Tingkat kesulitan penggunaan media.
  3. Ketersediaan media.
  4. Kualitas teknis media.

(Kunci Jawaban : D)

Demikianlah contoh soal Pedagogik PPPK Guru yang dirinci dengan lebih mendalam, diharapkan dapat memberikan panduan bagi calon guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan keterampilan hidup siswa.

Semoga contoh-contoh soal ini bermanfaat dalam persiapan menghadapi ujian dan menjadikan pembelajaran di ruang kelas lebih efektif. Teruslah mengembangkan kompetensi pedagogik dan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi generasi penerus.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan