15 Kisi-kisi Soal UP PPG Daljab Beserta Kunci Jawabannya

Kotaku.id – Dibawah ini merupakan pembahasan 15 Kisi-kisi Soal UP PPG Daljab yang berupa soal uji pengetahuan ataupun pre test yang dapat dipelajari oleh mahasiswa PPG Daljab.
Ke 10 Kisi-kisi soal UP PPG Daljab dibawah ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga akan memudahkan Anda dalam proses belajar.
Yuk simak 15 Kisi-kisi soal UP PPG Daljab yang disajikan dalam ulasan dibawah ini dan semoga bisa membantu Anda.
Kisi-kisi soal UP PPG Daljab merupakan sekumpulan pertanyaan yang secara khusus dirancang untuk mengukur pemahaman dan kemampuan ataupun uji pengetahuan (UP) calon peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan pada tahun 2024 ini.
Soal-soal dibawah ini dirancang untuk menguji pemahaman konsep pedagogis, kebijakan pendidikan, serta aspek penting lainnya yang relevan dengan konteks pembelajaran di dalam tingkat dasar.
Kisi-kisi soal UP PPG Daljab ini mencakup berbagai topik, diantaranya mulai dari teori pembelajaran, metode pengajaran, sampai dengan pemahaman terhadap karakteristik peserta didik.
Tujuan dari soal dibawah ini yaitu untuk menilai kesiapan para calon peserta PPG dalam menghadapi tantangan beserta tugas yang akan mereka hadapi sebagai guru di tingkat pendidikan dasar.
Soal-soal tersebut dapat mencakup pengetahuan umum tentang kurikulum, evaluasi pembelajaran, strategi mengajar, hingga aspek sosial dan kepribadian yang relevan dengan profesi guru.
Seiring dengan tujuan PPG, soal dibawah ini juga bisa mencerminkan komitmen calon peserta untuk bisa mengembangkan diri dan terus-menerus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar. Dibawah ini adalah 15 Kisi-kisi soal UP PPG Daljab yang bisa Anda simak. Yuk perhatikan dan pelajari!
1. Pada konteks pengajaran dan pembelajaran, pendidik harus memperhatikan berbagai gaya belajar yang dimiliki oleh para siswa.
Gaya belajar yang mencirikan seseorang yang bersifat lebih suka belajar melalui pembacaan, penulisan, dan diskusi verbal yaitu…
A. Gaya Belajar Visual (visual learning)
B. Gaya Belajar Kinestetik (kinesthetic learning)
C. Gaya Belajar Auditori (auditory learning)
D. Gaya Belajar Reflektif (reflective learning)
Jawaban: C. Gaya Belajar Auditori (auditory learning)
2. Pentingnya integrasi teknologi dalam dunia pendidikan saat ini bisa memberikan manfaat signifikan bagi proses pembelajaran.
Manfaat yang tidak termasuk dalam penerapan teknologi dalam pembelajaran adalah…
A. Peningkatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran
B. Menurunkan fleksibilitas dalam menyajikan materi pembelajaran
C. Akses lebih luas terhadap sumber belajar dan informasi
D. Peningkatan interaksi sosial antar siswa
Jawaban: C. Menurunkan fleksibilitas dalam menyajikan materi pembelajaran
3. Pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai macam mata pelajaran dalam satu tema maupun proyek disebut dengan…
A. Pembelajaran Kooperatif (cooperative learning)B. Pembelajaran Terpadu (integrated learning)
C. Pembelajaran Konstruktivis (constructivist learning)
D. Pembelajaran Berbasis Proyek (project-based learning)
Jawaban: B. Pembelajaran Terpadu (integrated learning)
4. Salah satu strategi untuk bisa meningkatkan efektivitas pengajaran yakni penerapan pendekatan kontekstual. Pendekatan ini diketahui mengintegrasikan pembelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik. Manfaat utama dari pendekatan ini adalah untuk…
A. Meningkatkan motivasi belajar siswa
B. Meningkatkan ketergantungan siswa pada guru
C. Memudahkan penerapan pembelajaran berbasis proyek
D. Menurunkan partisipasi siswa dalam kelas
Jawaban: A. Meningkatkan motivasi belajar siswa
5. Pentingnya pengembangan keterampilan dalam abad ke-21 kurikulum modern yakni mencakup aspek-aspek berikut, kecuali…
A. Keterampilan berpikir kritis dan analitis
B. Keterampilan hafalan informasi
C. Keterampilan berkomunikasi efektif
D. Keterampilan berkolaborasi
Jawaban: B. Keterampilan hafalan informasi
6. Agar bisa meningkatkan efektivitas pengajaran, seorang guru harus mengadaptasi strategi pembelajaran sesuai gaya belajar siswa. Gaya belajar yang lebih suka belajar lewat gerakan fisik dan kegiatan praktis yaitu…
A. Gaya Belajar Visual (visual learning)
B. Gaya Belajar Auditori (auditory learning)
C. Gaya Belajar Reflektif (reflective learning)
D. Gaya Belajar Kinestetik (kinesthetic learning)
Jawaban: D. Gaya Belajar Kinestetik (kinesthetic learning)
7. Seorang peserta didik menunjukkan kecakapan dalam memahami pola-pola musik, dapat memainkan berbagai alat musik dengan baik, dan mempunyai kepekaan terhadap nuansa dalam suara. Menurut Howard Gardner, siswa tersebut mempunyai kecerdasan…
A. Kecerdasan Interpersonal (interpersonal)
B. Kecerdasan Musikal (musical)
C. Kecerdasan Intrapersonal (intrapersonal)
D. Kecerdasan Visual-Spatial (visual-spatial)
Jawaban: B. Kecerdasan Musikal (musical)
8. Upaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa bisa dilakukan dengan…
A. Memberikan penilaian yang ketat
B. Menyajikan materi pembelajaran monotone
C. Mengabaikan perbedaan gaya belajar siswa
D. Mengkaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa
Jawaban: D. Mengkaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa
9. Seorang peserta didik menunjukkan kecakapan dalam berpikir logis, menghadapi masalah matematika dengan mudah, dan mempunyai ketertarikan terhadap penyelesaian teka-teki. Lalu, kecerdasan apa yang dominan dimiliki oleh peserta didik tersebut menurut teori kecerdasan multiple Howard Gardner?
A. Kecerdasan Spasial (spatial)
B. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
C. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
D. Kecerdasan Interpersonal (interpersonal)
Jawaban: C. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
10. Seorang peserta didik menunjukkan ketertarikan dalam memecahkan suatu masalah sosial, berpartisipasi aktif dalam kegiatan kemanusiaan, dan mempunyai empati terhadap kondisi sosial masyarakat. Lalu, kecerdasan apa yang dominan dimiliki oleh peserta didik tersebut menurut teori kecerdasan multiple Howard Gardner?
A. Kecerdasan Intrapersonal (intrapersonal)
B. Kecerdasan Moral (moral)
C. Kecerdasan Linguistik (linguistic)
D. Kecerdasan Interpersonal (interpersonal)
Jawaban: D. Kecerdasan Interpersonal (interpersonal)
11. Seorang peserta didik senang menggambar, merancang desain visual menarik, dan memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide lewat gambar atau ilustrasi. Menurut Howard Gardner, siswa tersebut mempunyai kecerdasan…
A. Kecerdasan Linguistik (linguistic)
B. Kecerdasan Intrapersonal (intrapersonal)
C. Kecerdasan Visual-Spatial (visual-spatial)
D. Kecerdasan Kinestetik (kinesthetic)
Jawaban: C. Kecerdasan Visual-Spatial (visual-spatial)
12. Pentingnya penerapan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) terletak dalam…
A. Mempercepat proses penguasaan fakta-fakta ilmiah
B. Menekankan pada hafalan informasi secara mekanis
C. Memudahkan siswa untuk menghindari eksperimen dan pengamatan langsung
D. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif
Jawaban: D. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif
13. Di dalam konteks pendidikan inklusif, pendekatan yang menekankan pada penerimaan perbedaan dan pengajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap peserta didik disebut dengan…
A. Pembelajaran Inklusif (inclusive learning)
B. Pembelajaran Diferensiasi (differentiated learning)
C. Pembelajaran Kooperatif (cooperative learning)
D. Pembelajaran Instruksional (instructional learning)
Jawaban: A. Pembelajaran Inklusif (inclusive learning)
14. Pentingnya evaluasi formatif pada pembelajaran bisa membantu guru untuk…
A. Menyediakan umpan balik untuk perbaikan selama proses pembelajaran berlangsung
B. Memberikan penilaian akhir pada akhir semester
C. Memotivasi siswa dengan memberikan pujian
D. Mengukur pencapaian siswa setelah selesai pembelajaran
Jawaban: A. Menyediakan umpan balik untuk perbaikan selama proses pembelajaran berlangsung
15. Seorang peserta didik menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap berbagai jenis flora dan fauna. Peserta didik tersebut sering mengamati dan mencatat perilaku hewan, dan senang berada di alam terbuka. Kecerdasan apa yang dominan dimiliki oleh peserta didik tersebut menurut teori kecerdasan multiple Howard Gardner?
A. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
B. Kecerdasan Interpersonal (interpersonal)
C. Kecerdasan Intrapersonal (intrapersonal)
D. Kecerdasan Naturalis (naturalistic)
Jawaban: D. Kecerdasan Naturalis (naturalistic)
Itulah diatas pembahasan mengenai kisi-kisi soal UP PPG Daljab yang bisa dijadikan acuan belajar. Semoga kisi-kisi soal UP PPG Daljab diatas bisa bermanfaat dan membantu mahasiswa PPG.