Kotaku
Beranda Keuangan Cara Investasi Saham Sukses 2024, Pemula Wajib Tahu!

Cara Investasi Saham Sukses 2024, Pemula Wajib Tahu!

Cara Investasi Saham Sukses 2024 Pemula Wajib Tahu

Kotaku.id – Cara investasi saham sukses 2024 bagi pemula akan dibahas secara tuntas dalam pembahasan dibawah ini. Sebelum masuk ke dalam dunia investasi, perlu tahu apa saja tujuan investasi yang akan dikejar.

Adapun, tujuan dari investasi adalah untuk menyiapkan dana pensiun, membiayai pendidikan anak, mengumpulkan uang untuk membeli rumah, dan tujuan keuangan lainnya. Dibawah ini merupakan langkah yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan investasi bagi pemula.

1. Memilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat

Cara investasi saham sukses 2024 bagi pemula yang pertama yakni Anda perlu menentukan perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas ini memiliki peran aktif sebagai perantara dalam transaksi jual beli saham serta mendukung proses pembukaan rekening di dalam Bursa Efek Indonesia. Sebelum Anda memilihnya, penting untuk memastikan jika perusahaan tersebut sudah mempunyai legalitas yang sah.

2. Membuat Rekening Dana Nasabah (RDN)

Rekening dana nasabah (RDN) adalah sebuah akun yang dimiliki oleh setiap investor untuk bisa melaksanakan transaksi jual beli di dalam pasar modal. Proses pembukaan RDN ini membutuhkan beberapa tahapan yang perlu Anda diikuti.

 Pertama, investor harus menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan misalnya seperti KTP dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk Warga Negara Indonesia (WNI), dan paspor untuk Warga Negara Asing (WNA). Berikutnya, investor juga perlu menyediakan fotokopi bagian depan buku tabungan milik pribadinya, sediakan dua lembar materai, dan lainnya.

3. Pilih Saham yang Dibeli

Cara investasi saham bagi pemula yang selanjutnya adalah menentukan saham yang akan dibeli. Walaupun Anda telah mempunyai rekening, keputusan untuk bisa membeli saham tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan.

Sebagai informasi, investor bisa menggunakan aplikasi yang dimiliki oleh bank sekuritas, yang memiliki fungsi sebagai alat pemantauan. Akan tetapi, sebelum Anda melakukan pembelian, sangat penting untuk meneliti dan membaca laporan keuangan serta kinerja perusahaan yang sahamnya akan dibeli.

Pada saat ini, tersedia banyak aplikasi investasi saham seperti dintaranya Bibit, Bions, atau Ajaib yang akan memudahkan proses pembelian saham. Diharapkan Anda untuk memilih saham-saham yang termasuk di dalam indeks saham terbaik, diantaranya seperti Indeks IDX-30, IDXG-30, LQ-45, IDXV-30, dan saham blue chip potensial yang lainnya.

BEI secara berkala akan menghimpun dan memperbarui daftar saham unggulan berdasarkan pada kategori masing-masing, biasanya dalam setiap enam bulan. Saham unggulan ini akan didefinisikan sebagai saham dengan kapitalisasi pasar besar dan mempunyai fundamental baik dari segi kinerja dibandingkan dengan semua saham yang terdaftar di dalam BEI.

4. Lakukan Investasi Saham Saat Penurunan Nilai

Jika terjadi penurunan nilai, dengan modal awal yang terjangkau, Anda bisa merasa lebih aman untuk langsung terlibat pada pembelian saham. Tidak hanya itu, saham yang dibeli saat nilai turun mempunyai potensi untuk mengalami peningkatan nilai di masa yang akan datang. Jika Anda bisa memahami, Anda juga bisa mempunyai kesempatan untuk menentukan kapan nilai saham yang Anda miliki akan mengalami peningkatan.

5. Pantau Gerakan Pasar

Seorang investor wajib untuk terus memantau pergerakan pasar, hal ini dilakukan untuk membuat keputusan investasi secara lebih terinformasi. Salah satu cara untuk bisa melakukannya yakni dengan melalui pemakaian media sosial maupun sumber berita yang membahas mengenai perubahan harga saham. Monitoring pergerakan saham dengan aktif bisa membantu investor untuk merespon perubahan pasar secara lebih cepat dan efektif.

6. Pastikan Legalitas dan Kualitasnya

Sebelum Anda memilih sekuritas, Anda perlu memastikan bahwa perusahaan tersebut telah terdaftar di dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BEI. Tidak hanya itu, dianjurkan untuk mencari informasi tentang latar belakang, pemegang saham, serta manajemen perusahaan dari kedua otoritas tersebut.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang cara investasi saham sukses 2024 untuk pemula. Sebagai informasi tambahan, pemahaman secara menyeluruh terkait dengan saham dan berkonsultasi dengan ahli menjadi suatu kunci sukses dan keberhasilnya kegiatan investasi saham. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat ya!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan