Kotaku
Beranda Lainnya 3 Contoh Teks Pidato dengan Berbagai Tema dan Strukturnya

3 Contoh Teks Pidato dengan Berbagai Tema dan Strukturnya

pexels photo 8349235

Kotaku.id – Dalam artikel ini akan kami bahas mengenai contoh teks pidato dengan berbagai tema dan cocok digunakan dalam berbagai acara. Baik acara formal maupun acara informal. Pidato adalah suatu bentuk komunikasi lisan yang disampaikan oleh seseorang kepada pendengar atau audiens. Dengan tujuan untuk memberikan informasi, persuasi, menginspirasi, atau memotivasi.

Atau dengan kata lain pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan ide atau gagasan. Pidato dapat diucapkan dalam berbagai konteks termasuk acara formal seperti konferensi, upacara, dan peringatan. Dan juga konteks informal, seperti contohnya pidato penghargaan atau perpisahan. Sementara untuk topik pidato juga bisa mencakup berbagai tema.

Mulai dari tema politik, pendidikan, motivasi, atau hiburan. Untuk membuat contoh teks pidato tentunya harus informatif agar bisa memberi manfaat bagi semua pendengar. Dan seseorang yang hendak berpidato sudah seharusnya mempersiapkan materi yang hendak disampaikan dan juga memahami tentang maksud dan tujuannya.

Pengertian Teks Pidato

Contoh teks pidato
3 Contoh Teks Pidato dengan Berbagai Tema dan Strukturnya 18

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh teks pidato, sebaiknya Anda mengerti dan memahami tentang pengertian teks pidato terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi V, pengertian pidato merupakan pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Sedangkan menurut Rusmadi (1992), pengertian pidato adalah berbicara di hadapan orang banyak atau di depan umum. Dalam rangka menyampaikan suatu masalah untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Seseorang yang mau berpidato hendaknya harus mempunyai persiapan dan mengerti tentang materi yang akan disampaikan.

Teks pidato biasanya digunakan sebagai sarana komunikasi untuk menyampaikan suatu pesan atau ide secara lisan kepada khalayak. Anda dapat melakukan pidato di berbagai acara seperti seminar, konferensi, pidato politik, pidato pernikahan dan acara-acara lainnya.

Sedangkan penggunaan teks pidato bertujuan untuk mempengaruhi pendengar dengan cara menyampaikan pesan atau ide yang dapat merangsang emosi, memotivasi. Atau memberikan inspirasi kepada pendengarnya. Dan jenis pidato semacam ini biasanya dilakukan pada acara-acara yang bersifat motivasi atau penyemangat.

1. Tujuan Pidato

Untuk bisa membuat contoh pidato yang baik dan benar, tentunya Anda harus memahami arti dari pidato yang ingin Anda sampaikan terlebih dahulu. Dan berikut ini adalah tujuh tujuan pidato menurut Yanuarita (2012).

  • Menyampaikan informasi atau keterangan kepada pendengar
  • Usaha untuk mendorong, meyakinkan dan mengajak sesuatu yang disampaikan seseorang kepada pendengar
  • Pidato hadir untuk meyakinkan pendengar.
  • Menggambarkan suatu keadaan yang sedang diperbincangkan
  • Menghibur para pendengar
  • Memberikan nilai pedagogis
  • Memberikan penyegaran kepada para pendengar yang sifatnya lebih santai.

2. Ciri-Ciri Pidato

Contoh teks pidato
3 Contoh Teks Pidato dengan Berbagai Tema dan Strukturnya 19

Sebuah teks bisa dikatakan sebagai contoh teks pidato jika di dalamnya memuat beberapa ciri-ciri. Antara lain adalah berikut ini.

  • Memiliki tujuan yang jelas.
  • Isi materi jelas dan mudah dipahami.
  • Isi materi harus objektif.
  • Memuat wawasan baru yang dapat menarik perhatian.
  • Memuat kesimpulan di bagian akhir pidato.

Sementara itu, menurut Wiyanto (2001) menyatakan bahwa, terdapat tiga unsur dalam sebuah pidato yakni komunikator, pesan, dan komunikan.

Selain itu, dalam penyampaian pidato juga dapat dilakukan dengan menggunakan empat cara, yaitu metode naskah, impromtu, menghafal, dan ekstemporan.

  • Metode naskah, yaitu teksnya harus disusun terlebih dulu sesuai tema.
  • Metode impromptu, yaitu berpidato secara langsung tanpa persiapan.
  • Metode menghafal, yaitu pidato yang sudah disusun harus dihafal dan nantinya disampaikan ke khalayak tanpa teks.
  • Metode ekstemporan, yaitu metode yang memuat catatan atau poin penting dari tema pidato dan disampaikan secara berurutan sesuai poinnya.

2. Struktur Teks Pidato

Selain itu, faktor penting yang harus Anda perhatikan dalam membuat contoh teks pidato adalah struktur teks pidato. Untuk bisa menyampaikan pidato yang baik dan berkualitas, tentunya harus ada persiapan yang matang. Dan salah satu persiapan tersebut merupakan menyiapkan teks pidato.

Di dalam membuat contoh teks pidato, terdapat struktur yang membangun. Struktur tersebut terbagi menjadi tiga yakni pembuka, isi, dan penutup. Berikut ini penjelasannya.

  1. Pembuka
    Pembuka adalah bagian pertama dari teks pidato. Pembuka pidato sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar para pendengar tertarik. Di bagian pembuka juga perlu menyampaikan ucapan rasa syukur, ucapan hormat kepada orang-orang yang menjadi tamu, dan penyampaian mengenai tujuan pidato.
  2. Isi
    Isi dalam pidato adalah inti dari materi yang akan disampaikan kepada para pendengar. Isi pidato harus bersifat informatif, menghibur, dan mendidik. Sebab ketiga aspek itu perlu disampaikan dalam isi pidato agar para pendengar merasa perlu mendengar pidato yang disampaikan.
  3. Penutup
    Penutup dalam pidato merupakan sebuah kesimpulan dari apa yang disampaikan. Agar penutup pidato terdengar menarik, perlu adanya ajakan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.

Contoh Teks Pidato dengan Berbagai Tema

Contoh teks pidato
3 Contoh Teks Pidato dengan Berbagai Tema dan Strukturnya 20

Berikut ini adalah kumpulan contoh teks pidato dengan berbagai tema sebagai referensi Anda, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Contoh Teks Pidato Singkat tentang Pendidikan

Berikut ini adalah contoh teks pidato singkat tentang pendidikan dengan tema Pentingnya Menuntut Ilmu.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi para hadirin sekalian, salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT karena telah memberikan banyak sekali limpahan rahmat. Dan juga kesempatan bagi kita semua, sehingga hari ini kita dapat berkumpul di acara yang berbahagia ini.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato yang cukup singkat tentang pentingnya menuntut ilmu. Dengan adanya ilmu hidup kita akan lebih mudah dan juga berkah. Selain itu, ilmu juga dapat meninggikan derajat kita dan akan mendapatkan kebaikan di sisi Tuhan.

Lalu, di dalam konteks yang lebih besar, ilmu juga dapat mendorong sumber daya manusia dari sebuah bangsa menjadi lebih baik lagi. Dengan SDM yang mumpuni, maka suatu negara akan lebih maju dan masyarakat akan lebih sejahtera.

Dan pada hakikatnya, dari yang masih kecil hingga tua, menuntut ilmu adalah hal yang wajib dilakukan. Maka, marilah kita jangan lelah dan jangan pernah bosan untuk terus menuntut ilmu. Jangan karena kita sudah mulai tua, lantas menjadi malas untuk menuntut ilmu. Karena ilmu itu memiliki arti yang sangat luas.

Demikian pidato singkat tentang pentingnya menuntut ilmu. Meskipun singkat, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh Teks Pidato Singkat tentang Motivasi

Berikut ini adalah contoh teks pidato singkat tentang motivasi dengan tema Jangan Lupa Bersyukur.

Selamat pagi/siang/sore/malam (sesuai waktu pelaksanaan) teman-teman dan para sahabatku yang saya sayangi.

Hari ini, saya berdiri di sini ingin mengajak Anda dan kita semua untuk merenung sejenak tentang kekuatan bersyukur dalam kehidupan kita. Seringkali kita terjebak dalam kesibukan aktivitas dan tantangan sehari-hari. Sehingga terkadang kita lupa betapa berharganya setiap momen yang kita miliki.

Bersyukur adalah kunci kebahagiaan. Saat kita bersyukur, kita membuka pintu untuk melihat sisi positif dari segala hal. Bahkan dalam situasi yang sangat sulit sekalipun. Setiap hari, kita diberi kesempatan untuk menghargai kehidupan ini dengan bersyukur atas apa yang kita miliki.

Banyak dari kita yang mungkin masih memiliki impian dan target yang belum tercapai. Namun, jangan biarkan hal itu membuat kita lupa akan berkah-berkah kecil yang sudah kita dapatkan. Terkadang, dalam kehidupan sehari-hari kita melewati momen-momen indah yang seharusnya membuat kita bersyukur.

Jadi sahabat-sahabatku, mari kita tingkatkan kesadaran kita akan keberuntungan yang kita miliki. Selalu luangkan waktu sejenak untuk bersyukur setiap hari.

Dengan bersyukur, kita tidak hanya membuat diri kita lebih bahagia dan menghargai kehidupan. Tetapi juga akan menciptakan lingkungan yang positif di sekitar kita.

Terima kasih atas waktu dan perhatian kalian. Semoga setiap hari kita selalu ingat dengan rasa syukur yang mendalam. Semangat bersyukur, sahabat-sahabatku!

3. Contoh Teks Pidato Singkat tentang Teknologi

Berikut ini adalah contoh teks pidato singkat tentang teknologi dengan tema Manfaat Teknologi Internet.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur tak lupa saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya hingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat.

Terima kasih teman-teman dan para hadirin sekalian yang sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke ruangan ini. Maksud saya berdiri di sini adalah saya ingin menyampaikan sebuah pidato yang berjudul pentingnya teknologi internet di zaman sekarang ini.

Di zaman yang serba digital dan canggih seperti sekarang ini, mengunakan internet merupakan aktivitas yang paling banyak dilakukan. Kata internet tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Teknologi internet sudah mengalami banyak kemajuan sampai saat ini. Jika zaman dahulu internet jarang dipakai.

Namun, sekarang internet sudah banyak yang memakai, bahkan hampir setiap orang membutuhkan dan tahu cara untuk menggunakan internet. Kemajuan teknologi internet yang kita rasakan saat ini adalah karena adanya pengaruh globalisasi.

Dahulu internet hanya digunakan untuk bersosialisasi. Namun saat ini, internet sudah bisa dipakai untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Bahkan sebagian orang menggunakan internet untuk mencari penghasilan. Saat ini, internet sudah sering digunakan oleh masyarakat. Internet juga dibutuhkan oleh pelajar hingga orang dewasa. Dengan kata lain, internet juga sangat membantu pekerjaan kita. Bahkan, bukan hanya digunakan untuk membantu pekerjaan, tetapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang luas. Ternyata kegunaan internet sangat luas dan dapat membantu untuk meringankan pekerjaan kita.

Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang teknologi internet sudah sangat berkembang. Dahulu, teknologi internet hanya bisa menggunakan ponsel saja.

Namun, saat ini Anda sudah bisa menikmati internet dengan menggunakan laptop ataupun komputer. Sekarang ini, anak-anak sampai dewasa pun sudah lihai menggunakan internet. Namun, selain memberikan banyak manfaat dan bernilai positif. Internet juga bisa memberikan pengaruh negatif bagi mereka yang menyalahgunakannya. Maka dari itu, marilah kita manfaatkan internet dengan bijak.

Harapan saya, semoga teman-teman semua dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya. Terima kasih teman-teman karena sudah mendengarkan pidato saya kali ini. Jika ada kesalahan dan kekeliruan mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya.

Saya akhiri, Wa’alaikumussalaam Warhmatullahi Wabarakatuh.

Penutup

Demikian tadi 3 contoh teks pidato singkat dengan berbagai tema, mulai dari tema pendidikan, motivasi dan teknologi. Lengkap dengan ciri-ciri dan struktur membuat pidato yang baik. Dengan contoh teks pidato ini diharapkan para siswa akan lebih memahami tentang pembelajaran materi teks pidato di sekolah.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan